Puerto Riko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Estado Libre Asociado de Puerto Rico
Commonwealth of Puerto Rico
MottoJoannes Est Nomen Eius
(Latin: "Namanya John")
Lagu kebangsaanLa Borinqueña
Ibu kota
(dan kota terbesar)
San Juan
Bahasa resmi Spanyol, Inggris
Pemerintahan Persemakmuran
 -  Gubernur Luis G. Fortuño
Kemerdekaan
Luas
 -  Total 9,104 km2 (-)
 -  Perairan (%) 1,6%
Penduduk
 -  Perkiraan 2006 3.937.316 (-)
 -  Sensus -
 -  Kepadatan 430/km2 (-)
PDB (KKB) Perkiraan 2005
 -  Total US$68,95 miliar (-)
 -  Per kapita US$17.700 (-)
Mata uang Dolar AS (USD)
Zona waktu (UTC-4)
 -  Musim panas (DST)  (UTC-4)
Ranah Internet .pr
Kode telepon 787 dan +939

Persemakmuran Puerto Riko adalah sebuah persemakmuran dengan wilayah terorganisasi di bawah naungan Amerika Serikat. Puerto Riko terletak di sebelah timur Republik Dominika di Karibia bagian timur laut. Puerto Riko dibagi menjadi 78 munisipalitas.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum kedatangan Colombus, Puerto Rico didiami oleh suku Taino di awal abad ke 7 masehi. Suku para penjelajah laut ini berkerabat dekat dengan suku Arawak di Amerika Selatan. Ketika Christopher Columbus tiba disana tahun 1493 diperkirakan ada sekitar 50 ribu orang suku Taino disana. Colombus yang kemudian memberinya nama Pulau San Juan Bautista sebagai bentuk penghormatan kepada St. John the Babtist.

Pemukiman Spanyol pertama dibangun di Cappara pada tanggal 8 Agustus 1508 menyusul beberapa tahun kemudian Spanyol mencaplok keseluruhan pulau. Perkembangan kota turut diwarnai dengan kedatangan para budak afrika dan diikuti dengan semakin ramainya para pedagang. Hingga ke pertengahan abad ke 17 Spanyol berhasil mempertahankan Puerto Rico dari upaya pencaplokan oleh Belanda, Inggris dan prancis.

Gerakan kemerdekaan sempat mencuat di Puerto Rico pada tahun 1868 namun kemudian menghilang seiring dengan dibentuknya pemerintahan Spanyol di Puerto Rico dan menjadikannya sebagai propinsi seberang lautan dan di kepalai oleh seorang gubernur.

Dicaplok Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Mendekati penghujung abad ke 19, dalam upaya memperkuat kendalinya terhadap kekuatan maritim di Karibia, pemerintah Amerika Serikat menawarkan dana 160 juta dolar kepada Spanyol untuk membeli Puerto Rico dan Cuba. Tawaran yang langsung ditolak mentah mentah oleh Spanyol.

Tahun 1898 pemerintah Amerika Serikat menyatakan perang terhadap Spanyol dipicu oleh pertikaian berkepanjangan di Cuba serta tragedi tenggelamnya kapal perang Amerika di lepas pantai Havana. Dan pada tanggal 25 Juli 1898 selama perang antara kedua negara, Amerika berhasil menginvasi Puerto Rico dan berujung kepada kekalahan perang Spanyol dan berakibat pada penyerahan kekuasaan Spanyol atas Puerto Rico, Cuba, Pilipina dan Guam kepada Amerika Serikat sebagaimana diatur dalam pernjanjian Paris. Sejak itu hingga awal abad ke 20 Puerto Rico berada dibawah kekuasaan militer Amerika, seorang gubernur ditunjuk untuk mengepalai pulau ini langsung oleh presiden. Pemerintahan setempat juga diberikan kekuasaan untuk mengontrol Puerto Rico namun pemerintah pusat Amerika tetap memiliki kewenangan hak Veto.

Sejak tahun 1917 warga Puerto Rico mendapatkan hak sebagai warga negara Amerika secara kolektif dan dengan sendirinya beberapa ribu warga pulau ini ditarik ke dalam dinas ketentaraan Amerika semasa perang dunia pertama.

Meski warga Puerto Rico merupakan warga negara Amerika mereka tidak dapat ikut serta dalam pemilihan presiden karena kongres amerika masih mempersyaratkan berbagai aspek bagi Puerto Rico untuk hal tersebut, sebuah perdebatan yang masih terus berlanjut hingga hari ini.

Fauna[sunting | sunting sumber]

Spesies endemik di kepulauan ini ada 239 tumbuhan, 16 burung, dan 39 amfibi/reptil yang telah diketahui sampai tahun 1998. Kebanyakan dari spesies itu (234, 12, dan 33 secara berurutan) ada di pulau utama.[1] Spesies endemik yang paling dikenal dan menjadi simbol kebanggaan orang Puerto Riko adalah Coquí, katak kecil yang mudah diidentifikasi dari suaranya, yang juga menjadi asal dari namanya. Kebanyakan spesies coquí (13 dari 17) ada di Hutan Nasional El Yunque, sebuah hutan tropis di bagian timur laut pulau yang sebelumnya dikenal sebagai Hutan Nasional Karibia. El Yunque menjadi tempat tinggal dari lebih dari 240 tumbuhan, 26 diantaranya endemik di pulau itu. Hutan itu juga menjadi tempat tinggal 50 spesies burung, termasuk salah satu dari 10 burung paling mendekati kepunahan di dunia, yaitu Amazon Puerto Riko. Di sebelah tenggara pulau, dataran seluas 10.000 acre (40 km2), Hutan Kering Guánica berisi 600 spesies tumbuhan dan binatang langka, termasuk 48 spesies hampir punah dan 16 yang endemik di Puerto Riko.


Tokoh[sunting | sunting sumber]

Referensi dan pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]