Downton Abbey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Downton Abbey
Berkas:Downton Abbey.jpg
PembuatJulian Fellowes
Ditulis olehJulian Fellowes
Shelagh Stephenson
Tina Pepler
SutradaraBrian Percival
Ben Bolt
Brian Kelly
Andy Goddard
James Strong
Ashley Pearce
PemeranHugh Bonneville
Jessica Brown Findlay
Laura Carmichael
Jim Carter
Brendan Coyle
Michelle Dockery
Kevin Doyle
Siobhan Finneran
Joanne Froggatt
Thomas Howes
Rob James-Collier
Allen Leech
Rose Leslie
Phyllis Logan
Elizabeth McGovern
Sophie McShera
Matt Milne
Lesley Nicol
Amy Nuttall
Maggie Smith
Ed Speleers
Dan Stevens
Penelope Wilton
Lagu pembuka"Did I Make the Most of Loving You?"
Penata musikJohn Lunn
Negara asal Britania Raya
Bahasa asliInggris
Jmlh. musim6
Jmlh. episode52
Produksi
Produser eksekutifJulian Fellowes
Gareth Neame
Rebecca Eaton
ProduserLiz Trubridge (produser serial)
Nigel Marchant
Lokasi produksiHighclere Castle
Penyunting
  • John Wilson
  • Steve Singleton
  • Mike Jones
Durasi48-68 menit
Rumah produksi
DistributorNBCUniversal Television Distribution
Rilis asli
JaringanITV (Britania Raya)
PBS (Amerika Serikat)
Format gambar1080i (HDTV)
Rilis26 September 2010 –
25 Desember 2015

Downton Abbey adalah serial televisi yang diciptakan oleh Julian Fellowes dan diproduksi oleh Carnival Films dan Masterpiece.[1] Serial ini pertama kali tayang di ITV di Britania Raya pada 26 September 2010, dan di PBS di Amerika Serikat pada 9 Januari 2011 sebagai bagian dari antologi Masterpiece Classic.

Serial ini mengambil latar di Yorkshire antara tahun 1912 dan 1925 dan berkisah tentang keluarga bangsawan Crawley beserta para staf rumah tangganya, di mana peristiwa-peristiwa besar dalam sejarah akan memberikan pengaruh dalam kehidupan mereka dan kasta sosial di Inggris. Peristiwa yang digambarkan dalam serial ini antara lain berita tenggelamnya RMS Titanic di seri pertama; terjadinya Perang Dunia I, pandemik flu Spanyol, dan skandal Marconi di seri kedua; Perang Kemerdekaan Irlandia yang berujung pada pembentukan Negara Bebas Irlandia di seri ketiga; skandal Teapot Dome di seri keempat; serta pemilihan umum Britania Raya tahun 1923, Pembantaian Jallianwala Bagh dan Beer Hall Putsch di seri kelima. Seri keenam dan terakhir memperkenalkan kebangkitan kasta pekerja pada masa antar perang dan mengisyaratkan kemunduran aristokrasi di Inggris.

Downton Abbey mendapatkan tanggapan baik dari kritikus televisi dan telah memenangkan berbagai penghargaan, termasuk Golden Globe Award for Best Miniseries or Television Film dan Primetime Emmy Award for Outstanding Miniseries or Movie. Serial ini merupakan peraih nominasi terbanyak dari semua serial televisi internasional dalam sejarah Primetime Emmy Awards, dengan total 27 nominasi (setelah dua seri).[2] Downton Abbey adalah serial yang paling banyak ditonton baik di ITV maupun PBS, dan kemudian menjadi serial drama masa lampau Inggris paling sukses sejak Brideshead Revisited pada tahun 1981.[3] Menginjak seri ketiganya, serial ini menjadi salah satu drama televisi paling banyak ditonton di seluruh dunia.[4]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Keluarga Crawley[sunting | sunting sumber]

Staf[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Downton Abbey (Masterpiece)". Emmys.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 April 2013. Diakses tanggal 20 January 2016. 
  2. ^ McCormack, Kirsty (20 July 2012). "Back for more! Hugh Bonneville and Michelle Dockery lead the way as Downton Abbey gets SIXTEEN nominations for this year's Emmys". Daily Mail. London, UK. Diakses tanggal 19 January 2013. 
  3. ^ "Downton Abbey: How Hollywood is snapping up our bright TV drama stars". Daily Mirror. 7 November 2010. Diakses tanggal 21 September 2011. 
  4. ^ Egner, Jeremy (3 January 2013). "A Bit of Britain Where the Sun Never Sets: 'Downton Abbey' Reaches Around the World". The New York Times. Diakses tanggal 14 November 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]