Extraordinary Merry Christmas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
“Extraordinary Merry Christmas”
Episode Glee
Episode ke Musim 3
Episode 9
Bintang tamu *Chord Overstreet sebagai Sam Evans
Ditulis oleh Marti Noxon
Disutradarai oleh Matthew Morrison
Penayangan perdana 13 Desember 2011 (2011-12-13)
Urutan Episode
← Sebelumnya Selanjutnya →
"Hold On to Sixteen" "Yes/No[1]"

"Extraordinary Merry Christmas" adalah episode kesembilan musim ketiga serial drama musikal dari Amerika Serikat, Glee, dan merupakan episode ke-53 secara keseluruhan. Cerita episode ini ditulis oleh Marti Noxon dan disutradarai oleh Matthew Morrison. Episode ini pertama kali ditayangkan di jaringan TV Fox di Amerika Serikat pada tanggal 13 Desember 2010. Pada episode ini, anggota New Directions membintangi acara televisi khusus hitam-putih bertemakan Natal yang ditampilkan di dalam episode ini sendiri.

Sembilan lagu ditampilkan dari episode ini, delapan diantaranya diambil dari album Natal kedua Glee, Glee: The Music, The Christmas Album Volume 2. Episode ini memiliki judul yang sama dengan salah satu lagu asli buatan Glee, "Extraordinary Merry Christmas", yang ditulis oleh produser eksekutif Glee Adam Anders, penulis lagu Peer Åström, dan Shelly Peiken. Delapan lagu lainnya merupakan lagu daur ulang, dan kesembilan lagunya dirilis juga sebagai singel. Para kritikus secara umum memuji penampilan musik di episode ini.

Episode ini ditonton oleh 7,13 juta orang penonton di Amerika Serikat ketika pertama kali ditayangkan. Jumlah ini sedikit meningkat bila dibandingkan episode sebelumnya, "Hold On to Sixteen".

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Sue (Jane Lynch) merekrut anggota klub glee untuk menyanyi di sebuah rumah panti asuhan dimana ia akan menjadi seorang relawan disana. Sue ingin mengalihkan perayaan Natal kali ini setelah saudaranya Jean meninggal awal tahun ini. Rachel (Lea Michele) memberikan daftar permintaan kado Natal yang sangat banyak pada Finn (Cory Monteith). Finn terkejut dengan banyaknya permintaan Rachel tersebut, meskipun Rachel pada akhirnya memberitahu Finn kalau ia ingin 5 buah saja.

New Directions merayakan Natal kali ini dengan Mercedes (Amber Riley) sings "All I Want For Christmas is You" di ruang koor. Rory (Damian McGinty) menyanyikan lagu "Blue Christmas" yang didedikasikan untuk keluarganya, ini kali pertama Rory jauh dari keluarganya saat Natal. Sam (Chord Overstreet) menawarkan pada Rory untuk datang ke rumahnya untuk menunjukkannya seperti apa Natal di Amerika. Will Schuester (Matthew Morrison) mengumumkan bahwa New Directions telah diminta untuk mengisi acara untuk stasiun PBS lokal, dengan Artie (Kevin McHale) sebagai sutradaranya. Manajer stasiun TV itu setuju dengan konsep yang dibuat Artie: Sebuah acara yang didedikasikan untuk The Star Wars Holiday Special dan Judy Garland Christmas Special dengan warna latar hitam putih. Kurt (Chris Colfer) dan Blaine (Darren Criss) akan menampilkan pembukaannya dan menyambut teman-temannya yang lain. Rory akan berperan sebagai Itchy dan membacakan "Frosty the Snowman". Sam kemudian berkomentar bahwa "Frosty" tidak mempunyai akhir cerita yang bagus, dan sedikit "kesedihan" itu juga merupakan bagian dari Natal. Artie hanya akan menampilkan sebagiannya saja dan menulis ulang cerita "Frosty" tersebut, maka Sam memutuskan untuk tidak jadi ikut dalam acara tersebut. Ketika New Directions sedang latihan untuk acara stasiun TV tersebut, Sue datang mengingatkan bahwa anggota klub glee akan menyanyi di rumah panti asuhan pada hari Jumat, tapi acara stasiun TV tersebut juga jatuh pada hari Jumat. Artie bertanya pada Sue apakah bisa dijadwal ulang, tapi Sue mengatakan bahwa jadwalnya tidak bisa diubah lagi: harus Jumat malam. Anggota klub memutuskan untuk tampil di acara stasiun TV dan Sue meninggalkan mereka dengan kesal.

Acara TV itu diberi judul Glee Holiday Spectacular. Kurt dan Blaine memulai acara itu dengan menampilkan "Let It Snow", kemudia Rachel dan Mercedes datang dan menyanyikan "My Favorite Things". Tidak lama kemudian, Finn dan Puck (Mark Salling) datang dan berperan sebagai karakter di Star Wars. Mereka berdua menampilkan lagu "Santa Claus Is Coming to Town". Setelah itu, Brittany (Heather Morris), dengan bantuan latar dari Santana (Naya Rivera), Tina (Jenna Ushkowitz), Mike (Harry Shum, Jr.) dan beberapa anggota Cheerios menyanyikan lagu "Christmas Wrapping". Ketika Rory yang berperan sebagai Itchy datang, anggota yang lainnya tampak kecewa karena ia tidak akan membacakan "Frosty the Snowman"; melainkan sabda dari Injil Lukas.

Quinn (Dianna Agron) dan Sam berada di pantu asuhan bersama dengan Sue, membantunya membagi-bagikan makanan pada para anak panti. Anggota New Directions lainnya datang terlambat, sambil membawakan makanan dan hadiah tambahan. Anggota klub glee kemudian menyanyikan "Do They Know It's Christmas?" pada orang-orang yang berada disitu. Kembali ke McKinley, Rachel berubah dan menamai hadiah yang diberikan Finn dengan nama "Barbra". Finn akhirnya membelikan hadiah anting-anting seperti yang Rachel mau, tapi akhirnya Rachel mengembalikan hadiah itu pada Finn. Finn juga mengembalikan hadiah iPod yang Rachel berikan padanya. Mereka sepakat menggunakan uangnya sebagai donasi untuk Salvation Army, yang digagas oleh Sam dan Rory.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Episode ini menandai awal karir penyutradaraan Matthew Morrison (gambar).

Episode ini merupakan debut penyutradaraan bintang Glee sendiri Matthew Morrison, yang berperan sebagai Will Schuester. Ia mengumumkan bahwa ia akan menyutradarai salah satu episode Glee pada akhir bulan November 2011.[2] Pada awalnya, ia direncanakan untuk menyutradarai episode kedelapan di musim ketiga ini, tapi akhirnya ia menyutradarai pada episode kesembilannya.[3]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Rating[sunting | sunting sumber]

"Extraordinary Merry Christmas" pertama kali ditayangkan pada tanggal 13 Desember 2011 di Amerika Serikat di jaringan TV Fox. Episode ini ditonton 7,13 juta orang penonton Amerika, naik sedikit dari 7,11 juta orang dari episode sebelumnya, "Hold On to Sixteen", yang ditayangkan pada tanggal 6 Desember 2011.[4][5] Di Kanada, episode ini ditonton oleh 1,46 juta orang, mencapai titik terendahnya di musim ketiga ini. Jumlah penonton di Kanada ini turun sekitar 9% dari episode sebelumnya, "Hold On to Sixteen", yang ditonton 1,61 juta orang. [6]

Tangga lagu[sunting | sunting sumber]

Dari 9 lagu yang dirilis sebagai singel, hanya satu yang berhasil menembus top 100 tangga lagu di Amerika Serikat dan Kanada: "Do They Know It's Christmas?" yang menempati posisi 92 di Billboard Hot 100,[7] dan posisi 85 di Billboard Canadian Hot 100.[8] Glee: The Music, The Christmas Album Volume 2, yang sudah diluncurkan ke pasar tanggal 15 November 2011,[9] merupakan sumber dari 8 dari 9 lagu yang ada di episode itu: "My Favorite Things" adalah satu-satunya lagu tidak termasuk di dalam album itu.[10][11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ausiello, Michael (December 13, 2011). "Ask Ausiello: Spoilers on Glee, HIMYM, Revenge, Anarchy, Good Wife, Gossip Girl and More!". TV Line. Diakses December 13, 2011. 
  2. ^ Stack, Tim (September 26, 2011). "'Glee' scoop: Matthew Morrison will make his directorial debut on episode 8". Entertainment Weekly. Time, Inc. Diakses October 18, 2011. 
  3. ^ Stack, Tim (December 13, 2011). "'Glee' scoop: Matthew Morrison talks tonight's Christmas episode, his directing debut, and Chewbacca". Entertainment Weekly. Time, Inc. Diakses December 13, 2011. 
  4. ^ Seidman, Robert (December 14, 2011). "Tuesday Final Ratings: 'NCIS,' 'Glee,' 'Unforgettable' Adjusted Up". TV by the Numbers. Diakses December 14, 2011. 
  5. ^ Gorman, Bill (December 7, 2011). "Tuesday Final Ratings: 'Glee,' 'Last Man Standing' Adjusted Up". TV by the Numbers. Diakses December 7, 2011. 
  6. ^ Data penonton Kanada:
  7. ^ Peak chart positions for season 3 singles in the United States: "Do They Know It's Christmas?" "Hot 100: Week of December 31, 2011 (Biggest Jump)". Billboard (Prometheus Global Media). Diakses December 22, 2011. 
  8. ^ "Canadian Hot 100: Week of December 31, 2011 (Biggest Jump)". Billboard (Prometheus Global Media). Diakses December 22, 2011. 
  9. ^ "Glee: The Music, Dance Party Now Available Exclusively at Target". GleeTheMusic.com. Sony Music Entertainment. November 15, 2011. Diakses December 22, 2011. 
  10. ^ Grein, Paul (December 21, 2011). "Week Ending Dec. 18, 2011. Albums: Buble Dreamed A Dream". Chart Watch. Yahoo! Music. Diakses December 22, 2011. 
  11. ^ Caulfield, Keith (November 23, 2011). "Drake's 'Take Care' Blasts Onto Billboard 200". Billboard (Prometheus Global Media). Diakses November 24, 2011.