Janet Jackson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Janet Jackson
Janet Jackson.jpg
Jackson saat konfernesi pers tahun 2006
Latar belakang
Nama lahir Janet Damita Jo Jackson
Lahir 16 Mei 1966 (umur 47)
Gary, Indiana, Amerika Serikat
Genre R&B, pop, rock
Pekerjaan Penyanyi, Penulis lagu, produser rekaman, aktris
Instrumen Vocals, keyboards
Tahun aktif 1976–sekarang
Label A&M, Virgin, Island Def Jam
Situs web JanetJackson.com

Janet Jackson (lahir di Gary, Indiana, Amerika Serikat, 16 Mei 1966; umur 47 tahun ) adalah penyanyi pop berkebangsaan Amerika Serikat. Ia adalah adik dari penyanyi legendaris Michael Jackson. Pada tahun 1997, Janet dan Michael Jackson bersama-sama membuat sebuah video klip yang menjadi video klip termahal di dunia.

Janet Jackson lahir di Gary, Indiana, Amerika Serikat pada 16 Mei 1966. Janet lahir sebagai keluarga The Jackson.

Walaupun terlahir dalam keluarga musisi profesional, Janet, yang sangat mencintai kuda berkeinginan untuk menjadi joki kuda pacuan dan sama sekali tidak mempunyai keinginan untuk menjadi seorang entertainer. Tapi tetap saja, ayahnya, menginginkan ia untuk berkarier di dunia hiburan.

Meskipun awalnya Janet khawatir memulai karier bermusik, tapi ia setuju untuk berpartisipasi dalam sesi rekaman bersama keluarganya. Yang pertama, sebuah duet dengan kakaknya Randy berjudul "Love Song for Kids", rekaman itu berlangsung pada 1978. Ketika Janet berusia 16 tahun, ayahnya mengatur sebuah kontrak untuk dirinya dengan A&M Records dan debut self-titled albumnya, dirilis pada tahun 1982 dan ternyata album perdananya ini melesat hingga posisi 6 dalam Billboard Hot R&B album chart.

Dua tahun kemudian Janet merilis album keduanya, yang bertajuk DREAM STREET. Ayahnya merekrut saudara-saudaranya untuk membantu memproduksi album kedua Janet ini. Marlon sebagai penulis materi album, sementara Tito, Jackie dan Michael menyumbangkan suaranya sebagai backing vokal.

DREAM STREET hanya berada pada posisi 9 dalam R&B album chart, karena memang kurangnya penjualan album ini, ketimbang debut album perdananya. Dalam DREAM STREET hanya terdapat satu buah hits, yaitu, “Don’t Stand Another Chance.”

Setelah perilisan DREAM STREET, Janet memutuskan untuk memisahkan urusan bisnis dari keluarganya. A&M Records eksekutif produser John McClain mengajak Jimmy Jam dan Terry Lewis untuk bekerja dengannya. Dalam waktu enam minggu, Janet, Jam dan Lewis merilis album ketiga, CONTROL.

Dua hits yang dihasilkan dari album ketiganya ini, “Nasty” dan “What Have You Done for Me Lately” tercipta dari pengalaman pribadinya saat penggarapan CONTROL ini. Kedua lagu ini seperti sebuah pembelaan diri untuknya.

CONTROL dirilis pada Februari 1986, album ini langsung berada pada posisi puncak dalam Billboard 200. Karena begitu suksesnya CONTROL, sebuah surat kabar internasional berkomentar "sebuah alternatif sentimental balada setelah Patti LaBelle dan Whitney Houston." Tujuan Jam dan Lewis adalah untuk menciptakan figur penyanyi Afrika Amerika agar diterima oleh beragam kalangan akhirnya terwujud sudah, dengan berhasilnya membawa Janet ke kesuksesan luar biasa di album CONTROL ini.

Pada bulan September 1989, Janet kembali merilis album, JANET JACKSON RHYTHM NATION 1814. Meskipun pihak A&M menginginkan album yang mirip dengan CONTROL, Janet justru tidak menginginkan album yang persis sama, tetapi dalam album keempatnya ini, ia ingin menyuguhkan beragam tema cinta dan hubungan.

Ternyata pilihan Janet sangat tepat. JANET JACKSON RHYTHM NATION 1814 terjual lebih dari 14 juta kopi diseluruh dunia dan kembali menduduki posisi puncak Billboard 200. Dengan menampilkan single-single seperti, "Miss You Much", "Escapade","Black Cat" dan "Love Will Never Do (Without You)". Album ini juga merupakan albumnya yang begitu banyak menelurkan hits setelah 3 albumnya terdahulu.

Pada Mei 1993, Janet merilis album kelima, dengan judul nama depannya, JANET. Kali ini, albumnya dirilis oleh Virgin Records dan untuk ketiga kalinya, menduduki posisi puncak Billboard 200.

Hits single yang terdapat dalam JANET, adalah “That's the Way Love Goes" single ini memenangkan piala Grammy pada 1994 untuk kategori Best R&B Song, "If", "Because of Love", "You Want This", dan "Any Time, Any Place". Kesuksesan single –single tersebut membawa kesuksesan juga dalam penjualan JANET, yaitu hingga menginjak angka 20 juta kopi.

Pada Oktober 1997, album keenamnya, THE VELVET ROPE dirilis. Album ini ternyata kembali berada pada posisi puncak Billboard 200. Pada Agustus 1997, single perdana album ini, "Got 'Til It's Gone", dirilis lebih dahulu. Single ini menampilkan sample lagu milik Joni Mitchell, "Big Yellow Taxi", dan rapper Q-Tip. “Got 'Til It's Gone” memenangkan piala Grammy pada tahun yang sama untuk kategori Best Short Form Music Video. Single kedua "Together Again", dirilis dan langsung berada pada posisi 8 dalam Billboard Hot 100 singles chart dan single ini bersaing ketat dengan single milik Elton John, Diana Ross, dan The Rolling Stones. THE VELVET ROPE terjual lebih dari sepuluh juta album di seluruh dunia dan bersertifikat tiga kali platinum.

Album ketujuh Janet, ALL FOR YOU, dirilis pada April 2001 dan terjual sebanyak 605.000 kopi. Dan ini mencatat ALL FOR YOU adalah penjualan tertinggi dalam minggu pertama, selama karier bermusik Janet.

Pada Maret 2004, album kedelapan Janet, DAMITA JO, dirilis. Tidak seperti album-albumya terdahulu, DAMITO JO hanya bertengger pada posisi runner up dalam Billboard 200.

Untuk sebuah promo album kesembilannya, 20 YO, Janet bersedia untuk menjadi model sampul sebuah majalah internasional ternama, di bulan Juni 2006. Terbukti majalah tersebut mengalami kenaikan oplah penjualan. Pada September 2006, 20 YO pun dirilis. Single perdananya, "Call on Me," menampilkan duet bersama rapper Nelly dan menduduki posisi 25 dalam Hot 100.

Pada bulan Juli 2007, Janet kembali beralih pada label yang berbeda. Album kesepuluhnya, DISCIPLINE diris oleh Island Records. Album ini dirilis pada February 2008. Single yang diandalkan dalam album ini adalah "Feedback", bertahan pada posisi 19 dalam Hot 100. Dalam empat belas bulan Janet menjalin kerjasama dengan label terbarunya ini, DISCIPLINE telah terjual 415 ribu kopi dan itu berarti tidak menerima sertifikasi RIAA. Bahkan Billboard melaporkan bahwa karena ketidakpuasan Janet dengan promosi album, janet pun keluar dari label Island Record.