Logo NBC

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

NBC memiliki variasi logo selama 50 tahun, hingga dewasa ini, kadang-kadang disebut "Peacock network".

Pra-1954: Logo pertama NBC[sunting | sunting sumber]

Logo pertama NBC TV pra-1954

Pada tahun 1942, televisi NBC mendapat gambar resmi pertama, bertepatan dengan dimulainya penyiaran dalam warna, mikrofon dikelilingi oleh kilatan petir, sebuah modifikasi dari logo yang ada yang digunakan oleh jaringan radio NBC. Kilatan petir juga merupakan bagian dari logo perusahaan induk RCA, dan juga bahwa waktu satu-perusahaan lain. Gelombang kiri dimaksudkan untuk jaringan radio, dan gelombang yang tepat itu dimaksudkan untuk jaringan televisi. Sejarah video logo ini mengatakan, "This is NBC, the National Broadcasting Company", diikuti oleh lonceng NBC. Pada awal telecasts, kartu lain yang menggambarkan sebuah juru kamera NBC dengan kamera ditampilkan. [1]

Logo gambang NBC (1954–1956)[sunting | sunting sumber]

Logo NBC berwarna dalam bentuk xylophone dan pemukul (1954-1956)

Pada tanggal 1 Januari 1954, logo berupa gambang dan palu bergaya diperkenalkan, didampingi oleh tiga nada NBC lonceng, pertama mendengar di radio NBC pada tahun 1927. Bunyi genta lonceng utama adalah 7 nada. Nada saat ini, bagaimanapun, adalah catatan nada G, E dan C. Ini bukan merujuk pada General Electric Co., yang kemudian menjadi NBC sponsor utama (dan sekarang pemilik), meskipun ini adalah salah paham yang populer. Ada beberapa indikasi bahwa logo xilofon digunakan di 5:32 pada 17 Desember 1953 mengumumkan persetujuan FCC dari standar warna baru, yang akan mulai berlaku 30 hari kemudian. Rupanya izin khusus digunakan pada Hari Tahun Baru ketika Tournament of Roses Parade disiarkan.

Berikut adalah versi video logo tersebut[2]:

  • Tahap 1: Palu memukul bilah pertama, sehingga menampilkan huruf "N"
  • Tahap 2: Pukulan kedua menampilkan huruf "B"
  • Tahap 3: Pukulan ketiga menampilkan huruf "C"
  • Tahap 4: Pemukul turun ke bawah

Logo merak asli (1956–1961)[sunting | sunting sumber]

Logo merak orisinil, diciptakan oleh John J. Graham

Pada tahun 1956, John J. Graham menciptakan logo berupa sebuah abstraksi dari merak dengan sebelas bulu ekor untuk menunjukkan kekayaan warna. Merak berwarna cerah ini didirikan karena peningkatan pemrograman TV berwarna. siaran berwarna NBC untuk pertama hanya menunjukkan masih kerangka merak yang berwarna-warni. Jata dibuat pertama penampilan on-air pada 22 Mei 1956.[3]

Dalam parade Your Hit pada tanggal 7 September 1957, merak itu membuat animasinya dan kemudian muncul pada awal setiap siaran warna NBC hingga animasi diubah muncul pada tahun 1961. Dukungan musiknya adalah gong sementara merak memulai formup, lalu seorang penyiar berkata "The following program is brought to you in living color on NBC" sementara musik menjadi keras dan setelah itu sembilan musik bombastis berkembang sementara bulu merak yang berubah warna dan akhirnya "diisi".[4].

Menurut David Schwartz, penemu Game Show Network, penyiar pertama yang berbicara itu kata-kata terkenal di balik logo merak itu adalah Ben Grauer, dengan suara yang dikenalinya di NBC sejak 1930. Ada varian mana perubahan merak bulu-bulunya dan melompat dan bulunya berubah ke multi - warna kata-kata yang mengatakan "NBC".

Logo NBC snake (1959–1975)[sunting | sunting sumber]

Logo NBC Snake (1959–1975)

Mulai tahun 1959, sebuah logo baru bergabung dengan animasi Merak, muncul di akhir siaran. Dimulai dengan N, setiap huruf akan tumbuh dari yang lain, membentuk logo tipografi ditumpuk berakhir dengan C, membentuk dasar. Ini akan dikenal sebagai "NBC Snake". Beberapa edisi ini ada, animasi paling awal menjadi bentuk ular di depan sebuah warna latar belakang saat kamera lewat ke versi orkestra bel NBC dan yang kedua yang terdiri dari pembentukan ular di atas berubah warna latar belakang, dari biru menjadi hijau menjadi merah, pada setiap not biasa, lonceng NBC berbunyi otomatis[5].

Edisi tersebut digunakan antara tahun 1965-1975. Khusus tahun 1960, animasi penulisan tipografis dilengkapi latar belakang pergerakan kamera ke kanan.[6]

Logo merak kedua/"Laramie Peacock" (1962–1975)[sunting | sunting sumber]

Versi kedua animasi pembukaan bergambar Merak diperkenalkan di mana burung mengipasi yang terang bulu terhadap kaleidoskopis warna latar belakang. Pertama kali terlihat di serial TV Laramie pada tanggal 1 Januari 1962.[7].

Seperti Merak tahun 1956, logo ini hanya muncul di awal siaran warna NBC; karena semua siaran NBC akhirnya menjadi warna, itu umumnya hanya digunakan untuk membuka acara-acara yang telah secara tradisional dibuka dengan Merak seperti The Tonight Show Starring Johnny Carson. Namun, itu terlihat di hyrne NBC dari The Wizard of Oz dan sama seperti penyiaran ulang Peter Pan. "Laramie Peacock", nama untuk siri yang diperkenalkan itu, menggunakan cara yang sama dengan ucapan yang terkenal "penuh warna" seperti layaknya merak yang pertama namun merupakan bagian musik lembut, woodwind berdasarkan angka dan penyiar itu adalah Mel Brandt. Itu diperhatikan lebih lanjut pada bulan November 1968; musik itu sedikit ulang dan animasi itu dipendekkan beberapa detik, dan versi kedua, dengan Vic Roby mengumumkan bahwa, "Now, a special program in living color on NBC," diresmikan untuk ditayangkan di televisi istimewa selama periode yang sama. Itu dipendekkan lebih lanjut pada awal 1975. Merak ini sudah pensiun pada bulan September 1975.

Merak ini telah membuat penampilan istimewa sepanjang tahun-tahun berikutnya, terutama dalam konteks kitsch retro. Baru-baru ini, burung merak tersebut menandakan premier siaran dari The Tonight Show with Conan O'Brien pada tanggal 1 Juni 2009.

NBC dewasa ini (1975-kini)[sunting | sunting sumber]

Sejak 1975, NBC yang telah berkembang penuh mulai menggunakan logo-logo modern. Mulai dari Corak "N", Proud "N", hingga logo merak modern NBC.

Logo corak "N" (1975–1979)[sunting | sunting sumber]

Logo corak "N", yang terdiri dari 2 trapesium

Pada 1975, merek dagang visual NBC telah diupdate sebagai bergaya N diperkenalkan, terdiri dari dua trapezoid. Desain itu tebal, cerah dan kontemporer. Salah satu inovasi teknologi logo ini adalah yang pertama animasi ident elektronik untuk jaringan televisi Amerika Serikat dan tidak ditampilkan on-air untuk pertama kalinya pada bulan Oktober 1975, hanya beberapa bulan sebelum secara resmi mulai berlaku.[8] Pada 10 Januari 1976, dalam siaran dariSaturday Night Live, Chevy Chase, presenter Weekend Update mengejek logo baru dan $ 1 juta biaya desain. [9] Pada Februari 1976, NBC dituntut oleh Nebraska ETV Network, rantai jaringan PBS, untuk pelanggaran merek dagang, karena logo NBC baru ini hampir identik dengan logo Nebraska ETV Network, kecuali dalam warna logo. Penyelesaian yang dicapai di NBC memberikan Nebraska ETV Network peralatan baru dan unit warna, bernilai lebih dari $ 800,000, sebagai imbalan untuk mengizinkan NBC untuk mempertahankan logo mereka. Selain itu, NBC membayar $ 55.000 sampai Nebraska ETV untuk menutupi biaya merancang dan melaksanakan sebuah logo baru. [10]

Adapun versi animasi pertama dari logo tersebut adalah ketika logo corak "N" warna putih pada latar belakang hitam, kemudian warna berganti menjadi merah dan biru.[11] Versi animasi kedua dari logo ini berupa animasi perputaran logo dalam bentuk 3D[12].

Logo Proud "N" (1979–1986)[sunting | sunting sumber]

Sebelum logo Proud "N" diluncurkan, ada versi animasi lain dari logo corak "N", yakni 3 bilah yang berpentar dengan suara bunyi loncang khas NBC. Bilah-bilah tersebut bertemu dengan efek tabrakan, dan sisi miring terpotong diagonal, membentuk logo corak "N".[13].

Tentang logo Proud "N"[sunting | sunting sumber]

Logo Proud "N", digunakan dari tahun 1979 - 1986.

Merak NBC, masih dengan sebelas bulu ekor, kembali pada musim gugur 1979. Itu menikah dengan N untuk membuat sebuah desain yang disebut "proud N", suatu pendahulu langsung logo NBC masa kini.

Ini adalah pertama kalinya Merak NBC sebenarnya merupakan bagian dari NBC logo sendiri. Itu dimudahkan sesuai dengan desain huruf Rumi. Walaupun semua sebelas bulu yang utuh, ujung ekornya yang berbentuk tetesan air mata sudah hilang (sehingga ekor merak hanya memiliki ujung yang bulat saja), kaki sudah hilang dan tubuh Merak menjadi bentuk segitiga yang sederhana. Pada beberapa kesempatan, Merak NBC baru digunakan secara independen dari N, dimulai dengan iklan "Proud as a Peacock" pada tahun 1979 yang memperkenalkan merak kembali tetapi N dan Merak biasanya digunakan bersama-sama antara 1979 dan 1986.

Bertentangan dengan kepercayaan populer, Merak awalnya tidak digunakan sebagai dasar logo resmi NBC; versi tahun 1956 dan 1962 digunakan semata-mata untuk mengenali warna jaringan siaran, sementara logo yang lain, awalnya logo xilofon tapi paling sering digunakan (logo NBC snake), diketahui NBC sendiri. Meskipun demikian, Merak menjadi begitu dikenal dengan NBC bahwa itu dimasukkan ke dalam jaringan logo pada tahun 1979 oleh Fred Silverman, yang kemudian menjadi presiden NBC, karena penelitian sebelumnya dari NBC 1977 di departemen perencanaan korporat oleh Peter H. Kliegman yang merekomendasikan nilai pengenalan stasiun NBC dan menyarankan Merak dimanfaatkan sebagai logo. Merak menjadi satu-satunya logo pada tahun 1986.

Animasi logo

Setap kali promo ditutup, akan ada animasi sebagai berikut:[14]:

  • Tahap 1: Dua buah trapesium berwarna merah dan biru bergerak mundur. Karena bertemu, maka terjadi tabrakan dengan benturan dashyat.
  • Tahap 2: Hasil benturan membentuk tiga ekor merak, dan mengembang, menggerakkan mundur tulisan "NBC Proud as a peacock".
  • Tahap 3: Bada merak ditampilkan, dan ekor mengembang penuh.

Untuk tahun 1980, terdapat pula versi animasi kedua dari video kampanye tahun 1980, dimana terdapat bintang melewati lampu, dan penarikan tulisan ke bawah, tepat di bawah merak NBC.[15]

Pasca Pengunduran diri Fred Silverman[sunting | sunting sumber]

Setelah Fred mundur, beberapa animasi mulai ditampilkan dari waktu ke waktu. Digunakan pada splash screen berslogan, "Our Pride is Showing", kemudian "We're NBC, Just Watch Us Now", Be There, dan terakhir, Let's All Be There. Pada animasi dalam tema "Our Pride is Showing", terdapat animasi berupa merak NBC mengembangkan ekor, dan garis membentuk corak "N".[16]

Logo merak NBC (1986-kini)[sunting | sunting sumber]

Versi merak ini belum resmi digunakan hingga tahun 1987

Pada tanggal 12 Mei 1986, saat siaran NBC 60th Anniversary Celebration, bintang NBC maupun bekas bintang NBC berdiri di atas panggung untuk memperkenalkan logo baru NBC ke Amerika. Untuk logo baru kali ini, perkawinan yang mengatur N dan Merak NBC berakhir dan "The Bird" akhirnya diasumsikan tempat resmi sebagai simbol NBC. Kepala merak ini kini dibalik ke kanan untuk menyarankan merak itu melihat ke depan, dan bukan ke belakang. Sebelas bulu dari logo merak pendahulunya dikurangi menjadi enam untuk referensi enam divisi NBC pada waktu itu: Berita, Olahraga, Hiburan, Stasiun, Jaringan dan Produksi. Menggabungkan enam warna primer dan sekunder, Merak ini, dirancang ulang oleh Chermayeff dan Geismar, tetap menjadi salah satu logo yang paling diakui dunia. Mempertahankan jaringan garis panduan khusus untuk logo, termasuk warna yang tepat untuk pembiakan, baik menggunakan RGB, CMYK atau warna Pantone. Petunjuk petunjuk yang terkandung dalam Undang-Undang Pedoman Penggunaan Logo NBC yang dibagikan kepada karyawan NBC grafik yang terlibat dalam maupun di luar vendor, seperti periklanan, yang mungkin perlu untuk menggunakan logo. [17]

Hampir semua afiliasi NBC menambahkan merak baru untuk logo mereka, tapi beberapa masih terus merak tua pada logo mereka selama beberapa bulan setelah logo pengantar. Logo baru didirikan secara universal pada 1 September 1986. Kelainan langka, yang menggabungkan General Electric Univers logo dan font dari identitas merk muncul di udara beberapa kali selama 1986 dan 1987. Logo / ID punya logo NBC dengan kata-kata "Bangga menjadi bagian dari" dalam Univers font dan logo GE.

[sunting | sunting sumber]

Animasi logo NBC berupa ekor merak mengembang dan dipasangkan dengan bada merak, serta menggerakkan tulisan "NBC".[18] Animasi juga pernah dipakai pada tahun 1986-2003, terutama pada saat iklan dengan iringan suara, "You're Watching NBC", atau pada ident NBC "Come home to NBC", "Only on NBC" dan "The Place to Be".

Penggunaan logo NBC[sunting | sunting sumber]

Penggunaan logo pada layar[sunting | sunting sumber]

Logo pertama kali muncul sebagai sebuah bug pada layar televisi pada musim 1993-1994, muncul hanya pada awal acara dan tinggal di sepanjang menunjukkan sejak musim televisi 1995-1996. Dari 1993 hingga 2003, logo muncul di bagian bawah layar yang beragam efek yang dihasilkan dalam pembentukannya, biasanya selama rangkaian acara pembukaan.

Mulai tahun 2004, jika sebuah persembahan yang disajikan dalam layar lebar, logo akan menyusut dan ditempatkan agar sesuai dalam kawasan video 16:9. Selama musim televisi 2006-2007, logo layar lebar yang lebih kecil ini hanya digunakan selama siaran langsung, seperti Saturday Night Live, hari Natal, hari Bumi dan pesta kembang api setiap tanggal 4 Juli.

Logo kecil itu kembali terintegrasi pada awal musim 2007-2008 televisi layar lebar di semua program, termasuk pra-definisi standar siaran direkam dalam rangka untuk memasukkan promo selama acara. Pemrograman HDTV menggunakan variasi dari logo jaringan bug didampingi oleh teks HD dari November 2006 hingga Desember 2007. siaran langusng definisi tinggi yang sebelumnya digunakan NBC yang lebih kecil HD bug tanpa teks. Hari ini, NBC bug tersebut ditempatkan dalam gambar 4:3 aman, sehingga logo bug tersebut identik pada pakan definisi standar maupun definisi tinggi feed.

Logo bug juga disajikan penuh dalam warna buram saat pembukaan acara, dengan bug kadang-kadang disertai oleh teks .com. Lima episode terakhir The Biggest Loser terus menggunakan versi dengan panggilan NBC di bawah Merak, karena program itu produksi yang berbasis SDTV dari kota Burbank, bukan New York.

Logo kadang-kadang disertai dengan teks NBC, biasanya di bawah merak tapi ini tidak selalu terjadi; logo bug untuk jaringan tidak memasukkan teks hingga tahun 2002 dan teks itu dihapus pada musim gugur tahun 2006 dari program-program selain Early Today. NBC Nightly News tidak mendapatkan logo bug tahun 2006 hingga tanggal 26 Maret 2007 bertepatan dengan program pertama dalam siaran definisi tinggi, dengan alamat web MSNBC kemudian ditambahkan ke sisi kanan pada layar Nightly News.

Pada rancangan NBC Sports, seperti golf dan olahraga olympic, gunakan bug yang memiliki cincin Olimpiade di bawah merak. Versi ini juga digunakan dalam pemrograman biasa, dimulai dengan awal musim selama musim televisi dengan Olimpiade Musim Dingin, atau awal tahun kalender dengan Olimpiade Athena.

Tak lama setelah awal musim televisi 2006-2007, hampir semua program NBC memindahkan variasi dari logo NBC sudut kiri layar, termasuk grafik untuk Today , Meet the Press, danDateline NBC. Jenis kiri kurang timbul dari versi sebelumnya dan tidak menampilkan NBC di bawahnya. Setelah awal musim 2009 TV pada tanngal 28 September sebagai bagian dari logo untuk Olimpiade Musim Dingin Vancouver 2010 variasi dari logo di layar untuk pesta Olimpiade digunakan pada semua program, kecuali program berita.

Penggunaan pada iklan[sunting | sunting sumber]

Sejak Desember 2007, NBC kadang-kadang tempat iklan teks presentasi yang akan datang di atas atau di samping merak NBC. Iklan hadir di kedua feed SD dan HD.

Sejak 2008, semua NBC promo berakhir dengan memintal bulu-bulu merak, menyalip layar dalam proses, sampai meluncur ke belakang dan menempatkan dirinya di samping url nbc.com, sementara meninggalkan tiga bulu benjolan keluar dan halus untuk menahan diri dari NBC bunyi genta lonceng, suara dan instrumen yang bervariasi oleh program atau peristiwa dilantik, tetapi mungkin tidak akan ditampilkan atau bermain di sepanjang masa. Instrumen bahkan mungkin tidak digunakan; suara pistol yang dikokang dalam kunci GEC digunakan dalam promoMy Own Worst Enemy untuk Juli 2008.


[sunting | sunting sumber]

"Green is Universal"[sunting | sunting sumber]

Dimulai pada tahun 2007 pada minggu ketiga pada bulan November, NBC, bersama dengan semua jaringan yang dimiliki NBC Universal, mulai menggunakan logo bug hijau sebagai bagian dari GE Hijau adalah seluruh perusahaan Universal inisiatif lingkungan, yang juga dimanfaatkan untuk Bumi Minggu selama minggu keempat di bulan April, bersama dengan St Patrick's Day untuk tujuan liburan. Selama iterasi Bumi Minggu logo pada bulan April 2008, Lingkaran Olimpiade tetap warna emas mereka yang biasa (atau abu-abu di logo bug) karena penolakan standar wajib menampilkan dukungan apapun penyebab lain di luar gerakan Olimpiade. Para November 2009, versi ini hanya menampilkan Merak, menyisihkan cincin sepenuhnya untuk seminggu dalam logo bug. Logo bug ini dipakai 3 kali setiap tahun (hari St. Patrick, bulan April dan bulan November).

Logo untuk resolusi tinggi[sunting | sunting sumber]

Pada 22 Mei 2008, logo bug merak NBC di program HDTV dipindahkan dari sudut kanan atas layar untuk sisi kiri dari aspek rasio 4:3 daerah aman. Juga pada saat ini teks iklan yang dulunya di atas bug sudah dipindahkan ke sebelah kanan bug. Bug dipindahkan ke posisi ini untuk membuat jaringan downconverting HD feed untuk SDTV setelah penghapusan siaran analog tanggal 12 Juni 2009 TV lebih mudah. Perhatian pada SDTV akan tetap melihat bug dalam posisi biasanya di pojok kiri.

Variasi lain[sunting | sunting sumber]

  • Pada tahun 1968, animasi khas dari "merak asli" bersin menyebarkan bulunya setelah digunakan pada Rowan and Martin's Laugh-In . Dimulai dengan orang-orang bersiap-siap untuk menonton film dengan 16 milimeter. Film dimulai dengan hitungan mundur, gambar tampilan awal, dan kemudian logo merak tahun 1965. Merak bersin dan bulu-bulu terbang dan kemudian melihat sekeliling bertanya-tanya dimana bulu pergi.
  • Pada tahun 1993, NBC melantik beberapa seniman (termasuk Al Hirschfeld, Peter Maxx, John Kricfalusi, JJ Sedelmeier, David Daniels, Joan Gratz, dan Markus Malmberg) untuk merancang variasi pribadi untuk promosi merak digunakan. Versi animasi Hirschfeld, Maxx, dan burung merak yang disiarkan antara program Kricfalusi.
  • Sebagai bagian dari serangan 11 September 2001, NBC memperkenalkan sebuah versi khusus dari merak yang menggantikan warna dengan melambai-lambaikan bendera Amerika bergulung dalam logo (termasuk dalam logo bug), yang digunakan sampai Olimpiade Musim Dingin 2002.
  • Pada tahun 2007, dari tanggal 10 Desember - 26 Desember, burung merak itu ditunjukkan dalam warna penuh dengan topi Santa untuk Natal dengan teks di atasnya mempromosikan acara NBC. Tidak seperti masa lalu variasi, logo tinggal di penuh warna untuk panjang program.
  • Dari tanggal 27 Desember 2007 dan hingga 1 Januari 2008, sebuah topi pesta dipasang pada merak untuk Hari Tahun Baru. Serupa dengan variasi liburan, itu teks di atasnya dan tetap dengan warna penuh untuk program panjang.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]