Vermont

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Vermont
Flag of Vermont.svg Vermont state seal.png
Bendera Vermont Lambang Vermont

Nama julukan negara bagian ini: Green Mountain State

Map of USA VT.svg
Negara Bagian Lainnya
Ibu kota Montpelier
Kota Terbesar Burlington
Gubernur Peter Shumlin
Wilayah
 - Total
 - Tanah
 - Air
 - % air

Urutan ke 45
24,923 km2
23,974 km2
949 km2
3.8%

Penduduk


 - Total (2000)


 - Kepadatan

Urutan ke 49
608,827


24.4/km2
Masuk ke Uni


 - Urutan ke


 - Tanggal

14

4 Maret, 1791
Zona Waktu

Eastern: UTC-5/-4

Latituda
Longituda

42°44'N to 45°0'43"N
71°28'W to 73°26'W

Lebar
Panjang
Titik-titik
  -Tertinggi
  -Rata-rata
  -Terrendah

130 km
260 km
 
1,339 meter
305 meter
29 meter

ISO 3166-2: US-VT

Vermont adalah sebuah negara bagian Amerika Serikat yang berada di kawasan New England di Amerika Serikat Timur Laut. Negara bagian ini menempati urutan ke-45 dalam daftar negara bagian terluas di AS dengan total luas wilayah 24,902 km², sekaligus urutan ke-43 dalam daftar negara bagian dengan wilayah daratan terluas. Penduduk Vermont hanya berjumlah 608.827 jiwa, dan menempati urutan kedua (setelah Wyoming) sebagai negara bagian dengan penduduk paling sedikit di AS. Sebagai satu-satunya negara bagian di kawasan New England yang tidak memiliki garis pantai dengan Samudra Atlantik, di sebelah barat Vermont terdapat Pegunungan Green (Green Mountains), dan Danau Champlain di sebelah barat laut. Di sebelah selatan, Vermont berbatasan dengan negara bagian Massachusetts, di sebelah timur dengan New Hampshire, di sebelah barat dengan New York, dan Provinsi Quebec di sebelah utara.

Di zaman dulu, Vermont merupakan tempat kediaman Penduduk asli Amerika Serikat dari suku Abenaki dan Iroquois. Wilayah yang sekarang menjadi negara bagian Vermont dulunya diklaim Perancis, tetapi menjadi milik Inggris setelah Perancis kalah dalam Perang Indian-Perancis. Selama bertahun-tahun, penguasaan atas wilayah ini menjadi rebutan antarkoloni yang bertetangga, terutama antara New Hampshire dan Provinsi New York. Kelompok milisi Green Mountain Boys menentang para pemukim yang mendapat hak tanah dari pemerintah koloni yang bertetangga hingga akhirnya menjadi negara yang merdeka. Vermont menjadi negara bagian ke-14 yang bergabung dengan Amerika Serikat setelah merdeka selama 14 tahun dengan nama Republik Vermont selama dan sesudah Perang Revolusi Amerika.

Vermont merupakan penghasil utama sirup mapel di Amerika Serikat.[1] Ibu kota negara bagian adalah Montpelier, sedangkan kota terbesar adalah Burlington.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Vermont terletak di bagian timur Amerika Serikat di kawasan New England. Luas wilayah 24,902 km² (negara bagian terluas ke-45): luas daratan 23.955 km² (terluas ke-43) dan luas perairan 948 km² (terluas ke-47). Sebagai perbandingan, Vermont kira-kira sama luasnya dengan El Salvador, tapi lebih kecil dari Haiti.

Peta negara bagian Vermont berikut kota-kota, jalan raya, dan sungai

Tepi sebelah barat Sungai Connecticut merupakan batas timur negara bagian Vermont dengan New Hampshire (sungainya sendiri adalah bagian dari New Hampshire). Danau Champlain yang merupakan danau terbesar di Vermont adalah danau air tawar terbesar nomor enam di Amerika Serikat, sekaligus menjadi batas negara bagian Vermont dengan New York di bagian barat laut. Jarak negara bagian Vermont dari utara ke selatan adalah 256 km, Jarak dari timur ke barat yang terlebar adalah 143 km hingga perbatasan Kanada, sedangkan jarak terpendek dari timur ke barat adalah sepanjang 60 km hingga perbatasan dengan Massachusetts. Tepat di tengah-tengah negara bagian Vermont terdapat kota Washington yang letaknya 5 km di sebelah timur Roxbury.

Vermont terdiri enam kawasan fisiografi: Dataran tinggi Timur Laut, Pegunungan Green, Pegunungan Taconic, Dataran rendah Champlain, Lembah Vermont, dan Vermont Piedmont.[2]

Asal-usul nama Pegunungan Green (Green Mountains, atau bahasa Perancis: Verts monts) tidaklah begitu jelas. Sebagian pihak yang berwenang mengatakan bahwa pegunungan tersebut diberi nama Pegunungan Green karena memang lebih banyak hutannya daripada Pegunungan Putih (White Mountains) di New Hampshire atau Adirondacks di New York. Sementara itu, sebagian pihak yang berwenang mengatakan bahwa pegunungan tersebut diberi nama Pegunungan Green karena di sana terdapat sejenis batu mineral berwarna hijau. Di sebelah barat daya negara bagian Vermont terdapat Pegunungan Taconic, sedangkan Lembah Champlain yang subur terdapat di barat laut Danau Champlain. Di sebelah selatan lembah terdapat Danau Bomoseen.

Di sejumlah gunung terdapat hutan penghasil kayu, misalnya Gunung Mansfield yang merupakan gunung tertinggi di Vermont, dan kawasan Killington. Sekitar 77% dari negara bagian Vermont ditutupi hutan, sedangkan selebihnya merupakan daerah padang rumput, dataran tinggi, dan lahan basah.

Kawasan hutan dikelola Dinas Taman Nasional Amerika Serikat yang di antaranya mencakup Jalur Pemandangan Appalachian dan Taman Bersejarah Nasional Marsh-Billings-Rockefeller di Woodstock.

Kota-kota[sunting | sunting sumber]

Kota-kota terbesar di Vermont dan perkiraan jumlah penduduk (tahun 2003):

Kota-kota kecil[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "US Department of Agriculture - Economic Research Service". 'Table 44--U.S. maple syrup production and value, by state, calendar years. Diakses 5 Januari.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  2. ^ "Academics Content Server at Saint Michael's". The Physiographic Regions of Vermont. Diakses 3 Januari.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)