Gereja Katolik di Afganistan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kandahar, Afghanistan (23 Desember 2001) - Komandan pastor angkatan laut AS Joseph Scordo dari Pleasantville, NY, merayakan Misa Katolik untuk personel militer AS di pangkalan operasi depan di Kandahar, Afghanistan.

Gereja Katolik di Afganistan adalah bagian dari Gereja Katolik secara universal, di bawah naungan spiritual dengan Paus di Roma. Ada sangat sedikit umat Katolik di negara yang sangat Muslim ini—hanya lebih dari 200 yang menghadiri Misa di satu-satunya kapel—dan kebebasan beragama sulit diperoleh akhir-akhir ini, terutama di bawah rezim Taliban de facto yang baru.

Umat Kristiani terdahulu di Afghanistan ialah anggota Gereja Timur atau Gereja Apostolik Armenia yang bersejarah, dan tidak ada kehadiran Katolik yang berkelanjutan di Afghanistan hingga abad ke-20. Pada tahun 1921, kedutaan besar Italia di Kabul diizinkan untuk membangun kapel Katolik resmi pertama dan satu-satunya untuk melayani orang asing yang bekerja di ibu kota, tetapi tidak terbuka untuk warga negara setempat.[1] Kapel tersebut bernama Kapel Maria Bunda Kehadiran Ilahi. Pada tanggal 16 Mei 2002, Paus Yohanes Paulus II mendirikan sebuah misi sui iuris untuk Afghanistan dengan Giuseppe Moretti sebagai superior pertamanya, saat ini Giovanni M. Scalese. Pada tahun 2004, Missionaries of Charity tiba di Kabul untuk melaksanakan pekerjaan kemanusiaan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ USSD Bureau of Democracy, Human Rights, and Labor (2009). "International Religious Freedom Report 2009". Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 November 2009. Diakses tanggal 6 March 2010.