Public Broadcasting Service

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari PBS)
Langsung ke: navigasi, cari
Public Broadcasting Service (PBS)
PBS logo
Jenis Jaringan televisi
Negara Bendera Amerika Serikat Amerika Serikat
Ketersediaan Bendera Amerika Serikat Amerika Serikat dan sebagian Bendera Kanada Kanada
Didirikan 1969
Slogan Be More
Tanggal peluncuran 5 Oktober 1970
Nama terdahulu National Educational Television (1970)
Situs Resmi www.pbs.org

Public Broadcasting Service (PBS) adalah jaringan televisi penyiaran publik yang beranggotakan 345 stasiun televisi di 50 negara bagian Amerika Serikat, Puerto Riko, Kepulauan Virgin, Guam, dan Samoa Amerika.[1] Sebagian di antara stasiun televisi tersebut dapat disaksikan pemirsa televisi lokal dan televisi kabel di Kanada. Walaupun, istilah broadcasting (penyiaran) juga meliputi penyiaran radio, PBS hanya menangani siaran televisi. Siaran radio penyiaran publik ditangani National Public Radio dan penyedia materi siaran seperti American Public Media dan Public Radio International.

PBS didirikan tahun 1969 untuk mengambil alih fungsi dari lembaga pendahulunya, National Educational Television (NET) yang merger dengan WNDT (Newark, New Jersey) menjadi WNET. PBS mulai mengudara hari Senin, 5 Oktober 1970. Pada tahun 1973, PBS merger dengan Educational Television Stations (divisi dari National Association of Educational Broadcasters).

PBS adalah perseroan terbatas nirlaba yang dimiliki secara kolektif oleh stasiun televisi anggota.[2] Walaupun demikian, sebagian besar kegiatan PBS dibiayai Corporation for Public Broadcasting, sebuah lembaga terpisah yang didanai pemerintah federal Amerika Serikat. Kantor pusat PBS berada di Arlington, Virginia.

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Tidak seperti halnya stasiun televisi lokal dalam jaringan televisi ABC, CBS, FOX, NBC, The CW, dan MyNetworkTV yang menayangkan acara bersama milik jaringan selain acara lokal, stasiun televisi yang menjadi anggota PBS harus membayar sejumlah biaya untuk acara yang didapat dan didistribusikan secara nasional. Hubungan seperti ini menyebabkan stasiun televisi anggota PBS memiliki lebih banyak kelonggaran dalam menayangkan acara lokal dibandingkan stasiun televisi swasta lain. Selain itu, acara berseri yang didistribusikan PBS bisa memiliki jadwal yang berbeda-beda menurut wilayahnya di AS.

Tidak seperti halnya, National Public Radio, PBS tidak memiliki bagian rumah produksi yang tersentralisasi atau bagian berita. Acara yang diproduksi PBS, mulai dari berita, dokumenter, atau hiburan, semuanya diproduksi stasiun televisi anggota. Stasiun televisi WGBH di Boston adalah salah satu produsen terbesar program pendidikan bagi PBS. Program berita diproduksi WETA-TV di Washington, D.C., WNET di New York, dan WPBT di Miami. Acara bincang-bincang Charlie Rose, Secrets of the Dead, NOW, Nature, Cyberchase, dan The NewsHour with Jim Lehrer berasal dari WNET di New York.

Stasiun televisi anggota PBS umumnya dikelola organisasi nirlaba, badan yang didirikan negara bagian, pemerintah lokal (misalnya dewan pendidikan kota), serta perguruan tinggi. Di beberapa negara bagian, stasiun televisi anggota PBS di satu negara bagian membentuk satu "subjaringan" regional (misalnya, Alabama Public Television). Tidak seperti CBC/SRC di Kanada, PBS tidak memiliki sendiri stasiun-stasiun televisi yang menayangkan program dari PBS.

Acara[sunting | sunting sumber]

Acara petang dan malam hari PBS:

Sebagai PBS Kids, PBS memiliki sejumlah acara anak-anak:

PBS Kids juga mengimpor sejumlah acara anak-anak dari Inggris (misalnya, Tots TV, Teletubbies, Boohbah, dan Thomas the Tank Engine)). Selain itu, PBS Kids juga mengimpor acara dari Kanada, misalnya The Big Comfy Couch, Theodore Tugboat, Wimzie's House, dan Zoboomafoo. Film seri anak yang diimpor pertama kali dari Australia adalah Raggs, dan mulai ditayangkan 4 Juni 2007. Sejumlah acara PBS juga ditayangkan televisi komersial, misalnya Ghostwriter dan The Magic School Bus.

Selain dari PBS, stasiun televisi yang menjadi anggota PBS juga menayangkan acara yang diterima dari beberapa distributor program yang lain. American Public Television yang berpusat di Boston (dulunya bernama Eastern Educational Network dan American Program Service) menempati urutan nomor dua setelah PBS sebagai distributor program untuk stasiun televisi nonkomersial di AS. Selain itu, masih ada distributor program seperti NETA (dulunya disebut SECA) yang memiliki acara seperti The Shapies dan Jerry Yarnell School of Fine Art. Stasiun televisi lokal anggota PBS juga membuat acara sendiri, dan beberapa di antaranya didistribusikan secara nasional melalui PBS atau sindikasi televisi yang lain.

Daftar stasiun televisi yang memproduksi acara yang didistribusikan PBS.

Jaringan PBS[sunting | sunting sumber]

Nama Keterangan
PBS YOU Berakhir Januari 2006
PBS KIDS Dimulai 1 Oktober 1993
PBS KIDS Sprout Dimulai 26 September 2005
PBS World Dimulai tahun 2006; peluncuran secara nasional: 15 Agustus 2007
PBS-DT2 Program dalam HDTV untuk stasiun televisi anggota
PBS-X Jaringan 24 jam yang menayangkan berbagai jenis acara yang diseleksi dari jaringan reguler PBS
PBS-XD Siaran satelit, direncanakan untuk berhenti mengudara sejak 31 Januari 2008

Logo PBS[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "About PBS Corporate Facts". PBS. Diakses 14 Desember.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  2. ^ "About PBS". Diakses 14 Desember.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

  • B. J. Bullert, Public Television: Politics and the Battle over Documentary Film, Rutgers Univ Press 1997
  • Barry Dornfeld, Producing Public Television, Producing Public Culture, Princeton University Press 1998
  • Ralph Engelman, Public Radio and Television in America: A Political History, Sage Publications 1996
  • James Ledbetter, Made Possible by: The Death of Public Broadcasting in the United States, Verso 1998

Pranala luar[sunting | sunting sumber]