Princeton, New Jersey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Nassau Street, salah satu jalanan utama di Princeton

Princeton adalah sebuah kota di negara bagian New Jersey, Amerika Serikat. Terletak di Mercer County, di tengah-barat negara bagian ini, masuk daerah administratif Borough of Princeton (4,8 km²., 14.203 penduduk pada tahun 2000) dan Princeton Township (43 km²., 16.027 penduduk pada tahun 2000).

Kota ini terkenal sebagai kota pelajar, karena berbagai perguruan tinggi, seperti Princeton Theological Seminary, Westminster Choir College dan tak ketinggalan juga Universitas Princeton, salah satu perguruan tinggi bergengsi di dunia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kota ini menjadi tempat Princeton University sejak tahun 1756, di mana saat itu masih bernama College of New Jersey setelah dipindahkan dari Elizabeth, New Jersey.

Selama Perang Kemerdekaan Amerika Serikat, pasukan Amerika dan Britania melintasi New Jersey beberpaa kali. Pada tanggal 3 Januari 1777, pasukan Amerika yang dipimpin oleh George Washington mencatat kemenangan telak atas pasukan Britania yang dipimpin oleh Charles Cornwallis, 1st Marquess Cornwallis dalam Pertempuran Princeton. Di musim panas 1783, Continental Congress bertemu di Nassau Hall yang ada di Princeton University, memutuskan Princeton sebagai ibukota Amerika Serikat selama 4 bulan.

Presiden Grover Cleveland membeli sebuah rumah di Princeton, yang dinamainya Westland, dan menjadi perlengkapan tetap masyarakat Princeton, termasuk universitasnya.

Pada tahun 1912, Woodrow Wilson, bekas profesor dan rektor di Princeton (saat itu menjadi Gubernur New Jersey) diangkat sebagai presiden, memimpin AS antar tahun 1913-1921, khususnya dalam masa Perang Dunia I.

Pada tahun 1930 Institute for Advanced Studies didirikan, sebagai wadah untuk riset-riset teoretis kelas dunia. Fisikawan Jerman Yahudi Albert Einstein, yang tiba pada tahun 1933 untuk menghindari pemerintahan Nazi dan nantinya meninggal di sini (1955), berafiliasi dengan lembaga ini.

Budaya populer[sunting | sunting sumber]

Princeton menjadi latar terkenal bagi sejumlah film. Yang paling populer kemungkinan A Beautiful Mind (mengenai matematikawan yang kemudian menderita skizofrenia John Forbes Nash, profesor di Princeton yang menerima Penghargaan Nobel Ekonomi pada tahun 1994), yang menerima Piala Oscar pada tahun 2001.

Referensi[sunting | sunting sumber]