Gereja Katolik di Bulgaria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gereja Katolik di Bulgaria merupakan bagian dari Gereja Katolik sedunia, di bawah kepemimpinan spiritual Paus di Roma. Gereja Katolik adalah kongregasi agama terbesar keempat di Bulgaria, setelah Kristen Ortodoks Timur, Islam dan Kristen Protestan. Akarnya di negara ini berasal dari Abad Pertengahan.

Persebaran dan jumlah[sunting | sunting sumber]

Dalam sensus Bulgaria tahun 2011, total 48.945 orang menyatakan diri sebagai Katolik,[1] naik dari 43.811 pada sensus sebelumnya Namun pada tahun 2001 turun dibandingkan dengan 53.074 pada tahun 1992. Sebagian besar umat Katolik di Bulgaria pada tahun 2001 adalah etnis Bulgaria dan sisanya berasal dari sejumlah kelompok etnis lain seperti Kroasia, Italia, Arab dan Jerman.

Umat ​​Katolik Bulgaria sebagian besar tinggal di wilayah Svishtov dan Plovdiv dan sebagian besar merupakan keturunan dari aliran Kristen sesat dari Paulician, yang beralih ke Katolik pada abad ke-16 dan ke-17. Kota Bulgaria Katolik terbesar adalah Rakovski di Provinsi Plovdiv. Etnis Katolik Bulgaria yang dikenal sebagai Banat Bulgarians juga mendiami Eropa Tengahsebuah wilayah di Banat. Jumlah mereka secara tidak resmi diperkirakan sekitar 12.000, meskipun sensus Rumania hanya menghitung 6.500 orang Banat Bulgaria di bagian wilayah Rumania.

Umat ​​Katolik Bulgaria adalah keturunan dari tiga kelompok. Yang pertama dikonversi Paulicians dari aliran sungai Osam (antara Stara Planina dan Danube) dan sekitar Plovdiv adalah kelompok kedua (dan terbesar), sementara kelompok ketiga (dan paling terbatas) dibentuk oleh Ortodoks Timur yang lebih baru.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ /R10.aspx "Penerbitan dan Penerbitan Terbit" Periksa nilai |url= (bantuan). Penerbit Terbit.  Parameter |archive-url= mengalami cacat: flag (bantuan)