Gereja Katolik di Estonia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Santo Petrus dan Santo Paulus, Tallinn

Gereja Katolik di Estonia (bahasa Estonia: Katoliku kirik Eestis) adalah bagian dari Gereja Katolik sedunia, di bawah kepemimpinan spiritual Paus di Roma.[1]

Sejarah Katolik di Estonia[sunting | sunting sumber]

Pada awal abad ke-13, Estonia ditaklukkan oleh Ordo Teutonik Jerman selama Perang Salib Livonia dan dengan demikian menjadi salah satu wilayah terakhir di Eropa yang dikristenkan. Namun, beberapa bukti arkeologi menunjukkan bahwa kekristenan sudah dikenal berabad-abad sebelum penaklukan. Berdasarkan peninggalan arkeologi, seperti salib dan sudut buku logam, beberapa wilayah Estonia adalah Kristen sebelum abad ke-13.

Seluruh Estonia ditundukkan pada tahun 1227 dan, hingga pertengahan abad ke-16, Estonia terbagi di antara tuan tanah feodal dan, dengan demikian, menjadi wilayah Katolik, meskipun belum dipersatukan.

Selama Perang Livonia, Estonia abad pertengahan ditaklukkan oleh Swedia, awalnya menduduki Estonia utara dan, kemudian, bagian selatan. Pemerintahan Swedia, dari tahun 1561–1710, melarang Katolik untuk kepentingan Gereja Lutheran.

Dalam Perang Utara Besar Swedia kehilangan Estonia ke Rusia, yang memerintah tanah itu dari tahun 1710 hingga 1918. Kekaisaran Rusia memberikan hak istimewa yang luas kepada bangsawan Baltik-Jerman di Estonia, termasuk kebebasan untuk menjalankan keyakinan Lutheran mereka. Selama abad ke-18, bangsawan Katolik Polandia dan kemudian Lituania mulai menggunakan hak ini sendiri. Misa Katolik pertama, setelah lebih dari seratus tahun, diadakan pada tanggal 18 Januari 1786. Umat Katolik di Estonia saat itu kurang dari 300 orang. Katolik memulai kebangkitannya. Pada tanggal 26 Desember 1845, Gereja Katolik Tallinn yang baru ditahbiskan, diikuti oleh Gereja Katolik Tartu yang baru pada tahun 1899.

Pada tahun 1918, ketika Estonia memperoleh kemerdekaan, warga negara Estonia memiliki kebebasan beragama sepenuhnya. Takhta Suci mengakui Estonia pada tanggal 10 Oktober 1921. Pada tahun 1931 Eduard Profittlich, S.J. menjadi administrator apostolik untuk Gereja Katolik di Estonia . Pada tahun 1936 ia ditahbiskan sebagai uskup Katolik Estonia pertama sejak reformasi Lutheran pada abad ke-16. Sebelum Perang Dunia II pecah, ada hampir 5.000 umat Katolik di Estonia (Tallinn: 2.333, Tartu: 1.073, Narva: kira-kira 600, Valga: kira-kira 800).

Pada tahun 1940 Estonia diserang oleh Soviet dan agama yang terorganisir dilarang. Mayoritas dari 5.000 umat Katolik melarikan diri dari negara atau dipenjarakan di kamp penjara Soviet. Mereka menangkap Uskup Profittlich yang kemudian meninggal di penjara Soviet di Siberia pada tahun 1942 setelah dijatuhi hukuman mati sebagai mata-mata Vatikan. Penyebab kanonisasinya sebagai martir telah dibuka. Selama pendudukan Soviet, semua gereja Katolik di Estonia ditutup dan populasi Katolik Estonia menurun di bawah 100 penganut dan 1 imam bawah tanah yang semuanya dianiaya berat oleh KGB.

Gereja Katolik Tartu

Setelah runtuhnya Uni Soviet, Estonia mendapatkan kembali kemerdekaannya dan diakui kembali oleh Takhta Suci pada tanggal 28 Agustus 1991. Estonia menerima kunjungan kepausan pertamanya ketika Paus Yohanes Paulus II mengunjungi negara itu pada bulan September 1993.

Kondisi Katolik saat ini di Estonia[sunting | sunting sumber]

Populasi Katolik di Estonia terbilang kecil, tetapi telah mengalami peningkatan pesat sejak akhir pemerintahan Soviet. Saat ini Estonia memiliki sekitar 6.000 penganut Katolik. Sebagian besar berlatar belakang Estonia tetapi juga banyak orang Lithuania dan Polandia. Sebagian besar tinggal di kota-kota besar seperti Tallinn, Tartu, dan Narva. Estonia tidak memiliki keuskupan. Sebaliknya, seluruh negara membentuk Administrasi Apostolik Estonia. Sejak tahun 2005, Administrator Apostolik Estonia yang tinggal di Tallinn adalah Uskup Philippe Jean-Charles Jourdan. Dua paroki di Estonia (Tallinn dan Tartu) adalah Gereja Katolik Yunani dan melayani sebagian besar jemaat Ukraina.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Salo, Vello (2002). "Gereja Katolik di Estonia, 1918-2001". Tinjauan Sejarah Katolik. 88 (2): 281–292. ISSN 0008-8080. JSTOR 25026147. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-11-05. Diakses tanggal 2023-06-08. 
  2. ^ "Gereja Katolik Yunani Ukraina di Estonia - UKRAINA KREEKA-KATOLIKU KIRIK EESTIS".