Federasi Universitas Katolik Internasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Federasi Universitas Katolik Internasional
SingkatanIFCU
Tanggal pendirian1924/1948
TipeFederasi Internasional dan universitas
TujuanMempromosikan proyek-proyek penelitian bersama di antara lembaga-lembaga pendidikan tinggi Katolik dan memberikan kontribusi terhadap kemajuan pengetahuan dan penerapannya serta terhadap pengembangan dunia yang lebih adil dan manusiawi dalam terang akal budi dan iman melalui fermentasi Injil.[1]
Kantor pusat9, 21 Rue d'Assas, 75006 Paris  Prancis
Wilayah layanan
Seluruh dunia
Sekretaris-Jenderal
François Mabille
Situs webhttp://www.fiuc.org/

Federasi Internasional Universitas Katolik (Inggris: International Federation of Catholic Universities IFCU) adalah sebuah organisasi yang terdiri lebih dari 200 universitas Katolik di seluruh dunia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Didirikan pada tahun 1924.[2] Dibuat berdasarkan Keputusan Kepausan pada tahun 1948 sebagai Fœderatio Universitatum Catholicarum dan menjadi Federasi Internasional Universitas Katolik pada tahun 1965.[3] Federasi ini berawal dari kolaborasi pada tahun 1924 antara Università Cattolica del Sacro Cuore di Milan dan Universitas Katolik Nijmegen di Belanda. FIUC memfasilitasi penelitian, kemitraan dan program pertukaran antar lembaga pendidikan Katolik.[4] Sekretariatnya berada di Paris; Institut Catholique de Paris.

Kelompok regional[sunting | sunting sumber]

IFCU dipecah menjadi beberapa wilayah di dunia:

Daftar sekretaris jenderal[sunting | sunting sumber]

  • François Mabille, November 2019[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ IFCU statutes, Article 2
  2. ^ STATUT IFCU. Pasal 1
  3. ^ /en/sezioni/associazioni/repertorio/federazione-internazionale-delle-universita-cattoliche-.html FIUC Dewan Kepausan Awam]
  4. ^ /cms/index.php?page=aboutENG&id=ICARIN "Tentang IFCU" Periksa nilai |archive-url= (bantuan). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-18. Diakses tanggal 2013-07-15. 
  5. ^ "François Mabille Sekretaris Jenderal IFCU". Diakses tanggal 2018-01- 29. 

Tautan eksternal[sunting | sunting sumber]