101 Dalmatians II: Patch's London Adventure

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
101 Dalmatians II: Patch's London Adventure
101 Dalmatians II Patch's London Adventure cover.jpg
Cover DVD
SutradaraJim Kammerud
Brian Smith
ProduserCarolyn Bates
Leslie Hough
SkenarioJim Kammerud
Brian Smith
CeritaJim Kammerud
Dan Root
Garrett K. Schiff
Brian Smith
PemeranBarry Bostwick
Jason Alexander
Martin Short
Susanne Blakeslee
Kath Soucie
Jeff Bennett
Jim Cummings
Bobby Lockwood
MusikRichard Gibbs
PenyuntingRobert S. Bichard
Ron Price
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Home Entertainment
Tanggal rilis
  • 21 Januari 2003 (2003-1-21)
Durasi
74 menit
NegaraUnited States
BahasaInggris

101 Dalmatians II: Patch's London Adventure (dikenal juga sebagai 101 Dalmatians: The Animated Sequel) adalah sebuah film animasi langsung-ke-video Amerika yang diproduksi oleh Disney Television Animation dan dirilis oleh Walt Disney Home Entertainment pada 21 Januari 2003. Ini adalah sekuel film Disney tahun 1961. Ia mendapatkan DVDX awards untuk kategori best animated feature, best director, best editing dan best musical score. Disney merilis ulang film ini pada 16 September 2008.[1]

Alur[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1962, keluarga Radcliffe dan 101 anjing dalmatian mereka sedang bersiap-siap untuk pindah ke "Dalmatian Plantation" mereka, yakni sebuah rumah di pedesaan dengan ruangan yang cukup luas untuk mereka semua. Akan tetapi, salah satu anak anjing, Patch, merasa diabaikan dan berharap menjadi unik seperti pahlawan televisinya, Thunderbolt. Saat menonton Thunderbolt Adventure Hour, dia mendengar sebuah kesempatan untuk muncul di acara itu. Dia secara tak sengaja tertinggal ketika keluarganya pergi, jadi dia memutuskan untuk mengikuti audisi itu untuk bertemu pahlawannya dan memenangkan kesempatan tampil di acara itu. Dia gagal untuk menarik perhatian produsernya, . Merasa sedih sekali, Patch pergi dan lari ke arah Thunderbolt.

Di tempat lain di London, Cruella de Vil telah kembali, tetapi dia ada di bawah pengawasan karena kelakuannya di masa lalu. Tidak lama kemudian ia diizinkan untuk melakukan gaya hidupnya yang sebelumnya, dia berupaya untuk menghilangkan obsesinya pada bintik dengan bantuan Lars, seorang artis Jerman. Dengan tujuan menginspirasinya, Cruella memulai kembali perburuan dalmatiannya dengan menggunakan gambar Patch di koran untuk menemukan alamat baru mereka.

Keluarga Patch akhirnya menyadari kalau ia hilang dan kembali ke London untuk mencarinya. Cruella mempekerjakan kembali mantan anak buahnya, Jasper dan Horace dan mengeluarkan mereka dari penjara. Dia memberi mereka truk makanan anjing curian untuk menculik anak-anak anjing yang tersisa. Mereka berhasil setelah bekerja sama dengan Nanny dan mereka membawanya ke Lars. Saat Cruella meminta ia dibuatkan sebuah karya dari bulu mereka, Lars menolak. Dibuat kesal, Cruella mengikat dan membungkam mulutnya dan kembali ke rencana awal untuk membuat sebuah pakaian dari kulit dalmatian.

Anak-anak anjing yang tertangkap menggunakan "Twilight Bark" untuk mengirim sinyal yang busa diterima oleh Patch dan Thunderbolt, sehingga mereka kemudian berusaha untuk menyelamatkan keluarga Patch. Di jalan, mereka bertemu Lil' Lightning yang mengikuti mereka dan meyakinkan Thunderbolt untuk tidak menyerang secara terbuka tetapi tidak berhasil. Thunderbolt menakut-nakuti Jasper dan Horace, tetapi Cruella memukulnya hingga pingsan dan dia dan Patch tertangkap. Lil' Lightning yang mempercayai skemanya sendiri menyelinap ke dalam bangunan dan menyingkap bahwa Thunderbolt adalah penipu dan memberitahukannya kalau apa yang Thunderbolt katakan beberapa saat lalu adalah kebohongan dan ia hanyalah seorang aktor. Tertekan oleh kenyataan ini, Patch pun menjadi putus asa, tetapi saudaranya memulihkan semangatnya dengan mengingatkan kembali kalau Thunderbolt pernah kabur dari situasi yang sama sebelumnya dalam salah satu episode TV. Patch dan membebaskan keluarganya, tetapi Thunderbolt tertinggal di belakang, ia malu pada dirinya sendiri karena telah mengecewakan Patch. Para dalmatian kabur lewat atap bangunan menuju “Panther De Ville” milik Cruella, sementara para penjahat itu diperlambat di tempat mereka berada. Sementara itu, Thunderbolt lepas dari kandangnya dan membebaskan Lars.

Anak-anak anjing itu mencuri sebuah bus tetapi Cruella, Jasper dan Horace menemukan dan mengejar mereka menggunakan truk curian mereka, sebuah aksi kejar-kejaran pun terjadi melewati jalan-jalan di London. Hal ini dimanfaatkan Lil' Lightning untuk membuat filmnya. Cruella, Jasper, dan Horace akhirnya menyudutkan anjing-anjing itu di sebuah gang. Patch mencoba untuk menahan mereka sementara yang lair melarikan diri, tetapi mereka tidak takut. Untungnya, Thunderbolt tiba bersama Lars yang mengemudi ke arah keributan itu. Thunderbolt pura-pura terkena serangan jantung dan menyebabkan Cruella yang dialihkan perhatiannya memukul Jasper dan Horace dan melumpuhkan dirinya sendiri sementara Patch mundur kembali ke bus. Dia mengubah arah mobilnya dan mengirim Cruella, Jasper, Horace dan Lil' Lightning dengan cepat ke Thames River bersama dengan truk curian mereka. Saat dia dan Thunderbolt berdiri gagah untuk kemenangannya, Patch akhirnya mampu mengeluarkan gonggongan yang serupa dengan Thunderbolt.

Polisi meringkus Lil' Lightning, Jasper dan Horace, sementara Cruella yang sekarang benar-benar jadi gila dikirim ke yayasan mental. Pasangan Radcliff dan Nanny diberi tahu oleh Jasper dan Horace kalau Cruella lah yang menyuruh mereka, bertemu dengan Thunderbolt. Mereka berterima kasih padanya, tetapi dia memberhentikan dirinya sendiri sebagai aktor. Di sisi lain, Patch di matanya adalah "a real, one of a kind wonder-dog". Setelah sebuah kolase koran memberitakan nasib dari para karakter, sebuah scene pascakredit menunjukkan Thunderbolt ada di acara TV-nya bersama Patch sebagai sahabat barunya dan anak anjing lain sebagai tambahan sedang memburu penjahat ke arah matahari tenggelam.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

  1. "Seeing Spots"
  2. "Dalmatian Plantation"
  3. "The Thunderbolt Adventure Hour"
  4. "Canine Crunchies"
  5. "Cruella DeVil"
  6. "Try Again"

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Film ini menerima ulasan positid dari kritikus. Rotten Tomatoes memberi rating 67% berdasarkan 6 ulasan. Ia juga mendapat rata-rata rating 5/10, tetapi tanpa adanya kesepakatan.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cedeno, Kelvin. "101 Dalmatians II: Patch's London Adventure - Special Edition DVD Review". Ultimate Disney. Diakses tanggal April 19, 2012. 
  2. ^ "101 Dalmatians II - Patch's London Adventure". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal July 17, 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]