Gereja Katolik di Filipina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Katolik di Filipina
Filipina: Simbahang Katoliko sa Pilipinas
Katedral Manila, sebuah basilika minor bersejarah yang terkenal dengan tiga kunjungan kepausan
PenggolonganKatolik
OrientasiLatin
Kitab suciAlkitab
TeologiTeologi Katolik
Bentuk
pemerintahan
Episkopal
Badan
pemerintahan
Konferensi Waligereja Filipina
PausFransiskus
PresidenPablo Virgilio S. David
Nunsius ApostolikCharles John Brown
WilayahFilipina
BahasaLatin, Filipino, Bahasa setempat Filipina, Inggris, Spanyol
Kantor pusatIntramuros, Manila
Didirikan17 Maret 1521
Hindia Timur Spanyol, Imperium Spanyol
Terpecah dariGereja Katolik di Spanyol
Umat85,65 juta umat (2020)
Nama lain
  • Roman Catholic Church in the Philippines
  • Iglesya Katolika or Iglesia Katolika
  • Simbahang Katolika
  • Simbahang Katolika Romana
Situs web resmicbcpwebsite.com, cbcpnews.net

Gereja Katolik di Filipina atau Gereja Katolik Filipina (Filipina: Simbang Katolika sa Pilipinas) adalah bagian dari Gereja Katolik di seluruh dunia, di bawah arahan spiritual dari Paus dan Konferensi Waligereja Filipina (CBCP). Filipina adalah salah satu dari dua negara di Asia yang memiliki sebagian besar penduduk yang menganut agama Katolik, bersama dengan Timor Leste, dan memiliki populasi Katolik terbesar ketiga di dunia setelah Brasil dan Meksiko.[1] Konferensi uskup yang bertanggung jawab dalam mengatur iman adalah Konferensi Waligereja Filipina.

Gereja Katolik pertama kali dibawa ke kepulauan Filipina oleh misionaris dan pemukim Spanyol, yang tiba secara bergelombang mulai awal abad ke-16 di Cebu. Dibandingkan dengan masa kolonial Spanyol, ketika agama Kristen diakui sebagai agama negara, iman saat ini dipraktikkan dalam konteks negara sekuler . Pada tahun 2020, diperkirakan 85,7 juta orang Filipina, atau sekitar 79% dari populasi, menganut agama Katolik, menjadikan Filipina negara mayoritas Katolik terbesar di Asia Tenggara dan bahkan benua Asia.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Filipina masih menjadi negara Kristen teratas di Asia, ke-5 di dunia". Inquirer Global Nation. 21 Desember 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-01. Diakses tanggal 2023-05-29. 
  2. ^ Yraola, Abigail Marie P. (22 Februari 2023). "Katolik merupakan hampir 79% dari populasi Filipina". BusinessWorld. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-01. Diakses tanggal 8 April 2023.