Atol Midway

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gambar satelit Atol Midway

Atol Midway (bahasa Inggris: Midway Atoll) adalah sebuah atol yang terletak di Samudra Pasifik bagian utara (dekat ujung barat laut Kepulauan Hawaii), sekitar sepertiga jarak perjalanan antara Honolulu dan Tokyo. Batas penanggalan internasional terletak di sebelah barat. Atol berpenduduk 40 jiwa (2004, tidak ada penduduk pribumi) ini terdiri dari karang penghalang berbentuk cincin dan beberapa pulau kecil berpasir. Dua daratan utama, Pulau Sand dan Pulau Eastern, merupakan habitat bagi ratusan ribuan burung laut.

Sebagai bagian dari Kepulauan Terluar Kecil, Atol Midway termasuk dalam wilayah yang tidak tergabung (unincorporated territory) yang dikelola oleh Dinas Perikanan dan Margasatwa, di bawah otoritas Departemen Dalam Negeri Amerika Serikat. Atol ini ditetapkan sebagai Tempat Perlindungan Nasional (National Wildlife Refuge) pada 22 April 1988.

Atol Midway lebih dikenal sebagai lokasi Pertempuran Midway yang berlangsung semasa Perang Dunia II pada 4 Juni 1942. Angkatan Laut AS berhasil menghalau serangan pasukan Jepang. Insiden ini menjadi titik balik peperangan di kawasan Pasifik.

Prasarana transportasi di Atol Midway berupa 32 km jalan, 7,8 km pipa saluran, sebuah pelabuhan (di Pulau Sand, tertutup untuk umum), dan dua landasan pacu beraspal.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]