Bapa leluhur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Abraham, Sarah dan Hagar, digambarkan disini dalam sebuah ilustrasi Alkitab dari tahun 1897.
Ishak memberkati putranya, digambarkan oleh Giotto di Bondone
Yakub Bergulat dengan Malaikat karya Eugène Delacroix

Bapa leluhur atau bapa bangsa (bahasa Ibrani: אבות Avot atau Abot, tunggal bahasa Ibrani: אב Ab) dari Alkitab, dimana dalam definisi yang sempit, adalah Abraham, putranya Ishak, dan putra Ishak, Yakub, yang juga dinamai Israel, leluhur bani Israel. Tiga tokoh tersebut secara kolektif disebut sebagai bapa leluhur, dan periode dimana mereka hidup dikenal sebagai zaman bapa leluhur.

Yahudi, Kristen, dan Islam memandang bahwa para bapa leluhur tersebut, bersama dengan istri utama mereka, yang dikenal sebagai bunda leluhur (Sarah, Ribka dan Lea) dimakamkan di Gua Makhpela, sebuah situs yang dianggap suci oleh tiga agama tersebut. Rahel, istri Yakub lainnya, dikatakan dimakamkan secara terpisah di apa yang dikenal sebagai Makam Rahel, dekat Betlehem, di situs dimana ia diyakini meninggal saat melahirkan anak.

Secara luas, istilah bapa leluhur dapat dipakai untuk merujuk kepada dua puluh leluhur laki-laki yakni tokoh-tokoh antara Adam dan Abraham. Sepuluh tokoh pertama disebut bapa leluhur dari masa sebelum air bah karena mereka hidup sebelum Air Bah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]