Gereja Katolik di Kepulauan Faroe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gereja Katolik di Kepulauan Faroe (bahasa Faroe: Katoliskir Kirkjur í Føroyar) adalah bagian dari Gereja Katolik sedunia, di bawah kepemimpinan spiritual Paus di Roma. Gereja Katolik di Kepulauan Faroe kembali ke tahun 999, ketika raja Olav Tryggvason dari Norwegia mengirim Sigmundur Brestisson dalam sebuah misi ke pulau-pulau dengan beberapa pastor. Kepulauan tersebut menjadi keuskupan independen pada tahun 1111, tetapi secara resmi direformasi pada tahun 1537 dan uskup Katolik terakhir dieksekusi pada tahun 1538. Setelah tahun 1538, Gereja Katolik baru dihidupkan kembali pada tahun 1931 sebagai bagian dari keuskupan Kopenhagen. Gereja negara sekarang menjadi Protestan Gereja Rakyat Faroe.

Saat ini ada sekitar 270 umat Katolik dari lebih dari 23 negara yang tinggal di Kepulauan Faroe.[1] Pusat ibadah mereka adalah Mariukirkjan (Gereja St Mary) di Tórshavn, satu-satunya gereja Katolik di Faroes. Meskipun kehadiran Katolik kecil, Gereja Katolik telah memberikan pengaruh yang besar di Kepulauan Faroe melalui sekolah St. Fransiskus, yang dijalankan oleh para Suster Fransiskan sejak didirikan pada tahun 1933.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Halaman Utama - ENGLISH - 75 tahun di Faroes". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-12-03. Diakses tanggal 2014-11-04.