Mash Off

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
“Mash Off”
Episode Glee
MashOffGle.jpg
Troublestones menampilkan lagu mash-up "Rumour Has It" / "Someone Like You"
Episode ke Musim 3
Episode 6
Bintang tamu *Idina Menzel sebagai Shelby Corcoran
Ditulis oleh Michael Hitchcock
Disutradarai oleh Eric Stoltz
Penayangan perdana 15 November 2011 (2011-11-15)
Urutan Episode
← Sebelumnya Selanjutnya →
"The First Time" "I Kissed a Girl"

"Mash Off" adalah episode keenam musim ketiga dari serial drama musikal asal Amerika Serikat, Glee, dan merupakan episode ke-50 secara keseluruhan. Cerita episode ini ditulis oleh Michael Hitchcock dan disutradarai oleh Eric Stoltz. Episode ini pertama kali ditayangkan di jaringan TV Fox di Amerika Serikat pada tanggal 15 November 2011. Bintang tamu Idina Menzel yang berperan sebagai pembimbing klub glee rival New Direction, Shelby Corcoran. Shelby dan Will Schuester (Matthew Morrison) mengadakan kompetisi mash-up antara Troublestones dan New Directions. Santana (Naya Rivera) dengan kejam menghina Finn (Cory Monteith), dan pada akhirnya Finn merespon di depan publik, sehingga akhirnya hubungan Santana dan Brittany yang lesbian terkuak di depan publik. Sue Sylvester (Jane Lynch) memulai propagandanya melawan Burt Hummel (Mike O'Malley), lawannya di kongres.

Episode ini mengandung 4 lagu campuran (mash-up), termasuk lagu ke-300 yang dinyanyikan oleh Glee, lagu dari Adele yang berjudul "Someone Like You" dan "Rumour Has It". Lagu ini terjual 160.000 kopi pada minggu pertamanya dan berhasil berada di posisi ke-11 dalam tangga lagu Billboard Hot 100. Semua lagu dari episode ini dirilis sebagai singel yang bisa diunduh digital.

"Mash Off" mendapatkan penerimaan yang baik dari kebanyakan kritikus. Penampilan musiknya pun dipuji dan diterima dengan baik oleh mereka. Episode ini ditonton oleh 7,08 juta penonton Amerika Serikat di hari pertama penayangannya. Jumlah penonton ini naik bila dibandingkan dengan episode sebelumnya, "The First Time".

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Puck (Mark Salling) berfantasi tentang gurunya, Shelby Corcoran (Idina Menzel), yang ia cium di episode sebelumnya, dan sejak itu ia menjadi jatuh cinta dengan Shelby. Ia menyanyikan "Hot for Teacher" dari Van Halen, bersama dengan Mike (Harry Shum, Jr.), Blaine (Darren Criss) dan Finn (Cory Monteith). Puck mencoba membujuk Shelby untuk memulai hubungan dengannya, tapi Shelby langsung menolak ide itu. Quinn masih menginginkan Beth kembali dari Shelby, maka ia pun mencoba bergabung ke dalam klub glee yang dibuat Shelby, Troubletones, sehingga Quinn bisa lebih dekat dengannya. Setelah Puck akhirnya memberi tahu Shelby apa yang sebenarnya Quinn inginkan, Shelby memberitahu Quinn kalau ia tidak membutuhkannya untuk kehidupan Beth.

Will (Matthew Morrison) dan Shelby setuju untuk menyelenggarakan sebuah kompetisi mash-up di antara New Directions dan Troubletones. Santana (Naya Rivera) menganggap kompetisi ini sangat serius, dan terus saja berusaha agar Finn Hudson menderita selama episode ini. Finn pun menantang Santana pada permainan dodgeball. Pada permainan itu, Finn dan Santana adalah 2 orang terakhir yang masih bertahan, sampai kemudian Santana melemparkan bolanya ke Finn dan ia menang. Meskipun sudah menang, tapi anggota Troubletones tetap saja menyerang Rory (Damian McGinty) dengan brutal, hingga hidungnya berdarah.

Pelatih pemandu sorak Sue (Jane Lynch) memulai kampanyenya melawan Burt Hummel (Mike O'Malley), rival utamanya pada pemilihan anggota. Ketika anak Burt Kurt (Chris Colfer) menuduh dia melakukan kebohongan, Sue berusaha mempertanankan taktiknya ini, dan berkata pada Kurt kalau kampanyenya sendiri sebagai presiden kelas senior itu membosankan. Ketika setiap kandidat dipersilahkan berpidato di depan murid-murid, Kurt pada pidatonya mengatakan bahwa ia akan menyetop dodgeball, olahraga yang ia anggap sering dijadikan sebagai bahan untuk membully orang lain. Rachel (Lea Michele) akhirnya menarik diri dari pencalonan presiden kelas senior itu dan berusaha meyakinkan agar semuanya memilih Kurt. Rachel akhirnya mengaku pada Kurt kalau tujuannya keluar adalah agar Kurt dapat setidaknya menuliskan seseatu di aplikasi universitasnya, dan karena ia ingin mereka berteman lagi. Rachel akhirnya membantu kampanye Kurt.

Mercedes (Amber Riley) akhirnya terpilih sebagai presiden Troubletones, dan berkata pada Santana kalau ia seharusnya bisa bermain dengan adil dan jujur mulai dari sekarang. Santana minta maaf pada Finn di lorong sekolah, tapi tetap saja permintaan maafnya itu mengandung banyak penghinaan. Ketika Santana pergi meninggalkannya, Finn akhirnya membuka mulutnya sambil berkata bahwa sebaiknya Santana unjuk diri dan menyebutnya sebagai pengecut karena terus menerus menghina orang lain sementara ia sendiri tidak mau menerima dirinya sendiri dan hubungannya dengan Brittany. Beberapa hari kemudian, Santana diberitahu oleh Sue dan Burt bahwa keponakan dari lawan Sue yang lain di pencalonan kongres sempat mendengar pembicaraannya dengan Finn Hudson. Lawan dari Sue itu menggunakan pembicaraan tersebut untuk menghajar Sue balik dengan mengkritisi mengapa Sue memilih seorang lesbian sebagai kepala pemandu sorak. Santana keluar dari ruangan sambil menangis, berkata bahwa bahkan orang tuanya sendiri pun tidak tahu kalau ia lesbian. Episode ini berakhir dengan Troubletones menampilkan lagu mash-up dari Adele. Ketika mereka selesai melakukan penampilan, Santana lompat dari panggung, berteriak pada Finn dan akhirnya menamparnya.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Rating[sunting | sunting sumber]

"Mash Off" pertama kali ditayangkan tanggal 15 November 2011 di Amerika Serikat di jaringan TV Fox. Serial ini mendapatkan rating 3.0/8 dan berhasil menarik perhatian 7,08 juta penonton di Amerika. [1] Jumlah penonton ini berhasil naik apabila dibandingkan dengan episode sebelumnya, "The First Time", yang hanya ditonton 6,91 juta orang ketika ditayangkan tanggal 8 November 2011.[2]

Jumlah penonton juga meningkat sedikit di Australia, tapi turun di Kanada dan Inggris. Di Inggris, Mash Off hanya disaksikan oleh 880.000 penonton, turun bila dibandingkan dengan 950.000 penonton pada episode "The First Time".[3] Di Australia, "Mash Off" ditonton oleh 683.000 orang, menjadikan Glee sebagai acara TV paling laris ke-14 pada malam penayangan. Jumlah ini naik dari episode sebelumnya yang hanya 660.000 orang.[4] Di Kanada, jumlah penonton turun sebanyak 20.000 orang, dari sebelumnya 1,66 juta orang pada episode "The First Time" menjadi 1,64 juta orang. [5]

Musik[sunting | sunting sumber]

Episode ini menampilkan beberapa penampilan lagu di antaranya:

Tangga lagu[sunting | sunting sumber]

Lima singel dirilis dari episode ini, dan hanya empat yang berhasil menembus tangga lagu Billboard Hot 100. "Rumour Has It" / "Someone Like You" berhasil berada di posisi ke-11 pada tanggal 23 November 2011. Singel ini berhasil mendapatkan unduhan sebanyak 160.000 di minggu pertamanya, penjualan terbanyak kelima untuk minggu pertama di serial ini. [6] Lagu mash-up ini juga menyebabkan lagu "Rumour Has It" naik kembali ke tangga lagu Billboard Hot 100, yang berhasil berada di posisi ke-60 minggu itu dengan penjualan 42.000 kopi.[6] Di Kanada, lagu mash-up ini berhasil berada di posisi ke-12 di Canadian Hot 100, dengan jumlah unduhan sebanyak 14.000.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gorman, Bill (November 16, 2011). "Full Tuesday Final Ratings: 'Glee,' 'NCIS:LA,' 'Parenthood' Adjusted Up; 'Body Of Proof' Adjusted Down". TV by the Numbers. Diakses November 17, 2011. 
  2. ^ Seidman, Robert (November 9, 2011). "Tuesday Final Ratings: 'Dancing With the Stars' Adjusted Up; No Adjustment for 'New Girl'". TV by the Numbers. Diakses November 10, 2011. 
  3. ^ Data penonton Inggris:
  4. ^ Data penonton Australia:
  5. ^ Data penonton Kanada:
  6. ^ a b Caulfield, Keith (November 23, 2011). "Rihanna's 'Love' Still Leads Hot 100, Katy Perry Back in Top 10". Billboard (Prometheus Global Media). Diakses November 24, 2011. 
  7. ^ "Nielsen Music: Canadian Update (November 25, 2011)". Billboard. Prometheus Global Media. November 25, 2010. Diakses November 24, 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]