The Purple Piano Project

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
“The Purple Piano Project”
Episode Glee
Episode ke Musim 3
Episode 1
Bintang tamu *Iqbal Theba sebagai Principal Figgins
Ditulis oleh Brad Falchuk
Disutradarai oleh Eric Stoltz
Penayangan perdana 20 September 2011 (2011-09-20)
Urutan Episode
← Sebelumnya Selanjutnya →
"New York" "I Am Unicorn"

"The Purple Piano Project" adalah episode pertama musim ketiga dari serial drama musikal Amerika Serikat Glee, dan merupakan episode ke-45 secara keseluruhan. Cerita episode ini ditulis oleh ko-kreator Brad Falchuk dan disutradarai oleh Eric Stoltz. Episode ini pertama kali ditayangkan di Amerika Serikat tanggal 20 September 2011 di jaringan Fox. Episode ini bercerita tentang tahun ajaran baru di McKinley High dan klub glee-nya New Directions. Beberapa anggota klub meninggalkan klub ini sehingga diperlukan rekrutmen baru untuk menambah jumlah anggota. Blaine Anderson (Darren Criss), pacar Kurt Hummel (Chris Colfer), telah transfer dari Dalton Academy ke McKinley High, dan Mercedes Jones mendapatkan pacar baru. Sue Sylvester berjuang agar mendapatkan tempat di kongres.

Episode ini menerima kritikan beragam tapi cenderung positif. Catatan baik dari episode ini adalah ceritanya kembali fokus ke anggota-anggota inti klub glee. Alur cerita dari Kurt dan Rachel Berry (Lea Michele), serta pengenalan karakter Harmony (Lindsay Pearce), juga menuai pujian dari para kritikus. Penampilan lagu yang dibawakan umumnya diterima dengan baik, serta lagu campuran "Anything Goes" / "Anything You Can Do" yang dibawakan oleh Pearce juga mendapatkan pujian. Episode ini ditonton oleh 9,21 juta orang di awal penayangannya di Amerika, turun dibandingkan episode sebelumnya "New York" yang ditonton 11,7 juta orang.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Tahun ajaran baru di McKinley High. Pembimbing klub glee New Directions Will Schuester (Matthew Morrison) dan Emma Pillsbury (Jayma Mays) sekarang tinggal satu apartemen. Sue Sylvester (Jane Lynch) berjuang agar ia bisa menjadi anggota kongres tapi hasil polling dirinya sangat buruk. Mike Chang (Harry Shum, Jr.) sekarang adalah murid senior, tapi pacarnya Tina Cohen-Chang (Jenna Ushkowitz) serta Artie Abrams (Kevin McHale) adalah junior. Finn Hudson (Cory Monteith), juga murid senior, bingung memikirkan masa depannya. Mercedes Jones (Amber Riley) mempunyai pacar baru, Shane (LaMarcus Tinker) karena pacar lamanya Sam Evans (Chord Overstreet) pindah negara bagian. Tiga anggota New Directions meninggalkan klub ini: Sam, Lauren Zizes (Ashley Fink), yang putus dengan Puck (Mark Salling), juga Quinn Fabray (Dianna Agron), yang sekarang mengubah dirinya secara total dengan mengecat rambutnya menjadi warna merah muda, cincin hidung, merokok, dan berteman dengan anak-anak terasing yang disebut Skanks. Quinn menolak untuk kembali menjadi anggota Cheerios maupun New Directions.

Untuk merekrut murid baru, Will meletakkan beberapa piano ungu di sekitar sekolah dan menyuruh anggota klub untuk bernyanyi sehingga banyak murid yang tertarik. Ketika Tina dan Mike mencoba hal ini di salah satu koridor sekolah, Sue malah menganggu mereka dengan menggunting senar piano itu. Anehnya, tindakan ini dipuji oleh seorang guru yang benci seni (Barbara Tarbuck), dan berjanji akan memilik Sue. Sue pun terinspirasi dan mengumumkan bahwa jika ia terpilih, ia akan memotong semua anggaran seni di sekolah. Sue juga menyuruh Santana Lopez (Naya Rivera) dan Becky Jackson (Lauren Potter) untuk menyabotase klub glee. Sewaktu New Directions selesai menyanyikan "We Got the Beat" di cafeteria, Becky memulai perang makanan yang ditargetkan ke anggota New Directions. Saat makan siang, Sugar Motta (Vanessa Lengies) ikut audisi ingin bergabung dengan New Directions. Tapi suara Sugar sangat buruk sehingga Will menolaknya. New Directions mendapatkan tambahan anggota ketika Kurt Hummel (Chris Colfer) berhasil membujuk pacarnya Blaine Anderson (Darren Criss) untuk pindah dari Dalton Academy.

Kurt dan Rachel bertemu Emma untuk menjelaskan rencana mereka untuk melanjutkan sekolah di New York City. Emma menyarankan agar mereka berdua mencoba mendaftar di sekolah drama seni terbaik disana. Kurt dan Rachel kemudian berlatih lagu "Ding-Dong! The Witch Is Dead", sambil berharap agar calon murid lain terpukau dengan penampilan mereka. Sewaktu mereka mendaftar, mereka malah terintimidasi oleh penampilan lagu "Anything Goes"/"Anything You Can Do" yang dipimpin oleh Harmony (Lindsay Pearce). Meskipun mereka merasa terpukul, tapi mereka tetap berjanji untuk terus berusaha.

Blaine menyanyikan "It's Not Unusual" di halaman sekolah, serta anggota Cheerios lainnya beserta Santana bergabung sebagai penari latar. Ketika lagunya hampir selesai, para anggota Cheerios mengitari salah satu piano ungu sambil menuangkan cairan korek api disitu. Ketika lagunya tepat selesai, Quinn melemparkan puntung rokoknya ke piano itu hingga terbakar. Will kemudian berkata pada Santana bahwa karena kelakuannya menyabotase klub glee maka ia diblokir dari keanggotaan New Directions. Rachel kemudian mencoba menenangkan suasana dengan menyanyikan bagian pembuka dari lagu "You Can't Stop the Beat", dan kemudian mereka semua menampilkan lagu itu bersama di auditorium. Quinn melihat penampilan itu secara diam-diam dari atas.

Penampilan lagu[sunting | sunting sumber]

Episode ini juga menampilkan beberapa lagu diantaranya: