Caritas Internationalis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Caritas Internationalis
Caritaslogo.png
Didirikan 1897
Wilayah layanan Worldwide
Fokus Bantuan Kemanusiaan, Perkembangan Internasional dan Pelayanan Sosial
Situs resmi Caritas Internationalis
The Caritas House di Caine Road, Mid-levels, Hong Kong Island, Hong Kong.

Caritas Internationalis adalah sebuah perserikatan dari 164 organisasi bantuan bencana, pembangunan dan pelayanan sosial yang beroperasi di lebih dari 200 negara dan teritori di seluruh penjuru dunia. Secara umum dan khusus misi mereka adalah untuk berkarya membangun dunia yang lebih baik, terutama bagi kaum papa dan pihak yang tertindas.[1] Organisasi pertama Caritas dimulai di kota Freiburg, Jerman, pada tahun 1897. Organisasi Caritas lainnya segera menyusul di Swiss (1901) dan Amerika Serikat (Catholic Charities, 1910).


Sejarah[sunting | sunting sumber]

Rumah Yatim Piatu St. Nicholas Orphanage, didirikan oleh Caritas di kota Novosibirsk, Rusia

Pada bulan Juli 1924, saat sedang berlangsungnya Kongres Ekaristi Dunia di Amsterdam, 60 delegasi dari 22 negara membentuk sebuah konferensi dengan berkantor pusat di Caritas Swiss di kota Lucerne. Pada tahun 1928, konferensi ini dikenal dengan nama Caritas Catholica. Para delegasinya bertemu tiap dua tahun sekali hingga pecahnya Perang Dunia II saat semua kegiatan menjadi terhenti.

Karya mereka kembali bekerja pada tahun 1947, berdasarkan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri Vatikan, dan dua konferensi diadakan di kota Lucerne untuk membantu mengkoordinasikan semua usaha dan kerjasama para anggotanya. Caritas memperoleh dukungan tambahan ketika Kementerian Dalam Negeri Vatikan mempercayakannya sebagai wakil resmi semua organisasi kesejahteraan sosial negara di tingkat internasional, terutama di Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Tahun Suci Gereja pada tahun 1950 menyaksikan permulaan terbentuknya persatuan organisasi-organisasi Caritas. Mengikuti usulan Monsinyur Montini, yang saat itu adalah pejabat sementara Menteri Dalam Negeri Vatikan, dan kemudian Paus Paulus VI, diadakanlah Minggu Pembelajaran (study week) yang diikuti oleh perwakilan dari 22 negara, yang diadakan di kota Roma untuk menganalisa masalah-masalah dalam karya Caritas yang Kristiani. Sebagai hasilnya, diambil keputusan untuk mendirikan sebuah konferensi internasional dari badan amal Katolik Roma.

Pada bulan Desember 1951, berdasarkan disetujuinya statuta oleh Tahta Suci, sidang umum Caritas Internationalis dilangsungkan. Para pendirinya adalah organisasi-organisasi Caritas di 13 negara: Austria, Belgia, Kanada, Denmark, Perancis, Jerman, Belanda, Italia, Luksemburg, Portugal, Spanyol, Swiss, dan Amerika Serikat.

Pada tahun 1957, konfederasi ini berubah namanya menjadi Caritas Internationalis untuk menunjukkan kehadiran internasional yang berkembang dari para anggota Caritas di setiap benua. Hari ini, konfederasi ini adalah salah satu jaringan organisasi kemanusiaan tervesar di dunia dengan 162 anggotanya berkarya di lebih dari 200 negara dan teritori. Sekretariat Jendralnya berkedudukan di Palazzo San Calisto di Vatikan.

Presiden Caritas Internationalis saat ini adalah Kardinal Óscar Andrés Rodríguez Maradiaga dan Sekretaris Jendralnya adalah Lesley-Anne Knight.

Kantor wilayah regional dan nasional Caritas[sunting | sunting sumber]

Daftar keanggotaan penuh organisasi-organisasi Caritas diantaranya:

Afrika[sunting | sunting sumber]

45 kantor wilayan nasional di Afrika bagian Sub-Sahara

Asia[sunting | sunting sumber]

23 kantor wilayah nasional termasuk:

Kantor Wilayah Regional Timur Tengah dan Afrika Utara Caritas MONA dengan 17 kantor wilayah nasional diantaranya:

Eropa[sunting | sunting sumber]

Caritas Europa memiliki 48 kantor wilayah nasional diantaranya:

North America[sunting | sunting sumber]

Oceania[sunting | sunting sumber]

6 kantor wilayah, termasuk:

Amerika Selatan[sunting | sunting sumber]

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]