Gereja Katolik dan perawatan kesehatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Marianne Cope dan Suster Santo Fransiskus lainnya bersama putri pasien penderita kusta, di Rumah Sakit Cabang Kakaʻako, Hawaii, 1886. Gereja Katolik mendirikan sangat banyak rumah sakit modern di dunia.

Gereja Katolik adalah penyedia layanan layanan kesehatan non-pemerintah terbesar di dunia.[1] Gereja Katolik memiliki sekitar 18.000 klinik, 16.000 panti jompo dan orang berkebutuhan khusus, serta 5.500 rumah sakit, dengan 65 persen di antaranya berlokasi di negara berkembang.[2] Pada tahun 2010, Dewan Kepausan untuk Pelayanan Pastoral bagi Pekerja Kesehatan Gereja mengatakan bahwa Gereja Katolik mengelola 26% fasilitas pelayanan kesehatan dunia.[3] Keterlibatan Gereja dalam layanan kesehatan berasal dari zaman dahulu.

Yesus Kristus, yang mendirikan Gereja Katolik, memerintahkan para pengikutnya untuk menyembuhkan orang sakit.[4] Umat ​​Katolik masa awal terkenal karena merawat orang sakit dan lemah, dan penekanan Kristen pada amal praktis memunculkan pengembangan keperawatan dan rumah sakit yang sistematis. Aturan Benediktin yang berpengaruh menyatakan bahwa "perawatan orang sakit harus ditempatkan di atas dan di atas setiap tugas lainnya, seolah-olah Kristus benar-benar dilayani secara langsung dengan melayani mereka". Selama Abad Pertengahan, biara dan biara merupakan pusat kesehatan utama di Eropa dan Gereja mengembangkan versi awal negara kesejahteraan. Sekolah Katedral berkembang menjadi jaringan universitas abad pertengahan yang terintegrasi dengan baik dan para ilmuwan Katolik (banyak dari mereka adalah pastor) membuat sejumlah penemuan penting yang membantu pengembangan ilmu pengetahuan modern dan kedokteran.

Albertus Agung (1206–1280) adalah pionir penelitian lapangan biologi dan merupakan santo dalam Gereja Katolik; Desiderius Erasmus (1466–1536) membantu menghidupkan kembali pengetahuan tentang pengobatan Yunani kuno, para paus Renaisans sering menjadi pelindung studi anatomi, dan seniman Katolik seperti Michelangelo memajukan pengetahuan bidang tersebut melalui membuat sketsa mayat. Jesuit Athanasius Kircher (1602–1680) pertama kali mengusulkan bahwa makhluk hidup masuk dan ada di dalam darah (pendahulu teori kuman). Gregor Mendel Agustinian (1822–1884) mengembangkan teori tentang genetika untuk pertama kalinya. Ketika agama Katolik menjadi agama global, ordo Katolik serta umat beragama dan awam mendirikan pusat layanan kesehatan di seluruh dunia. Lembaga keagamaan wanita seperti Sisters of Charity, Sisters of Mercy dan Sisters of St Francis membuka dan mengoperasikan beberapa rumah sakit umum modern pertama.

Meskipun pengutamaan amal dan penyembuhan oleh umat Kristiani mula-mula menciptakan rumah sakit, penekanan spiritual mereka cenderung menyiratkan "subordinasi pengobatan terhadap agama dan dokter terhadap pastor". "Fisika dan iman", tulis sejarawan kedokteran Roy Porter "walaupun secara umum saling melengkapi... terkadang terjerat dalam sengketa perbatasan." Demikian pula di zaman modern, pendirian moral Gereja yang menentang kontrasepsi dan aborsi telah menjadi sumber kontroversi. Gereja, meskipun merupakan penyedia utama layanan kesehatan bagi penderita HIV AIDS, dan panti asuhan bagi anak-anak yang tidak diinginkan, telah dikritik karena menentang penggunaan kondom. Karena keyakinan umat Katolik akan kesucian hidup sejak pembuahan, IVF, yang menyebabkan kehancuran banyak embrio, ibu pengganti, yang bergantung pada IVF, dan penelitian sel induk embrio, yang mengharuskan penghancuran embrio, termasuk di antara bidang-bidang lain. kontroversi bagi Gereja dalam penyediaan layanan kesehatan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Agnew, John. "Deus Vult: Geopolitik Gereja Katolik". Geopolitik. 15 (1): 39–61. doi:10.1080/14650040903420388. 
  2. ^ Calderisi, Robert. Misi Duniawi - Gereja Katolik dan Pembangunan Dunia; TJ Internasional Ltd; 2013; hal.40
  3. ^ "Rumah sakit Katolik mencakup seperempat layanan kesehatan dunia, laporan dewan :: Catholic News Agency (CNA)". Catholic News Agency. 10 Februari 2010. 
  4. ^ Matius 10:8