Home Alone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Home Alone
Poster dari Home Alone adalah parodi di Edvard Munch lukisan The Scream. (Poster termasuk klasifikasi Ontario Film Review Board)
SutradaraChris Columbus
ProduserJohn Hughes
Ditulis olehJohn Hughes
PemeranMacaulay Culkin
Joe Pesci
Daniel Stern
John Heard
Penata musikJohn Williams
SinematograferJulio Macat
PenyuntingRaja Gosnell
Distributor20th Century Fox
Tanggal rilis
16 November 1990 (AS)
16 Agustus 1991 (Indonesia)
Durasi103 menit
Negara Amerika Serikat
AnggaranUS$15 juta
SekuelHome Alone 2: Lost in New York
IMDbInformasi di IMDb
AMGProfil All Movie Guide

Home Alone (Indonesia: Sendirian di rumah) adalah sebuah film komedi yang dirilis pada tahun 1990. Film ini dibintangi oleh Macaulay Culkin sebagai Kevin McCallister, seorang anak dari keluarga yang kaya. Kevin secara tidak sengaja tertinggal oleh keluarganya yang akan berlibur ke kota Paris, Perancis, dalam rangka liburan Natal. Ketika ia menghabiskan waktu-waktunya di rumah sendirian, ia tidak sengaja bertemu dengan dua orang pencuri bodoh yang ingin merampok rumahnya. Maka, untuk menghentikan para pencuri itu, Kevin menyiapkan jebakan-jebakan untuk mereka.

Home Alone disutradarai oleh Chris Columbus, sedangkan naskahnya ditulis oleh John Hughes. Film Home Alone sudah memiliki 4 sekuel, yaitu Home Alone 2, Home Alone 3, Home Alone 4, dan Home Alone 5.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Lokasi rumah Home Alone di Winnetka, Illinois.

Keluarga McCallister bersiap untuk merayakan Natal di Paris, berkumpul di rumah Kate dan Peter di Chicago pada malam sebelum keberangkatan mereka. Anak bungsu Kate dan Peter, Kevin, seringkali dirundung oleh sepupu dan saudara kandungnya, terutama kakak laki-lakinya Buzz. Kevin merusak makan malam keluarga setelah berkelahi dengan Buzz, di mana tiket pesawatnya secara tidak sengaja dibuang, mengakibatkan Kate mengirimnya ke loteng. Kevin memarahi ibunya karena membiarkan anggota keluarga lainnya mengganggunya dan berharap keluarganya menghilang. Pada malam hari, angin kencang menyebabkan pohon tumbang dan merusak tiang listrik, menonaktifkan jam alarm dan menyebabkan keluarga tersebut ketiduran. Dalam keadaan terburu-buru menuju bandara, Kevin secara tidak sengaja tertinggal.

Kevin bangun keesokan harinya dan menemukan rumahnya kosong dan mobil keluarganya masih di garasi, tidak menyadari bahwa mereka telah menyewa van untuk mengantar mereka ke bandara. Berpikir bahwa keinginannya telah terkabul, ia sangat gembira dengan kebebasan barunya. Meskipun begitu, Kevin menjadi takut dengan tetangga sebelahnya, Old Man Marley, yang dikabarkan sebagai pembunuh berantai yang membunuh keluarganya. Rumah keluarga McCallister segera menjadi sasaran "Wet Bandits", Harry Lyme dan Marv Murchins, dua pencuri yang telah membobol rumah kosong lainnya di lingkungan tersebut. Kevin menipu mereka dengan berpikir bahwa keluarganya masih di rumah, memaksa mereka menunda rencana merampok rumah McCallister.

Kate menyadari di tengah penerbangan bahwa Kevin tertinggal, dan setibanya di Paris, ia menemukan bahwa semua penerbangan untuk dua hari berikutnya sudah dipesan, dan saluran telepon masih terputus di rumah. Peter dan anggota keluarga lainnya tinggal di apartemen saudaranya di Paris, sementara Kate, yang mengkhawatirkan keamanan Kevin, berhasil mendapatkan penerbangan ke Scranton, Pennsylvania. Dia mencoba mencari tiket lagi ke Chicago, tetapi semuanya sudah dipesan. Kate didengar oleh Gus Polinski, seorang musisi keliling, yang menawarkan untuk mengizinkannya bepergian bersama teman-temannya ke Chicago dengan menggunakan truk.

Sementara itu, pada malam Natal , Harry dan Marv akhirnya menyadari bahwa hanya Kevin yang ada di rumah McCallister, dan Kevin sengaja mendengar mereka mendiskusikan rencana untuk merampok rumahnya. Kevin mulai merindukan keluarganya dan bertanya kepada seorang Sinterklas apakah dia bisa membawa keluarganya kembali saat Natal. Dia pergi ke gereja dan menonton paduan suara, lalu bertemu kembali dengan Marley, yang membantah rumor tentangnya. Marley menunjukkan cucunya di paduan suara dan menyebutkan bahwa dia tidak akan bisa bertemu dengannya karena dia adalah putri dari putranya yang terasing. Kevin menyarankan kepada Marley agar dia berdamai dengan putranya.

Kevin pulang dan memasang berbagai jebakan  di rumah. Harry dan Marv menerobos masuk dan terluka setelah melewati jebakan-jebakan tersebut. Saat Harry dan Marv mengejar Kevin di sekitar rumah, ia menelepon polisi dan mengarahkan keduanya ke rumah tetangga yang kosong. Harry dan Marv menangkap Kevin di dapur dan bersiap membalas dendam, tapi Marley turun tangan dan memukuli mereka dengan sekop salju. Polisi tiba dan menangkap Harry dan Marv, setelah mengidentifikasi semua rumah yang mereka rampok karena kebiasaan Marv membanjiri rumah tersebut.

Pada Hari Natal, Kevin awalnya kecewa karena keluarganya masih pergi, tapi Kate tiba di rumah, dan mereka berdamai. Anggota keluarga lainnya kemudian kembali setelah menunggu di Paris hingga mereka dapat memperoleh penerbangan langsung ke Chicago. Kevin tetap diam tentang pertemuannya dengan Harry dan Marv. Kevin kemudian menyaksikan Marley bersatu kembali dengan putra, menantu, dan cucunya sebelum dimarahi oleh Buzz karena telah merusak kamarnya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]