Qurobo Kudus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Qurobo Kudus (bahasa Suryani: owned) atau Qūrōbō Qādīśō) atau Qurbono Suci (bahasa Suryani: ͩ͘ͽժՒճբճՐ թհՕ՝իճՐ, translit. Qur'an bono Qādīśō, " Persembahan Suci" atau "Pengorbanan Suci" dalam bahasa Inggris)[4] mengacu pada Ekaristi sebagai dirayakan dalam Ritus Siro-Antiokhia (Ritus Siria Barat) dan buku liturgi yang memuat rubrik perayaannya.Ritus Siria Barat mencakup berbagai keturunan Ortodoks Timur dan gereja Katolik Timur. Ritus ini terdiri dari dua tradisi liturgi yang berbeda: Ritus Maronit, dan Ritus Yakobit. Anafora utama dari kedua tradisi tersebut adalah Liturgi Ilahi Santo Yakobus dalam bahasa Siria. Gereja-Gereja terutama berbasis di Timur Tengah, Afrika, dan India.

Tradisi Maronit hanya digunakan di Gereja Maronit yang berasal dari wilayah Lebanon modern.

Tradisi Yakobit diterapkan di Gereja Ortodoks Suriah[5][6] yang berbasis di Suriah dan Maphrianate di India yang dikenal sebagai Gereja Kristen Suriah Jacobite, Gereja Suriah Suriah yang berbasis di Lebanon, Gereja Ortodoks Suriah Malankara, Gereja Suriah Independen Malabar dan Gereja Katolik Suriah-Malankara yang berbasis di India.

Varian reformed dari yang terakhir tanpa perantaraan kepada orang-orang kudus dan doa bagi orang yang telah meninggal, digunakan oleh Gereja Suriah Mar Thoma, sebuah Gereja Reformasi Oriental.[7][8]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Holy Qurbana -Liturgi Ortodoks Malankara
  2. ^ https://archive.org/details/jacobitesyrianch0000adai
  3. ^ Gereja Suriah Malankara Mar Thoma - Sakramen Kurban Suci
  4. ^ Disebut juga Qurobo Alohoyo (bahasa Suryani: owned. owned, translit. Qūrōbō Ālōhōyō, "Persembahan Ilahi" atau " Liturgi Ilahi" dalam bahasa Inggris. Beberapa Gereja Ritus Suriah Barat di India sering menyebut Ekaristi sebagai Qurbana Suci.[1][2][3]
  5. ^ "Holy Qurobo – Katedral Patriarkat St.George – Damaskus". Patriarkat Ortodoks Suriah di Antiokhia. 27-08-2017. Diakses tanggal 2021-03-28. 
  6. ^ "Patriarkat Ortodoks Suriah di Antiokhia". Patriarkat Ortodoks Suriah Antiokhia. Diakses tanggal 2021-03-28. 
  7. ^ Leustean, Lucian N. (30 Mei 2014). Anglikan Kekristenan dan Politik Timur di Abad Kedua Puluh Satu Periksa nilai |url= (bantuan). Routledge. hlm. 568. ISBN 978-1- 317-81866-3. Ortodoks Suriah juga menjadi sasaran kegiatan misionaris Anglikan, akibatnya Gereja Mar Thoma memisahkan diri dari Ortodoks pada tahun 1874, mengadopsi pengakuan iman Anglikan dan liturgi Suriah yang direformasi agar sesuai dengan Protestan prinsip-prinsip. 
  8. ^ Office, Persekutuan Anglikan. in-communion.aspx "Persekutuan Anglikan: Gereja-Gereja dalam Persekutuan" Periksa nilai |url= (bantuan). Situs Web Komuni Anglikan.