Indiana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Indiana
Flag of Indiana.svg Indiana state seal.png
Bendera Indiana Lambang Indiana
Nama julukan negara bagian ini: "The Hoosier State"
Map of USA IN.svg
Negara Bagian Lainnya
Ibukota Indianapolis
Kota Terbesar Indianapolis
Gubernur Mitch Daniels
Wilayah
 - Total
 - % air
Urutan ke 38
94.321 km^2
1,51%
Penduduk


 - Total (2000)


 - Kepadatan
Urutan ke-14


6,080,485


64/km^2
Masuk ke Uni


 - Urutan ke


 - Tanggal
 


19


11 Desember 1816
Zona Waktu Eastern: UTC-5
Central: UTC-6/-5
(daerah ujung barat laut dan barat daya)

Garis Lintang
Garis Bujur

37°47' LU hingga 41°46' LU
84°49' BB hingga 88°4' BB

Lebar
Panjang
Titik-titik
 -Tertinggi
 -Rata-rata
 -Terendah

225 km
435 km
 
383 meter
210 meter
98 meter

ISO 3166-2: US-IN

Indiana, yang berarti "Negeri bangsa Indian," adalah sebuah negara bagian yang terletak di Danau Besar di Barat Tengah Amerika Serikat. Penduduk Indiana disebut Hoosier. Di Amerika Serikat, Indiana menduduki tempat ke-15 dari segi jumlah penduduk, yaitu hampir 6,3 juta orang,[1] and 38th,[2] yang membuat Indiana menduduki tempat ke-17 dari segi kepadatan penduduk.[3] Kira-kira setengah (49,48%) dari penduduk Indiana tinggal di daerah metropolitan Indianapolis, Gary-Hammond (suburban Chicago), Fort Wayne, atau Evansville.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Indiana berbatasan di sebelah utara dengan Danau Michigan dan negara bagian Michigan; di sebelah timur dengan Ohio; di selatan dengan Kentucky, dam bersama-sama memiliki Sungai Ohio sebagai perbatasannya; dan di sebelah barat dengan Illinois.

Sungai Wabash yang panjangnya 764 km membagi dua negara bagian ini dari timur laut ke barat daya dan memberikan dua lagu tema kepada Indiana, yaitu lagu negara On the Banks of the Wabash serta The Wabash Cannonball. Sungai Putih (White River) (yang merupakan cabang dari Sungai Wabash, yang pada gilirannya merupakan cabang dari Sungai Ohio) berlika-liku melalui Indiana tengah. Indianapolis dan Muncie adalah kota-kota besar di sungai-sungai ini. Evansville, kota ketiga terbesar di Indiana, terletak di Sungai Ohio, yang membentuk perbatasasn Indiana-Kentucky.

Sebagian besar wilayah Indiana utara dan tengah adalah tanah pertanian yang datar yang bertaburan kota-kota kecil dan pusat kota, seperti misalnya North Manchester.

Indiana Barat Laut[sunting | sunting sumber]

Sudut barat laut negara bagian ini adalah bagian dari wilayah metropolitan raya Chicago dan karenanya lebih padat penduduknya yang jumlahnya hamper satu juta orang Gary, dan kota-kota dan kota-kota kecil (town) lainnya yang merupakan bagian utara dari Kecamatan Lake, Porter, dan La Porte yang berbatasan dengan Danau Michigan, praktis merupakan daerah-daerah pinggiran kota yang dihuni oleh para pelaju Chicago. Kota-kota ini semuanya terletak di Zona Waktu Central bersama-sama dengan Chicago dan dilayani oleh jalur kereta api ulang alik South Shore Electric.

South Bend / Indiana Tengah Utara[sunting | sunting sumber]

South Bend, Mishawaka, Elkhart dan Goshen, di Indiana tengah utara, membentuk wilayah yang dikenal sebagai Michiana. Kota-kota ini, meskipun dikategorikan oleh Biro Sensus AS dalam dua wilayah metropolitian, selama 10 tahun terakhir telah menjadi satu wilayah metropolitan, yang mencakup Kabupaten St. Joseph dan Elkhart.

Sungai Kankakee, yang berbelok-belok sepanjang bagian utara Indiana, merupakan garis perbatasan antara bagian ini yang bersifat pedesaan dengan Indiana barat laut yang suburban.

Indiana Tengah[sunting | sunting sumber]

Ibu kotanya, Indianapolis, terletak di bagian tengah negara bagian ini. Kota-kota lain yang berada di dekatnya termasuk Columbus yang bersejarah, yang terkenal karena warisan arsitektur modernnya.

Indiana Selatan[sunting | sunting sumber]

Indiana Selatan adalah campuran antara tanah pertanian dan hutan. Hutan Nasional Hoosier yang luasnya 80.900 ha. adalah sebuah daerah pelestarian alam di Indiana tengah selatan. Topografi Indiana Selatan lebih beraneka ragam dan umumnya memiliki lebih banyak bukit dan variasi geografis daripada bagian utaranya, seperti misalnya "Knobs," serangkaian bukit yang tingginya 1.000 kaki (l.k. 330 m.) yang sejajar dengan Sungai Ohio di Indiana tengah-selatan. Geologi batu kapur di Indiana Selatan telah menciptakan berbagai gua dan salah satu daerah tambang batu kapur terbesar di AS.

Wilayah-wilayah yang berada di bawah kontrol dan perlindungan Dinas Taman Nasional mencakup:

Lihat pula Daftar kabupaten Indiana dan etimologinya; Daftar kota kecamatan di Indiana

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Wilayah Indiana telah dihuni sejak sebelum berkembangnya budaya Hopewell (l.k. 100400 M). Ini adalah bagian dari budaya Mississippi dari sekitar tahun 1000 hingga 1400). Suku-suku Indian yang menghuni wilayah ini pada saat itu terutama sekali adalah suku Miami dan suku Shawnee. Wilayahnya diklaim untuk New France pada abad ke-17, diserahkan kepada Kerajaan Britania Raya sebagai bagian dari permufakatan pada akhir Perang Perancis dan Indian, diberikan kepada Amerika Serikat sesudah Revolusi Amerika, dan segera sesudah itu menjadi bagian dari Teritori Timur Laut, kemudian Teritori Indiana, dan bergabung dengan Uni pada 1816 sebagai negara bagian yang ke-19. Lihat Perang Indian Timur Laut.

Lambang negara bagian[sunting | sunting sumber]

Hoosier terkenal[sunting | sunting sumber]

Indiana adalah tempat kelahiran banyak astronot, termasuk mereka yang terkenal antara lain "Gus" Grissom, Frank Borman dan David Wolf. Di sini juga dilahirkan banyak artis dunia hiburan dan olahragawan:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Indiana quickfacts
  2. ^ States ranked by size
  3. ^ States ranked by population density
  4. ^ Indiana Emblems - State Poem: About Indiana, Indiana State government website. Diakses 24 September 2006.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]