Konferensi Waligereja Slovenia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Konferensi Waligereja Slovenia (SBC; bahasa Slovenia: Slovenska škofovska konferenca, SŠK) adalah otoritas tertinggi Gereja Katolik di Slovenia, yang menggabungkan semua uskup keuskupan Slovenia dan keuskupan agung: Keuskupan Agung Ljubljana, Keuskupan Agung Maribor, Keuskupan Koper, Keuskupan Novo Mesto, Keuskupan Novo Mesto Celje]], dan Keuskupan Murska Sobota. Wilayah SBC bertepatan dengan perbatasan Republik Slovenia.

Sebuah Konferensi Para Uskup suatu bangsa atau wilayah dalam kesatuan timbal balik, hubungan hierarkis dengan Paus Romawi, dan sesuai dengan Kitab Hukum Kanonik 1983 (Kanon (hukum kanon) )|kann.]] 447–459), undang-undang dan norma hukum lainnya menjalankan tugas pastoral di wilayah ini oleh orang-orang beriman. Konferensi Waligereja biasanya tergantung pada keberhasilan pelaksanaan pelayanan dan tugas-tugas pastoral di wilayah semua keuskupan di negara yang sama, tetapi juga untuk wilayah yang lebih luas atau lebih sempit. jangkauan dari wilayah nasional.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Konferensi Waligereja Slovenia telah dibentuk pada tanggal 20 Februari 1993. Ini mengikuti Konferensi Waligereja Slovenia bersama dengan para uskup lain dari bekas Yugoslavia terkait dengan Konferensi Waligereja Yugoslavia, yang pada tanggal 20 Juni 1983 didirikan provinsi. Konferensi Waligereja Slovenia.

Anggota ECS 2016 dengan Nuncio Apostolik Juliusz Janusz (duduk di tengah)

Para uskup Slovenia pada pertemuannya pada tanggal 25 Juli 1992, menyiapkan draf statuta Konferensi Waligereja Slovenia yang independen. Paus Yohanes Paulus II (1978-2005), setelah mendapatkan pendapat yang baik dari Kongregasi Para Uskup dan Kantor Hubungan dengan Negara-Negara di Pendaftaran Nasional Tahta Suci, pada bulan Februari 19, 1993, sesuai dengan norma hukum kanon dan ketentuan statuta yang disetujui oleh Konferensi Waligereja Slovenia yang independen pada tanggal 20 Februari 1993, Kongregasi Para Uskup Vatikan mengeluarkan dekrit tentang pendiriannya. Gereja Katolik di Slovenia dengan demikian memperoleh kekuatan hukum dan kemandirian yang lebih besar.

Statuta SBC yang mengatur sifat dan tujuan Konferensi Waligereja, Sesi Paripurna, menetapkan dewan uskup yang permanen, tugas kesekretariatan dan layanan serta komisi lainnya atas kebijaksanaan konferensi memberikan operasi yang lebih efisien.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Anggota Konferensi Waligereja, semua uskup setempat di wilayah administrasi geografis atau gerejawi. Selain mereka serta asisten uskup, uskup pembantu dan uskup dengan gelar di hadapan mereka, Tahta Suci atau Konferensi Waligereja telah mempercayakan tugas yang ditentukan di wilayah ini. Yang lainnya berbicara kepada para uskup dan Nuncio Apostolik bukan kepada para anggotanya. Konferensi Waligereja Slovenia terdiri dari 11 anggota:[1]

Biasa[sunting | sunting sumber]

Uskup pembantu[sunting | sunting sumber]

Pensiunan uskup[sunting | sunting sumber]

Sesi pleno Konferensi Para Uskup memiliki klausul undang-undang SBC yang menentukan suara semua anggota konferensi. Pensiunan uskup dapat diundang untuk menghadiri sesi pleno konferensi, tetapi bukan suara yang menentukan.

Setiap konferensi harus memilih ketua dan wakilnya (Wakil Presiden) dan Sekretaris Jenderal. SBC di bawah Statuta, Presiden hanya bisa Uskup Ordinaris yang terpilih untuk fungsi ini. Presiden memimpin sesi pleno dan dewan permanen uskup SBC. Statuta juga mengatur tentang wakil presiden (tugas Presiden ketika dia ditangkap secara sah) dan Sekretaris Jenderal. Sekretaris Jenderal adalah anggota konferensi, tetapi selalu hadir di rapat.

Presiden[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Konferensi Waligereja Slovenia. Katoliska-cerkev.si.