Karakter di Glee

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Glee (serial TV) adalah sebuah serial komedi-drama musikal yang ditayangkan di jaringan Fox di Amerika Serikat. Serial ini berfokus pada sebuah Klub Glee di William McKinley High School bernama New Directions yang bersaing di sirkuit kompetisi paduan suara, sementara para anggotanya berurusan dengan hubungan, seksualitas dan isu-isu sosial. Para pemain utamanya mencakup pelatih klub dan guru bahasa Spanyol Will Schuester (Matthew Morrison), pelatih cheerleader Sue Sylvester (Jane Lynch), guru bimbingan konseling Emma Pillsbury (Jayma Mays), mantan istri Will Terri (Jessalyn Gilsig), dan delapan anggota klub yang diperankan oleh Dianna Agron, Chris Colfer, Kevin McHale, Lea Michele, Cory Monteith, Amber Riley, Mark Salling dan Jenna Ushkowitz. Untuk musim kedua, ada Mike O'Malley, Heather Morris dan Naya Rivera yang dipromosikan menjadi pemain utama.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Dalam Glee, sang pencipta Ryan Murphy mencari aktor yang bisa mengidentifikasi dengan aliran membintangi peran teater. Daripada menggunakan panggilan jaringan casting tradisional, Murphy menghabiskan waktu tiga bulan di Broadway, dimana ia menemukan Matthew Morrison (Will Schuester), yang sebelumnya membintangi di Hairspray dan The Light in the Piazza, Lea Michele (Rachel Berry) yang membintangi Spring Awakening, dan Jenna Ushkowitz (Tina Cohen-Chang), yang pernah bermain di The King and I.

Chris Colfer (Kurt Hummel) awalnya mengikuti audisi untuk bermain Artie Abrams. Meskipun Colfer tidak memiliki pengalaman profesional sebelumnya, Murphy sangat terkesan dengan kinerja Colfer maka peran Kurt Hummel- sebuah nama karakter yang diambil dariThe Sound of Music - dibuat untuknya.

Jayma Mays (Emma Pillsbury) mengikuti audisi dengan lagu Touch, Touch-a, Touch-a, Touch Me dari The Rocky Horror Picture Show , sementara Cory Monteith (Finn Hudson) pada awalnya menyerahkan rekaman sendiri hanya bertindak, dan diminta untuk menyerahkan rekaman, kedua musik, di mana ia menyanyikan "a cheesy, '80 versi musik-video-style" dari grup REO Speedwagon, "Can't Fight This Feeling". Cory Monteith telah dianggap casting nya kurang pelatihan formal tercermin dalam kemampuan karakternya, Finn Hudson.

Kevin McHale (Artie Abrams) datang dari latar belakang anak-band, setelah sebelumnya menjadi bagian dari grup Not Like Them. Ia mengikuti audisi dengan lagu "Let It Be" dan diuji bersama Colfer dan Ushkowitz.

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Artie Abrams[sunting | sunting sumber]

Artie Abrams (Kevin McHale) adalah seorang gitaris dan seorang pengguna kursi roda. McHale mendeskripsikan Artie sebagai seorang "culun" yang sangat mencintai klub glee sepenuh hatinya. Artie menggunakan kursi roda karena pernah kecelakaan mobil saat usianya 8 tahun.[1]

Blaine Anderson[sunting | sunting sumber]

Blaine Anderson (Darren Criss) adalah seorang siswa gay di Dalton Academy dan juga anggota Warblers. Warblers sendiri merupakan saingan New Directions di Sectionals dan Regionals pada Glee musim kedua.[2] Blaine sendiri pada awalnya merupakan karakter tambahan, tapi akhirnya dijadikan karakter utama di musim ketiga Glee. Blaine sendiri saat ini merupakan pacar dari Kurt, meski pada episode "Blame It on the Alcohol" ia pernah berciuman dengan Rachel sampai-sampai ia sempat meragukan identitasnya sebagai gay. Di awal musim ketiga, Blaine melakukan transfer ke McKinley dan memutuskan untuk bergabung dengan New Directions.

Rachel Berry[sunting | sunting sumber]

Rachel Berry (Lea Michele) adalah kapten di klub glee New Directions. Tindakan Rachel seringkali salah dimengerti oleh rekan-rekannya.[3] Michele mengambil peran di Glee karena karakter dari Rachel, ia menjelaskan: "Ia tidak hanya penyanyi, hatinya juga sangat baik - Aku pikir hal seperti itu yang kita butuhkan sekarang di TV." Rachel memiliki hubungan yang "putus-sambung" dengan Finn Hudson.

Mike Chang[sunting | sunting sumber]

Mike Chang (Harry Shum, Jr.) adalah seorang pemain sepak bola Amerika dan penari yang bergabung dengan New Directions pada episode "Preggers."[4] Shum mengatakan kalau Mike adalah orang yang pemalu,[5] dan bergabung dengan klub glee karena ia dapat mengekspresikan perasaannya dan merasa diterima.[6] Mike merupakan peran pembantu dan perkembangan cerita karakter ini sangat lambat karena tidak memiliki jalan cerita sendiri.[7] Di awal musim kedua, ia berpacaran dengan Tina, dan sempat berduet dengan Tina menyanyikan lagu "Sing!" dari A Chorus Line.[8] Mike menyatakan bahwa dirinya merupakan senior di episode pertama musim ketiga Glee, "The Purple Piano Project", dan Shum juga dipromosikan menjadi pemeran utama dalam serial ini.

Tina Cohen-Chang[sunting | sunting sumber]

Tina Cohen-Chang (Jenna Ushkowitz) mengikuti audisi klub glee dengan menyanyikan lagu "I Kissed a Girl" dari Katy Perry.[9] Tina senang berpakaian bergaya goth. Tina berpacaran dengan Artie di musim pertama, tapi kemudian putus dan berpacaran dengan Mike Chang di musim kedua.

Quinn Fabray[sunting | sunting sumber]

Quinn Fabray (Dianna Agron) pertama muncul sebagai pacar dari Finn, kepala tim cheerleader sekolah, dan kepala klub perawan.[9] Agron menjelaskan kalau Quinn adalah musuh Rachel, ia adalah murid yang brengsek dan menyebalkan.[10]

Finn Hudson[sunting | sunting sumber]

Finn Hudson (Cory Monteith) adalah bintang gelandang dari tim futball. Pertama muncul sebagai pacar Quinn, Finn memiliki hubungan "Putus-Nyambung" dengan Rachel Berry. Ayah Finn meninggal di Perang Teluk I.Quinn kemudian menceritakan Finn bahwa dia hamil dan Finn adalah ayah dari bayi Quinn. Finn bermaksud untuk mendukung dirinya, tanpa menyadari sang ayah sebenarnya Puck sahabatnya.[11] Finn menyadari perasaannya yang sebenarnya kepada Rachel, selama pemakaman adik Sue Sylvester. Rachel dan Finn memulai hubungan mereka lalu Finn menciumnya di Nationals

Burt Hummel[sunting | sunting sumber]

Burt Hummel (Mike O'Malley) merupakan ayah dari Kurt dan juga ayah tiri dari Finn. Burt muncul pertama kali pada episode "Preggers".[12] Pada awalnya karakter ini merupakan karakter pendamping, tapi akhirnya O'Malley dipromosikan menjadi karakter utama di musim kedua.[13]

Kurt Hummel[sunting | sunting sumber]

Kurt Hummel (Chris Colfer) adalah seorang penyanyi yang sering diganggu pemain sepak bola. Dia memiliki jangkauan vokal yang tinggi yaitu bisa mencapai nada "F" . Dan diidentifikasikan Fox sebagai penyanyi.[14] Kurt adalah siswa gay di William McKinley High School. Dia pernah berpacaran dengan Dave Karofsky dan Karofsky mengganggu Kurt sehingga dia depresi. Lalu dia dekat dengan mahasiswa gay di Dalton Academy bernama Blaine Anderson, Kurt pindah sekolah menjadi ke Dalton Academy dan bergabung di Paduan Suara Dalton Academy,Warblers. di episode "Original Song" Blaine mulai jatuh cinta dengan Kurt lalu memulai hubungan mereka. Setelah Karofsky minta maaf kepada Kurt, Kurt kembali ke McKinley.

Mercedes Jones[sunting | sunting sumber]

Mercedes Jones (Amber Riley) adalah "diva-dalam-pelatihan-yang tidak mau-bernyanyi-sebagai-cadangan" dengan "bakat untuk fashion".".[15] dan salah satu dari murid berkulit hitam Afrika-Amerika. Di season satu dia naksir Kurt dan tidak menyadari sebenarnya dia gay. Lalu mereka menjadi teman dekat. Ketika Quinn ingin melahirkan Mercedes ikut menemaninya. Di akhir season dua Mercedes dan Sam berpacaran secara rahasia.

Santana Lopez[sunting | sunting sumber]

Santana Lopez (Naya Rivera) adalah anggota cheerio di McKinley yang bergabung di klub glee di episode "Showmance" awalnya hanya untuk menjadi mata-mata pelatih cheerio Sue Sylvester. Hubungan romantis bersama Puck dan Sam diikuti kesadaran bahwa ia jatuh cinta pada sahabatnya Brittany. Takut (Ketahuan) Lesbian, Santana mengajak Dave Karofsky sebagai raja Prom Queen.

Brittany S. Pierce[sunting | sunting sumber]

Brittany S. Pierce (Heather Morris) adalah anggota cheerio di McKinley yang bergabung di klub glee di episode "Showmance" awalnya hanya untuk menjadi mata-mata pelatih cheerio Sue Sylvester. Brittany yang "telmi" mempunyai nama asli Brittany "Susan" Pierce ini kadang lupa untuk mengingat nama tengahnya. Dia awalnya sebagai koreografer untuk mengajar anggota glee Kurt dan Tina dengan berdansa "Single Ladies".

Emma Pillsbury[sunting | sunting sumber]

Jayma Mays memerankan guru bimbingan konseling Emma Pillsbury.

Emma Pillsbury (Jayma Mays) adalah guru bimbingan konseling sekolah yang mempunyai penyakit OCD, sehingga terlalu gila kebersihan. Ia mempunyai perasaan pada Will.Mays menjelaskan kalau karakter "Emma" adalah seseatu yang mengagumkan untuk diperankan. Desainer konstum dari Glee, Lou Eyrich, memilihkan pakaian yang sedikit aneh untuk Emma, untuk merefleksikan "sifatnya yang aneh".[16] Di musim pertama, Emma memacari pelatih futbol Ken Tanaka dalam usahanya mendapatkan Will, bahkan mereka sampai bertunangan di episode Vitamin D". Meski begitu, hubungan mereka hancur karena Emma lebih memilih untuk menggantikan posisi Will di kompetisi Sectionals dibandingkan pernikahannya dengan Ken. Ia memulai pengobatan untuk penyakit obsesif kompulsifnya di episode ke-18 musim kedua, "Born This Way".

Noah Puckerman[sunting | sunting sumber]

Noah "Puck" Puckerman (Mark Salling) adalah teman baik Finn dan teman futbolnya yang pada awalnya menolak ketika Finn bergabung dengan klub glee. Ia lalu menghamili Quinn, tapi Quinn menolak tawaran Puck untuk mengasuh bayi itu bersama. Puck sendiri akhirnya bergabung dengan klub glee di episode keempat musim pertama.[4] Puck juga pernah berpacaran dengan Rachel dan Mercedes.[17][18] Puck sendiri ikut menemani ketika Quinn melahirkan bayinya, yang ia namai Beth.[19] Berikutnya, Puck juga pernah membantu Artie mendapatkan Brittany. Ia sendiri juga merekrut Lauren Zizes untuk masuk ke klub glee. Ia akhirnya pacaran dengan Zizes tapi mereka putus di awal musim ketiga.

Terri Schuester[sunting | sunting sumber]

Terri Schuester (Jessalyn Gilsig) adalah mantan istri Will. Pada awal kemunculannya, Terri percaya kalau dirinya hamil, dan memaksa Will untuk menjadi akuntan.[9] Pada kelanjutannya ia tahu kalau sebenarnya ia tidak hamil, tapi terus menyembunyikannya dari Will, karena takut Will akan meninggalkannya.[20] Pada episode "Mattress," Will akhirnya tahu juga kalau Terri berbohong.[21] Will dan Terri akhirnya bercerai di akhir musim pertama. Terri pernah mencoba untuk menggoda Will ketika ia sakit, pada episode "The Substitute", tapi akhirnya gagal juga. Di pertengahan musim kedua, Terri akhirnya memberitahu Will kalau ia akan dipindahtugaskan ke Miami. Sampai saat ini belum diketahui apakah Terri akan kembali di musim ketiga

Karakter tambahan[sunting | sunting sumber]

Murid-murid McKinley High lainnya[sunting | sunting sumber]

Azimio[sunting | sunting sumber]

Azimio (James Earl) merupakan pemain futbol yang pertama kali muncul pada episode "Mash-Up," Azimio-lah yang membuat Finn merasa tertekan berada di dalam klub glee. Azimio adalah seorang pembully di sekolahnya, bersama dengan temannya yang lain Dave Karofsky. Meski Azimio terlihat sering mengganggu anggota klub glee, tapi ia juga merupakan anggota futbol pertama kali setuju untuk ikut tampil di acara halftime final kejuaraan futbol pada episode "The Sue Sylvester Shuffle". Sekarang ini tampaknya Azimio tidak lagi sering terlihat bersama dengan Karofsky. Ia lebih terlihat untuk menjalankan aksinya sendiri, contohnya dengan mengikuti "klub penghina" yang didirikan oleh Sue pada episode "A Night of Neglect", lalu menjadi staf majalah sekolah yang juga didirikan oleh Sue (majalah ini digunakan memecah belah anggota klub Glee) pada episode "Rumours". Di episode "Born This Way", terlihat bahwa Karofsky menghentikan tindakan Azimio yang sedang membully siswa lain, oleh karena itu sampai saat ini tidak diketahui apakah Azimio dan Karofsky masih berteman.

Jacob Ben Israel[sunting | sunting sumber]

Josh Sussman memerankan Jacob Ben Israel.

Jacob Ben Israel (Josh Sussman) adalah editor koran sekolah. Jacob suka pada Rachel. Rachel sendiri sebenarnya tidak suka pada Jacob, tapi terpaksa berbaik-baik padanya agar mendapatkan komentar yang baik.[22] Jacob ikut pada kejuaraan Sectionals untuk mengisi kuota anggota minimal 12 orang. Hal ini disebabkan karena Finn marah (karena Quinn berbohong tentang kehamilannya) dan Finn pun menolak ikut Sectionals. Meski Jacob akhirnya tidak ikut menyanyi (karena Finn akhirnya mau ikut), ia tetap menemani mereka sampai akhir. Di awal musim kedua Glee, episode "Audition", Jacob membuat tulisan dokumenter mengenai New Directions (hal ini sebenarnya dibuat oleh para produser Glee bagi para media-media yang mengkritisi musim pertama Glee).[23][24]

Sam Evans[sunting | sunting sumber]

Sam Evans (Chord Overstreet) adalah seorang siswa transfer dari sekolah lain yang bergabung dengan klub futbol McKinley High di awal musim kedua, pada episode (Audition). Sam dibujuk oleh Finn agar ikut audisi bergabung dalam New Directions. Sam setuju dan ia menyanyikan lagu "Billionaire" (lagu yang sama digunakan Chord untuk audisi Glee).[25] Di akhir episode itu Sam menolak untuk bergabung karena status sosial klub Glee yang rendah. Di episode keempat (Duets), Sam akhirnya bergabung dengan New Directions. Sam berpasangan dengan Quinn di episode itu atas bujukan Rachel dan Finn. Sam dan Quinn memenangkan kompetisi itu, mereka mendapatkan hadiah makan di Breadstix dan akhirnya mereka berpacaran. Sam dan Quinn putus di episode Comeback karena Quinn berselingkuh dengan Finn.

Pada saat Overstreet mengikuti casting, media berspekulasi bahwa Sam mungkin akan menjadi pasangan bagi Kurt.[25][26] Overstreet akhirnya mengonfirmasikan bahwa ia akan dipasangkan dengan Quinn, karena produser Glee mengetahui chemistry yang baik antara dirinya dengan Dianna Agron.[27]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Wheels". Paris Barclay (director) Ryan Murphy (writer). Glee. Fox. November 11, 2009. No. 9, season 1.
  2. ^ Derschowitz, Jessica (September 27, 2010). "Darren Criss Joins "Glee" Cast". CBSnews.com. Diakses October 4, 2010. 
  3. ^ Starr, Michael (October 19, 2009). "'Glee' song bird". New York Post. Diakses October 22, 2009. 
  4. ^ a b "Preggers". Brad Falchuk (director, writer). Glee. Fox. September 23, 2009. No. 4, season 1.
  5. ^ Lin, Shannon (September 2, 2009). "Harry Shum is full of Glee". Asiance Magazine. Diakses December 18, 2009. 
  6. ^ Steinberg, Jamie (November 2009). "Harry Shum, Jr". Starry Constellation Magazine. Diakses December 18, 2009. 
  7. ^ PopEater Staff (November 10, 2009). "'Glee' Dancer is Waiting For His Close-Up". PopEater. Diakses December 18, 2009. 
  8. ^ Carlson, Meghan (October 11, 2010). "'Glee' Does 'Duets' (Videos): Sparks for Sam and Quinn, Mike Chang's Breakout Moment". BuddyTV. Diakses December 2, 2010. 
  9. ^ a b c "Pilot". Ryan Murphy (director, writer), Brad Falchuk (writer), Ian Brennan (writer). Glee. Fox. September 2, 2009. No. 1, season 1.
  10. ^ "Glee - Dianna Agron". FoxSource. YouTube. May 18, 2009. Diakses June 2, 2009. 
  11. ^ name="Preggers"
  12. ^ Stack, Tim (September 24, 2009). "'Glee' recap: Kurt comes out a winner!". Entertainment Weekly (Time Inc.). Diakses October 25, 2009. 
  13. ^ Ghosh, Korbi (July 13, 2010). "GLEE Exclusive: Mike O’Malley Made Series Regular for Season 2, Plus More Show Intel…". GiveMeMyRemote.com. Diakses July 13, 2010. 
  14. ^ "Chris Colfer as Kurt Hummel". Fox. Diakses October 15, 2010. 
  15. ^ "Amber Riley as Mercedes Jones". Fox Broadcasting Company. Diakses December 6, 2009. [pranala nonaktif]
  16. ^ Ram, Archana (October 16, 2009). "Emma from 'Glee': The most fashionable character on TV right now?". Entertainment Weekly. Diakses October 17, 2009. 
  17. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Mash-Up
  18. ^ "Laryngitis". Alfonso Gomez-Rejon (director), Ryan Murphy (writer). Glee. Fox. May 11, 2010. No. 18, season 1.
  19. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Sectionals
  20. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Showmance
  21. ^ "Mattress". Elodie Keene (director), Ryan Murphy (writer). Glee. Fox. December 2, 2009. No. 12, season 1.
  22. ^ Elkin, Michael (June 11, 2009). "Of 'Glee' I Sing". The Jewish Exponent. Diakses October 29, 2009. 
  23. ^ Wieselman, Jarett (September 22, 2010). "'Glee' kicks off a stellar second set". New York Post. News Corporation. Diakses September 22, 2010. 
  24. ^ Stack, Tim (September 22, 2010). "'Glee' recap: Let's Hear It for New Dorks". Entertainment Weekly. Time Inc. Diakses September 22, 2010. 
  25. ^ a b Berk, Brett (September 21, 2010). "Will Chord Overstreet Go Full Brokeback on Glee?". Vanity Fair. Condé Nast Publications. Diakses September 22, 2010. 
  26. ^ Malkin, Mark (August 31, 2010). "Glee: Gay Kiss for Kurt and New Boyfriend?". E! Online. E!. Diakses September 24, 2010. 
  27. ^ "Audio: Glee's Chord Overstreet Says 'Sam' Went From Gay To Straight". RadarOnline. October 13, 2010. Diakses October 13, 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]