Konferensi Waligereja Irlandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konferensi Waligereja Irlandia
Comhdháil Easpag Caitliceach Éireann
Presiden
Eamon Martin
Situs webCatholicBishops.ie

Konferensi Waligereja Irlandia (bahasa Irlandia: Comhdháil Easpag Caitliceach Éireann) adalah konferensi waligereja dari Uskup Gereja Katolik di Republik Irlandia. Konferensi mengadakan pertemuan beberapa kali dalam setahun di Maynooth yang merupakan lokasi St Patrick's College, seminari nasional Irlandia. Sementara setiap uskup otonom di keuskupan-nya sendiri, pertemuan-pertemuan konferensi memberikan kesempatan kepada para uskup untuk membahas masalah-masalah yang menjadi perhatian bersama, atau masalah-masalah kebijakan nasional.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Dalam Gereja Katolik, konferensi uskup adalah majelis resmi semua uskup di wilayah tertentu. Konferensi para uskup telah lama ada sebagai entitas informal, tetapi pertama kali didirikan sebagai badan formal oleh Konsili Vatikan Kedua (Christus Dominus, 38), dan dilaksanakan oleh Paus Paulus VI tahun 1966 motu proprio Ecclesiae sanctae. Operasi, wewenang, dan tanggung jawab konferensi uskup saat ini diatur oleh Kode Hukum Kanonik 1983 (lihat terutama kanon 447–459). Sifat dari konferensi uskup, dan otoritas magisterial mereka secara khusus, kemudian diklarifikasi oleh motu proprio Paus Yohanes Paulus II tahun 1998 Apostolos suos.

Tugas dan wewenang tertentu diberikan kepada konferensi para uskup, khususnya berkenaan dengan penetapan norma-norma liturgi Misa. Konferensi para uskup menerima wewenang mereka di bawah hukum universal atau mandat khusus. Dalam keadaan tertentu, sebagaimana didefinisikan oleh hukum kanon, keputusan-keputusan konferensi uskup tunduk pada pengesahan dari Tahta Suci. Masing-masing uskup tidak menyerahkan wewenang mereka kepada konferensi, dan tetap bertanggung jawab atas tata kelola keuskupan masing-masing.

Konferensi memiliki penerbit dan pengecer Veritas Communications.

Komposisi[sunting | sunting sumber]

Konferensi Waligereja Irlandia terdiri dari 26 uskup diosesan Irlandia (ordinaris) dan sejumlah uskup pembantu. Keanggotaan konferensi mencakup yurisdiksi pemerintah di pulau Irlandia, Republik Irlandia dan Irlandia Utara.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Di bawah Konferensi Waligereja terdapat pertemuan-pertemuan regional atau provinsi para uskup.

Konferensi uskup umumnya ditentukan oleh batas geografis, dengan semua uskup di suatu negara menjadi anggota konferensi yang sama – yang mungkin juga mencakup negara-negara tetangga.

Uskup Agung Armagh, sebagai Primate of All Ireland, memimpin Konferensi.

Sebagian besar pekerjaan Konferensi dilakukan dalam komite-komite yang mencakup isu-isu seperti kaum awam, liturgi, keluarga, keadilan sosial. Setiap komite diketuai oleh seorang uskup, meskipun tidak selalu biasa.

Kepresidenan[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan konvensi, Uskup Agung Armagh sebagai pendeta paling senior di Irlandia, memimpin dan menjadi juru bicara utama. Tradisi ini telah berlaku bahkan ketika Uskup Agung Dublin adalah seorang kardinal dan Uskup Agung Armagh bukan anggota Kolese Kardinal.

Daftar presiden[sunting | sunting sumber]

Nama Mulai jabatan Akhir jabatan
John D'Alton1958 (1958)1963 (1963)
William Conway
William Conway1963 (1963)1977 (1977)
Tomás Ó Fiaich1977 (1977)1990 (1990)
Cahal Daly1990 (1990)1996 (1996)
Seán Brady
Seán Brady1996 (1996)2014 (2014)
Eamon Martin
Eamon Martin2014 (2014)Petahana

Aktivitas politik[sunting | sunting sumber]

Aborsi[sunting | sunting sumber]

Sesuai dengan Pandangan Katolik tentang aborsi, Konferensi berkampanye melawan legalisasi aborsi. Ia menyerukan pemungutan suara "Ya" pada tahun 2002 referendum aborsi yang akan membalikkan keputusan tahun 1992 Kasus X. Itu disebut proposal "kesempatan untuk tidak hilang"[1] Konferensi mengutuk Undang-Undang Perlindungan Kehidupan Selama Kehamilan 2013.[2]

Rapat Umum Luar Biasa[sunting | sunting sumber]

  • April 2002 – Laporan Ferns dan pengunduran diri Uskup Brendan Comiskey
  • Oktober 2005 – publikasi laporan Dewan Nasional untuk Perlindungan Anak tentang perlindungan anak di Keuskupan Cloyne
  • Januari 2009 – publikasi laporan Badan Nasional Pengamanan Anak tentang perlindungan anak di Keuskupan Cloyne.
  • Jumat 22 Januari 2010 – antisipasi surat pastoral yang akan datang dari Paus Benediktus XVI kepada umat Irlandia setelah Ryan dan Laporan Murphy.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Be-lost-plain-text/ "Peluang yang Tidak Akan Hilang – teks biasa" Periksa nilai |url= (bantuan). Konferensi Waligereja Irlandia. Diakses tanggal 2017-01-27. 
  2. ^ 8-10-Juli-2013.pdf "Pilih Kehidupan" Periksa nilai |url= (bantuan) (PDF). No. 8. Konferensi Waligereja Irlandia. 10 Juli 2013.