Gereja Katolik di Pulau Man

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Katolik Santa Maria, Pulau Man

Gereja Katolik di Pulau Man adalah bagian dari Gereja Katolik di seluruh dunia, di bawah kepemimpinan spiritual Paus di Roma.

Meskipun bukan bagian dari Britania Raya, karena alasan geopolitik Pulau Man adalah bagian dari Keuskupan Agung Liverpool. Ada gereja Katolik di semua kota utama, yang terbesar adalah St. Mary of the Isle di Douglas. Sebagian besar umat Katolik di Isle of Man adalah orang Irlandia atau keturunan Irlandia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Setelah Reformasi Inggris kesetiaan gereja Manx ke Roma dilanggar dan praktik Katolik dilarang. Namun, perdagangan yang berjalan membawa hubungan perdagangan dengan Irlandia, Prancis, dan negara-negara Katolik lainnya sehingga menjadi inti bagi komunitas Katolik kecil.

Pada periode yang paling anti-Katolik, KUHP Inggris menetapkan hukuman penjara selamanya karena mengucapkan Misa, menyatakan umat Katolik tidak mampu membeli atau mewarisi tanah dan menjadikan kepemilikan seekor kuda bernilai lebih dari £5 sebagai tindak pidana. Pulau itu tidak mengikuti praktik-praktik ini - sampai agak terlambat dalam pemerintahan Elizabeth, Earls of Derby beragama Katolik dan tidak berbuat banyak untuk menyebarkan reformasi ke Pulau yang perkembangannya relatif lambat. Meskipun pulau itu menunjukkan toleransi beragama yang cukup besar (namun sekitar tahun 1660-an sekelompok kecil Maughold Quaker dianiaya) dan tidak memiliki hukum pidana tentang umat Katolik yang begitu merusak buku Statuta Inggris, mereka tentu saja diharuskan untuk mematuhi hukum kehadiran gerejawi. di gereja, tempat pernikahan dan penguburan, dll. (beberapa pendeta Katolik dipenjara sebentar pada abad ke-18 karena merayakan pernikahan secara ilegal), yang lain dihadirkan pada tahun 1759 karena menghadiri non-Katolik.

Dari 1779 seorang biarawan Benediktin, Pastor Johnston, yang melayani misi di St. Begh's Whitehaven, mulai melakukan panggilan pastoral secara teratur - dia mencatat sekitar 29 umat Katolik yang tinggal di pulau itu. Pada 1789 seorang pendeta emigran, Pastor Louis, mencari suaka di pulau itu; untuk beberapa waktu dia bertindak sebagai tutor bagi anak-anak gubernur dan uskup selama tinggal di Kastil Rushen. Dia akan mempersembahkan Misa di gudang di Scarlett atau di pondok beberapa keluarga Katolik. Dia tampaknya telah meninggalkan pulau itu sebelum 1794. Sekitar awal abad ke-19 masuknya orang Irlandia, yang melarikan diri dari pemberontakan Irlandia tahun 1798, membuat jumlah umat Katolik menjadi sekitar 200. Salah satu dari keluarga ini, Fagan, membawa pendeta mereka, Pastor Collins, yang sampai kematiannya pada tahun 1811 tampaknya telah melayani komunitas nelayan Irlandia di Castletown. Dia dimakamkan di dekat St. Michael yang tampaknya sering digunakan sebagai kapel.

Pastor pertama yang tinggal di Douglas adalah Pastor Miles McPharlan - seperti yang dikatakan Pastor Demsey, ceritanya bukannya tanpa minat dan juga terkait dengan kebangkitan Dublin. Letnan Mayor Taubman (dari keluarga Nunnery) dan kontingen dari Manx Fencibles dikirim ke Dublin di mana Mayor Taubman ditempatkan di kamar Pastor McPharlan (meskipun Peter Kelly dalam bukunya History of St Mary's memperlakukan ini sebagai mitos). Ketika Pastor McPharlan melarikan diri ke pulau itu sekitar tahun 1804, untuk menghindari hutang yang timbul dalam mendirikan pabrik batu bata untuk parokinya di Irlandia, dia menghubungi Mayor Taubman yang memberikan sebuah situs, di dalam tambang bekas di jalan Douglas-Castletown, untuk sebuah kapel. Akhirnya pada tahun 1814 kapel kecil St. Bridget dibangun meskipun Pastor McPharlan berangkat ke Prancis untuk melarikan diri dari para krediturnya.

Perguruan Tinggi Yesuit Irlandia, yang telah menyediakan beberapa imam sebelumnya untuk sementara waktu, setuju untuk menyediakan seorang imam tetap pada tahun 1823 - ini adalah Pastor Gahan, yang juga membuka St. Mary's di Castletown. Bersama dengan Pastor Gahan datanglah John Kelly yang mengajar di sebuah sekolah, St. Mary's, yang didirikan di Douglas pada tahun 1824 yang menarik baik umat Protestan maupun Katolik menjadi terkenal selama bertahun-tahun karena luasnya kurikulumnya. Teman-teman Irlandia yang dermawan dari Pastor Gahan mengizinkan pembelian teater tua di sudut Athol Street dan Prospect Hill yang diadaptasi untuk digunakan sebagai Kapel dan sekolah pada tahun 1836. Catatan kaki tambahan ditambahkan ke edisi kedua, 1841, dari Panduan Quiggin yang mencatat langkah ini menyatakan bahwa kami tidak mengetahui satu pun konversi penduduk asli ke Popery, yang terjadi di pulau itu. Namun Fr Gahan meninggal pada tahun 1837 sebelum Gereja sepenuhnya siap, tugu peringatannya dapat dilihat di pekarangan St. ) bagaimanapun menyatakan bahwa tugu peringatan Pater Gahan di Krk Braddan telah berulang kali dinodai, terutama dengan pesan-pesan yang dikapur tetapi juga dengan menggores batunya.

Pada 29 Juli 1837 Manx Liberal melaporkan hal itu

Pada hari Rabu lalu, tiba dari Liverpool, Yang Mulia R. Rev. Doctor Brigs, R. C. Bishop dari distrik utara Inggris, didampingi oleh Very Rev. Doctor Ewins, dari Liverpool; dan pada hari berikutnya melaksanakan sakramen penguatan di Gereja St Francis Xavier, di Jalan Athol, Pdt. Tuan Aylmer dan M'Grath hadir, di mana lebih dari 110 anak-anak dan orang dewasa dikukuhkan. Kelaparan Irlandia tahun 1840-an semakin meningkatkan populasi Katolik yang menjelang akhir abad membengkak di bulan-bulan musim panas oleh setiap turis yang meningkat terutama dari Inggris Utara.

Pasca reformasi, paroki menjadi terkait dengan Irlandia, namun sejak tahun 1850-an, dengan pemulihan Hirarki Inggris, paroki Pulau dilampirkan ke Keuskupan Agung Liverpool. Hari ini, Gereja Katolik di Pulau Man Diarsipkan 2023-03-26 di Wayback Machine. secara resmi ditetapkan sebagai Area Pastoral Dua Puluh Empat Di Bawah Perlindungan Saint Maughold.

Referensi[sunting | sunting sumber]