Funeral

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
“Funeral”
Episode Glee
Episode ke Musim 2
Episode 21
Bintang tamu *Jonathan Groff sebagai Jesse St. James
Ditulis oleh Ryan Murphy
Disutradarai oleh Bradley Buecker
Penayangan perdana 17 Mei 2011 (2011-05-17)
Urutan Episode
← Sebelumnya Selanjutnya →
"Prom Queen" "New York"

"Funeral" adalah episode kedua puluh satu musim kedua dari serial drama Amerika Serikat Glee, dan merupakan episode ke-43 secara keseluruhan. Episode ini pertama kali ditayangkan tanggal 17 Mei 2011 di AS di jaringan Fox. Di episode ini, Jonathan Groff kembali muncul sebagai Jesse St. James, yang sekarang membantu New Directions untuk memilih lagu-lagu untuk kompetisi Nationals.[1]

Episode ini disaksikan oleh 8,97 juta orang di AS pada saat penayangan perdananya.[2]

Jalan cerita[sunting | sunting sumber]

Will Schuester (Matthew Morrison) merekrut Jesse St. James (Jonathan Groff) – alumni dari klub glee rival Vocal Adrenaline – sebagai konsultan untuk membantu mereka mengatur strategi agar menang di kometisi Nationals. Jesse membujuk Will untuk menggunakan strategi Vocal Adrenaline, yaitu menentukan siapa penyanyi paling baik di klub itu, lalu ia yang akan menyanyi sepanjang pertunjukan. Will akan mengadakan audisi untuk menyatakan siapa yang akan terpilih. Santana Lopez (Naya Rivera), Rachel Berry (Lea Michele), Mercedes Jones (Amber Riley), dan Kurt Hummel (Chris Colfer) mengikuti audisi itu, Jesse dan Will sebagai juri. Jesse mengkritisi penampilan Santana, Kurt, dan Mercedes, tapi memuji-muji penampilan Rachel. Jesse mengatakan kalau Rachel-lah pemenangnya, menyebabkan Santana, Mercedes, dan Kurt menjadi marah. Akhirnya, Will memutuskan untuk membatalkan pesan Jesse dan kembali ke ide asli mereka untuk menyanyikan lagu itu bersama-sama.

Di episode ini, Sue (Lynch, kiri) berterima kasih pada Will (Morrison, kanan) karena telah menyemangatinya ketika Jean meninggal. Di episode ini, Sue (Lynch, kiri) berterima kasih pada Will (Morrison, kanan) karena telah menyemangatinya ketika Jean meninggal.
Di episode ini, Sue (Lynch, kiri) berterima kasih pada Will (Morrison, kanan) karena telah menyemangatinya ketika Jean meninggal.

Sue Sylvester (Jane Lynch) sedih karena kematian saudaranya, Jean (Robin Trocki). Sue pun berencana menggagalkan klub glee ke New York dengan cara memindahkan rute penerbangan mereka dari New York City ke Tripoli, Libya, juga menendang Becky Jackson (Lauren Potter) keluar dari Cheerios. Sue memperbolehkan Finn Hudson (Cory Monteith) dan Kurt untuk membantu dalam acara pemakaman Jean; ia juga bertanya pada klub glee apa mereka bisa tampil di pemakaman itu, karena ia percaya tidak ada seorang pun yang bakal ada disitu. Ketika sedang merapikan barang milik Jean, Finn dan Kurt menemukan kalau film kesukaan Jean adalah Willy Wonka & the Chocolate Factory, dan mereka berencana untuk menyanyikan lagu dari film itu. Di acara pemakaman, Sue sangat emosional sehingga tidak dapat melanjutkan untuk membacakan euloginya. Will membacakan sisanya untuk Sue. Setelah itu, klub menyanyikan "Pure Imagination", sebuah lagu dari film itu. Tersentuh oleh semangat dari Will, Sue berkata kalau Will adalah teman yang baik. Sue lalu berkata ia tidak akan mengganggu klub glee lagi karena ia akan maju sebagai sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat. Sue juga minta maaf pada Becky, mengembalikan posisinya ke Cheerios, dan menjadikan Becky sebagai kapten tim. Mereka pun berpelukan.

Finn akhirnya menyadari perasaannya yang sebenarnya selagi pemakaman, dan ia pun memutuskan hubungannya dengan Quinn Fabray (Dianna Agron). Nantinya Finn juga berterima kasih banyak pada Quinn karena ia tidak keluar dari klub glee karena putusnya mereka. Quinn juga berkata kalau ia keluar maka akan merusak rencana besarnya di New York. Sebelumnya, Finn berniat untuk menyatakan cintanya pada Rachel, tapi gagal karena ia melihat Jesse dan Rachel berciuman di atas panggung. Mantan istri Will, Terri (Jessalyn Gilsig), memberikan Will dan seluruh anggota klub tiket pesawat kelas eksekutif gratis American Airlines ke New York. Terri berkata kalau ia akan ke Miami karena dipindahkan tugas, dan mereka mengucapkan sampai jumpa.

Musik[sunting | sunting sumber]

Episode ini menampilkan beberapa penampilan lagu diantaranya:

Referensi[sunting | sunting sumber]