New Jersey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Negara Bagian New Jersey
Bendera New Jersey Lambang New Jersey
Bendera Lambang
Julukan: Garden State[1]
Motto: Liberty and prosperity
Peta Amerika Serikat, dengan New Jersey ditandai
Bahasa resmi None
Ibu kota Trenton
Kota terbesar Newark
Area  Peringkat ke-47
 - Total 22,608 km²
 - Lebar 110 km
 - Panjang 240 km
 - % perairan 14.9
 - Lintang 38° 56′ N to 41° 21′ N
 - Bujur 73° 54′ W to 75° 34′ W
Penduduk  Peringkat 11th
 - Total (2000) 8,707,739 (2009 est.).)[2]
8,414,350 (2000)
 - Kepadatan 438 jiwa/km²
Peringkat ke-1 di Amerika Serikat
 - Median income  $70,378 (ke-2)
Ketinggian  
 - Titik tertinggi High Point[3]
550 m
 - Rata-rata 75.2 m
 - Titik terendah Atlantic Ocean[3]
0 m
Masuk ke Uni  18 Desember 1787 (ke-3)
Gubernur Chris Christie (R)
Senator Frank Lautenberg (D)
Bob Menendez (D)
Utusan Kongres Daftar
Zona waktu Timur: UTC-5/-4
Singkatan NJ N.J. US-NJ
Situs resmi www.nj.gov

New Jersey, adalah sebuah negara bagian yang terletak di wilayah Atlantik Tengah dan timur laut Amerika Serikat. Namanya diambil dari nama pulau Jersey di Selat Inggris. Negara bagian ini berbatasan di sebelah utara dengan New York, di sebelah timur dengan Samudera Atlantik, di barat daya dengan Delaware, dan di barat dengan Pennsylvania. Bagian-bagian dari New Jersey terletak di dalam wilayah metropolitan New York dan Philadelphia.

New Jersey dihuni oleh orang-orang Indian selama lebih dari 2.800 tahun. Pemukiman Eropa pertama di wilayah ini didirikan oleh orang-orang Swedia dan Belanda pada awal 1600-an.[4] Orang-orang Britania kemudian merebut wilayah ini, yang diberikan kepada Sir George Carteret dan John Berkeley, Baron Berkeley ke-1 dari Stratton sebagai koloni New Jersey. New Jersey adalah sebuah tempat penting selama Perang Kemerdekaan Amerika; beberapa pertempuran yang menentukan terjadi di sini. George Washington dua kali mendirikan markas musim dingin untuk tentara revolusinya di Morristown, yang disebut sebagai ibukota militer revolusi. New Jersey Journal, sebuah surat kabar yang diterbitkan oleh Shepard Kollock, yang mendirikan usaha penerbitannya di Chatham selama 1779, menjadi katalis dalam revolusi ini. Berita-berita tentang berbagai kejadian dikirim langsung ke Kollock dari markas besar Washington di Morristown yang tak jauh dari situ. Kollock menerbitkan semua itu untuk meningkatkan semangat para anggota pasukan dan keluarga mereka. Ia juga melakukan perdebatan yang hangat tentang upaya-upaya perjuangan kemerdekaan dengan mereka yang menentang dan mendukung perjuangan yang didukungnya. Belakangan, kota-kota kelas pekerja seperti Paterson dan Trenton membantu untuk mendorong Revolusi Industri pada abad ke-19. Posisi New Jersey di pusat megalopolis BosWash, antara Boston, New York City, Philadelphia, Baltimore dan Washington, D.C., mendorong perkembangannya yang cepat melalui ledakan suburbia paad 1950-an dan sesudahnya.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Wilayah statistik metropolitan dan bagian-bagian wilayah New Jersey; kabupaten-kabupaten yang diberi warna biru tua terletak di metro New York City; yang diberi warna hijau tua terletak di metro Philadelphia. Perlu dicatat bahwa Kabupaten Mercer dan Kabupaten Warren terletak di Wilayah Metropolitan New York 'Raya' dan bahwa Kabupaten Atlantik, Cape May dan Cumberland berada di Wilayah Metropolitan Philadelphia 'Raya'

New Jersey berbatasan di utara dan timur laut dengan New York; di sebelah timur dengan Samudra Atlantik; di selatan dan barat daya oleh Delaware; dan di barat oleh Pennsylvania. Perbatasan sebelah barat New Jersey umumnya dibentuk oleh Sungai Delaware. Karena penduduknya yang padat dan karena kebanyakan komunitas di New Jersey utara tidak memiliki sistem reservoir yang luas seperti yang dimiliki New York City Raya, musim kering sedikit saja akan menimbulkan peringatan kekeringan; namun karena ada banyak anak sungai dan sungai yang dekat dengan komunitas-komunitas ini, curah hujan yang berlebihan sedikit dari rata-rata akan menyebabkan banjir karena banyak dari bagian New Jersey Utara adalah bagian dari dataran banjir. Wilayah ini juga terletak di pusat megalopolis Boston hingga Washington.

New Jersey dibagi dibagi menjadi tiga wilayah geografis: North Jersey, Central Jersey, dan South Jersey. North Jersey terletak di bawah pengaruh New York City umumnya (artinya, umumnya di dalam wilayah metropolitan New York), dan banyak penduduk yang bolak-balik ke kota itu untuk bekerja. Central Jersey pada umumnya sebuah wilayah suburbia. South Jersey terletak di bawah pengaruh Philadelphia, dan umumnya termasuk dalam Lembah Delaware. Namun pembagian geografis ini umumnya tidak dilakukan secara sempit. Seringkali muncul pertikaian di mana suatu wilayah mulai dan yang lainnya berakhir. Sebagian orang tidak menganggap Central Jersey ada, tapi kebanyakan percaya bahwa ini adalah sebuah wilayah geografis dan budaya yang terpisah dari Utara dan Selatan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Garden State and Other New Jersey State Nicknames, Robert Lupp, New Jersey Reference Services, New Jersey State Library, October 12, 1994
  2. ^ "Annual Estimates of the Resident Population for the United States, Regions, States, and Puerto Rico: April 1, 2000 to July 1, 2009". United States Census Bureau. Diakses 2009-12-23. 
  3. ^ a b "Elevations and Distances in the United States". U.S Geological Survey. 29 April 2005. Diakses November 6, 2006. 
  4. ^ http://www.usgennet.org/usa/nj/state/NJ-History.htm