Darren Criss

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Darren Criss
Criss, 2011
Lahir Darren Everett Criss
5 Februari 1987 (umur 27)
San Francisco, California, Amerika Serikat
Pekerjaan Aktor, penyanyi-penulis lagu, musisi, komposer

Darren Everett Criss (lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, 5 Februari 1987; umur 27 tahun) adalah seorang aktor, penyanyi, penulis lagu, musisi, komposer berkebangsaan Amerika dan merupakan pemilik dari perusahaan produksi teater Team StarKid. Saat ini ia berperan sebagai Blaine Anderson, seorang siswa sekolah menengah yang gay di serial drama musikal buatan FOX, Glee. Criss juga dikenal berkat peran utamanya di Harry Potter di produksi musikal Team StarKid yaitu A Very Potter Musical dan A Very Potter Sequel. Pada bulan Januari 2012, Criss akan memulai debutnya di Broadway, berperan sebagai J. Pierrepont Finch di How to Succeed in Business Without Really Trying.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Criss lahir di San Francisco, California, putra bungsu dari Cerina (née Bru) dan Charles William Criss, seorang bankir dan mantan direktur San Francisco Opera, Philharmonia Baroque Orchestra. Criss adalah Eurasia - ibunya, yang berasal dari Cebu, Filipina, adalah keturunan Cina, Spanyol, dan Filipina, sementara ayahnya, yang berasal dari Pittsburgh, Pennsylvania, adalah keturunan Irlandia. Dia memiliki kakak laki - laki bernama Charles "Chuck" Criss (lahir April 15, 1985), seorang musisi dan anggota band rock indie Whales Freelance. Criss dan saudaranya dibesarkan di San Francisco, kecuali 1988-1992, ketika keluarganya tinggal di Honolulu, Hawaii, di mana ayah mereka memulai EastWest Bank, menjabat sebagai Chairman dan Chief Executive Officer

Pendidikan, dan Pelatihan Teater Musik[sunting | sunting sumber]

Minat Criss dalam musik dan seni pertunjukan dimulai pada masa kecilnya . Pada usia lima tahun ia mulai mengambil pelajaran biola dan klasik terlatih selama lima belas tahun ke depan . Mengejar kepentingan musiknya , Criss belajar sendiri cara bermain berbagai instrumen sampai ia menguasai biola , gitar , piano , mandolin , harmonika , dan drum . Pada usia lima belas , ia mulai menggali komposisi musik dan menulis lagu pertamanya , yang ia kemudian digunakan sebagai judul lagu dari EP pertamanya 'Human' , dirilis pada tahun 2009 .

Criss menyelesaikan pendidikan SD -nya di Stuart Hall untuk anak laki - laki, dan kemudian lulus dari Saint Ignatius College Preparatory tahun 2005 . Di Saint Ignatius dia adalah anggota dari program seni pertunjukan dan bertindak di teater klasik seperti The Music Man , The Harian . dari Anne Frank , dan Fiddler on the Roof, ia juga membenamkan dirinya dalam kancah musik sekolah - ia memegang posisi concertmaster di orkestra sekolah, ia fronted band sendiri , dan di[ili sebagai " yang paling mungkin untuk memenangkan Grammy " oleh rekan-rekannya . Criss menghadiri University of Michigan , jurusan teater dan kinerja minoring dalam musikologi dan Italia . Dia aktif baik sebagai seorang aktor dan sutradara di siswa - run Seni teater organisasi Basement universitas . Pada musim semi tahun 2008 , ia menghabiskan satu semester di luar negeri belajar teater Italia di Accademia dell'Arte di Arezzo , Italia . Pada tahun 2009 , ia memperoleh gelar Sarjana Seni Rupa .

Pranala luar[sunting | sunting sumber]