101 Dalmatians (film 1996)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

101 dalmatian
One hundred and one dalmatians ver2.jpg
Poster perilisan bioskop
SutradaraStephen Herek
ProduserJohn Hughes
Ricardo Mestres
SkenarioJohn Hughes
BerdasarkanThe Hundred and One dalmatian
by Dodie Smith
PemeranGlenn Close
Jeff Daniels
Joely Richardson
Joan Plowright
Hugh Laurie
Mark Williams
John Shrapnel
MusikMichael Kamen
SinematografiAdrian Biddle
PenyuntingTrudy Ship
Perusahaan
produksi
Walt Disney Pictures
Great Oaks Productions
DistributorBuena Vista Pictures Distribution, Inc.
Tanggal rilis
  • 27 November 1996 (1996-11-27)
Durasi
103 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$75 juta[1]
Pendapatan kotor$320.6 juta

101 Dalmatians adalah sebuah film komedi keluarga dari Amerika yang ditulis dan diproduseri oleh John Hughes dan disutradarai oleh Stephen Herek. Ini adalah adaptasi ke-2 dari novel Dodie Smith tahun 1956 The Hundred and One dalmatians yang diproduksi oleh Walt Disney Pictures setelah film animasi tahun 1961 dengan judul yang sama. Film ini dibintangi oleh Glenn Close sebagai penjahat wanita yang ikonik Cruella de Vil yang mencoba menangkap anak anjing dalmatian dan menggunakan kulit mereka untuk fashion terbarunya dan Jeff Daniels sebagai Roger dan Joely Richardson sebagai Anita yaitu pemilik dari 101 ekor dalmatian, walau tidak ada satu pun hewan yang berbicara di versi ini. Pada 2000, sebuah sekuel teaterikal dirilis dengan judul 102 dalmatians dengan Glenn Close dan Tim McInnerny memerankan peran mereka lagi.

Plot[sunting | sunting sumber]

Desainer permainan video, Roger Dearly (Jeff Daniels) tinggal dengan hewan peliharaannya seekor dalmatian bernama Pongo di London. Satu hari, dia membawa Pongo berjalan-jalan di Taman St. James dan dia memperhatikan dalmatian betina yang cantik bernama Perdita. Setelah pengejaran gila-gilaan melewati jalan-jalan di London, Roger dan Pongo menemukan kalau Perdita menyukai Pongo. Pemilik Perdita, Anita Campbell-Green (Joely Richardson), jatuh cinta pada Roger saat mereka bertemu. Setelah mereka berdua jatuh ke danau karena oleh anjing mereka, mereka kembali ke rumah Roger dan Anita menerima pinangan Roger untuk menikah. Mereka menikah bersama Perdita dan Pongo.

Anita bekerja sebagai desainer fashion di House of de Vil. Bosnya, Cruella de Vil yang sangat glamor (Glenn Close) memiliki ketertarikan yang mendalam pada bulu, Anita terinspirasi oleh dalmatiannya, mendesain sebuah pakai yang dibuat dengan bulu bertotol. Cruella terpesona oleh ide membuat pakaian dari dalmatian sungguhan dan merasa senang hingga ia berkhayal seakan-akan dia memakai anjing Anita.

Anita segera mengetahui kalau Perdita sedang hamil dan lalu dirinya juga yang membuat dirinya sangat terkejut. Beberapa saat kemudian, Cruella mengunjungi rumah mereka dan mengatakan cibiran saat bertemu Roger. Rasa jijiknya pada mereka yang memiliki seorang bayi berubah jadi kegembiraan saat dia menyadari Perdita sedang hamil. Beberapa minggu kemudian, dia kembali saat 15 anak anjing telah lahir dan menawarkan Roger dan Anita uang sebesar £7.500, tapi setiap saat mereka menolak. Dia memecat Anita dan bersumpah akan balas dendam melawannya dan Roger. Dia menyuruh anak buahnya, Jasper dan Horace (Hugh Laurie dan Mark Williams) membobol rumah mereka dan menculik anak-anak anjing di saaat Roger dan Anita sedang pergi jalan-jalan di taman sambil membawa Pongo dan Perdita bersama mereka. Mereka mengirim mereka bersama 84 anjing lainnya yang mereka culik sebelumnya ke Mansion De Vil milik Cruella. Dia juga menyewa Mr. Skinner untuk membunuh dan menguliti anjing-anjing itu untuk membuat pakaian.

Pongo menggunakan gonggongan serigalanya untuk mengirim pesan lewat anjing-anjing dan hewan-hewan yang ada di London. Seekor anjing yang pernah menyaksikan penculikan anak-anak anjing itu mengikuti Jasper dan Horace ke mansionnya dan menemukan mereka semua di dalam sebelum menolong mereka kabur. Mereka membuat jalan ke ladang terdekat, di mana mereka kemudian bergabung dengan Pongo dan Perdita. Cruella tiba di mansion dan segera menyadari apa yang terjadi. Ia marah sekali dan memutuskan untuk menyelesaikan tugas itu sendiri, sambil Jasper dan Horace berupaya mencari mereka juga.

Setelah beberapa kecelakaan, Jasper dan Horace bertemu polisi yang sedang mengejar Cruella dan anak buahnya dan menangkap mereka untuk bergabung dengan Mr. Skinner yang telah dipukul sebelumnya saat mencoba membunuh salah satu anak anjing yang tertinggal di belakang. Sementara itu, Cruella mencari anak-anak anjing itu ke ladang tempat mereka bersembunyi dan mencoba mendapatkan lagi mereka. Akan tetapi, mereka mengakalinya dan menyebabkannya jatuh ke adonan gula cair dan terlempar melewati sebuah jendela ke sebuah kandang babi. Segera setelahnya, para dalmatian yang bebas ini ditemukan dan dipulangkan lewat Suffolk Constabulary, sementara polisi yang mencari Cruella tiba di ladang untuk membekuknya. Di van polisi, dia merendahkan Jasper, Horace dan Skinner atas ketidakbecusan mereka sebelum mereka disemprot oleh seekor sigung yang ada di tasnya. Pongo, Perdita dan anak-anak mereka bersatu kembali dengan Roger dan Anita. Setelah diberi tahu kalau tersisa 84 anak anjing yang tak punya rumah untuk pulang, mereka memutuskan mengadopsi mereka dan membawa total 101 anjing. Roger mendesain sebuah video game sukses yang menampilkan anak anjing dalmatian sebagai protagonisnya dan Cruella sebagai penjahat dan mereka pindah ke pedesaan Inggris dengan uang mereka yang banyak.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Peran Cruella sebelumnya telah ditawarkan ke Sigourney Weaver (Hampir mengambilnya setelah menyelesaikan perannya di musikal Sunset Boulevard). Cathy Moriarty secara singkat dianggap cocok untuk peran ini, tapi kemudian dianggap terlalu menakutkan untuk film anak-anak setelaha melakukan tes layar.[2]

Lokasi pengambilan gambar[sunting | sunting sumber]

Minster Court digunakan sebagai eksterior rumah fashion Cruella De Vil.[3] Sarum Chase digunakan sebagai eksterior rumahnya.[3]

Perilisan dan penerimaan[sunting | sunting sumber]

Penayangan pertama film ini di UK digelar pada 4 Desember di Royal Albert Hall, London dan eksterior dari aulanya bermotif totol dalmatian. Hasilnya sangat baik di box office dan meraih $136.189.294 di Amerika Serikat dan $314,159,265 di seluruh dunia.[4][5]

Film ini umumnya menerima ulasan yang bermacam-macam: pada ulasan Rotten Tomatoes, film ini menerima rating "roten" 39%, dengan rata-rata rating 5,4 dari 10 dari 33 ulasan, dengan banyak kritikan pada alurnya dan penggunaan humor slapstick (seperti film Home Alone-nya Hughes dan remake Disney-nya yang selanjutnya, Flubber, setahun berikutnya). Akan tetapi, penampilan Close sebagai Cruella De Vil secara umum dipuji.[6]

Organisasi-organisasi perlindungan hewan memprotes perilisan film ini karena mereka mencatat kalau setelah penyangan film ini, penjualan dalmatian meningkat karena anak-anak meminta satu setelah melihat film ini dengan orang tua mereka. Dalamatian, bagaimanapun juga anjing yang sulit untuk dipelihara dan banyak yang akhirnya sakit atau mati.

Perilisan Media Rumahan[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis pada VHS pada 15 April 1997 dan pada DVD pada 12 Desember 2000. Karena penjualan yang tinggi dari DVD One Hundred and One Dalmatians Edisi Platinum, Disney merilis ulang itu pada 16 September 2008 di U.S. bersama dengan sekuelnya, 102 dalmatians dan juga versi animasinya tahun 1961, 101 Dalmatians II: Patch's London Adventure.

Spin off[sunting | sunting sumber]

Sebuah film laga hidup Cruella de Vil sedang dikembangkan oleh Disney.[7] Screenwriter Aline Brosh McKenna yang paling dikenal atas tulisannya The Devil Wears Prada didaulat untuk menulisnya bagi Disney, dengan Andrew Gunn sebagai produser.[8]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://powergrid.thewrap.com/project/101-dalmatian
  2. ^ http://www.imdb.com/title/tt0115433/trivia?ref_=tt_trv_trv
  3. ^ a b "101 Dalmatians filming locations". Movie-Locations.com. Diakses tanggal 4 October 2014. 
  4. ^ Puig, Claudia (December 2, 1996). "'101 Dalmatians' Nabs Top Spot". The Los Angeles Times. Diakses tanggal November 3, 2010. 
  5. ^ "101 Dalmatians (1996)". Box Office Mojo. Diakses tanggal November 5, 2008. 
  6. ^ "101 Dalmatians Movie Reviews, Pictures". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal January 18, 2011. 
  7. ^ Kit, Borys (2011-11-17). "Disney Preps Live-Action Cruella de Vil Film (Exclusive)". Hollywoodreporter.com. Diakses tanggal 2013-10-02. 
  8. ^ "Disney is making a live-action Cruella de Vil movie". Entertainment Weekly. 1 October 2013. Diakses tanggal 1 October 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]