National Public Radio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
National Public Radio
Nama sebelumnya Association of Public Radio Stations
National Educational Radio Network
Jenis Penyiaran publik
Negara Bendera Amerika Serikat Amerika Serikat
Ketersediaan seluruh dunia
Tanggal siaran perdana April 1971
Tanggal peluncuran April 1971
Sumbangan AS$258 juta
Pendapatan AS$159 juta
Laba bersih AS$18,9 juta
Pemilik National Public Radio, Inc.
Jaringan afiliasi World Radio Network
Tokoh kunci Ken Stern (CEO)
Kevin Klose, Direktur
John A. Herrmann, Jr., Ketua Yayasan
Situs web resmi www.npr.org

National Public Radio, disingkat NPR adalah organisasi media yang bertugas sebagai sindikasi bagi radio penyiaran publik di Amerika Serikat. NPR adalah organisasi nirlaba yang bersifat keanggotaan dan berhaluan semi-independen. Sumber dana NPR berasal dari dana masyarakat dan swasta.[1]

NPR didirikan tahun 1970 setelah Kongres Amerika Serikat meloloskan Akta Penyiaran Publik 1967 (Public Broadcasting Act of 1967), dan disahkan sebagai undang-undang oleh Presiden Lyndon Johnson. Berdasarkan Akta Penyiaran Publik 1967 didirikan sebuah perusahaan swasta bersifat nirlaba bernama Corporation for Public Broadcasting yang mengawali didirikannya stasiun televisi penyiaran publik bernama Public Broadcasting Service. Sewaktu baru didirikan, NPR memiliki 30 pegawai dan sejumlah 90 stasiun radio penyiaran publik sebagai anggota pendiri.

Seperti halnya dua jaringan penyiaran publik lainnya, yakni American Public Media dan Public Radio International, NPR memproduksi dan menyebarluaskan program berita dan kebudayaan. Stasiun radio yang menjadi anggota NPR tidak diwajibkan untuk menyiarkan semua acara yang didapat dari NPR. Namun sebagian besar radio penyiaran publik di Amerika Serikat menyiarkan acara yang didapatnya dari NPR, American Public Media, dan Public Radio International.

Acara utama NPR adalah program berita pagi Morning Edition dan berita sore All Things Considered yang disiarkan pada jam-jam saat orang berkendara untuk pergi-pulang kantor. Keduanya program berita tersebut disiarkan oleh semua stasiun radio yang berafiliasi dengan NPR. Pada tahun 2002, siaran berita pagi dan sore produksi NOS menempati urutan kedua dan ketiga dalam daftar acara radio paling populer di Amerika Serikat. Dalam jajak pendapat Harris pada tahun 2005, NPR terpilih sebagai sumber berita yang tepercaya di Amerika Serikat.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Logo lama NPR

NPR dibentuk tahun 1970 setelah mengambil alih organisasi sindikasi acara radio bernama National Educational Radio Network. NPR pertama kali mengudara bulan April 1971 dengan liputan dengar pendapat di Senat AS mengenai Perang Vietnam. Pada bulan berikutnya, acara All Things Considered mulai mengudara pada 3 Mei 1970 dengan pembawa acara Robert Conley. Hingga tahun 1977, sebagian besar peran NPR adalah sebagai organisasi distribusi dan produksi acara radio. Namun setelah bergabung dengan Asosiasi Stasiun Radio Penyiaran Publik pada tahun 1977, NPR berubah sebagai organisasi yang bersifat keanggotaan. Sekarang NPR bertugas memberikan pelatihan bagi stasiun radio yang menjadi anggotanya, promosi acara, dan manajemen; termasuk mewakili stasiun penyiaran publik di depan Kongres, dan menyediakan mekanisme penyampaian isi seperti siaran melalui satelit.

NPR dilanda kesulitan keuangan pada tahun 1983, setelah usaha mengembangkan layanan NPR berakibat pada defisit sejumlah hampir 7 juta dolar AS. Setelah Kongres melakukan investigasi dan direktur NPR mengundurkan diri, Corporation for Public Broadcasting (CPB) setuju untuk meminjamkan dana agar NPR selamat dari kebangkrutan.[3] Sebagai tindak lanjut, NPR setuju untuk membagikan dana tahunan yang didapatnya secara langsung dari CPB kepada stasiun radio lokal, dan sebaliknya radio lokal membiayai produksi NPR dengan sistem langganan. NPR juga setuju untuk mengkomersialisasikan layanan satelit yang disediakannya dan tidak semata-mata hanya menyiarkan acara yang diproduksi NPR, sehingga acara yang tidak diproduksi NPR juga bisa didistribusikan secara nasional. Tiga tahun berikutnya, NPR berhasil membayar semua utang-utangnya.[4]

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Kantor pusat NPR di 635 Massachusetts Avenue NW di Washington, D.C.

NPR adalah organisasi yang bersifat keanggotaan. Stasiun radio yang menjadi anggotanya harus bersifat nonkomersial atau radio pendidikan, memiliki paling sedikit 5 pegawai profesional penuh waktu, jam siaran minimal 18 jam per hari, dan tidak secara khusus melakukan siaran untuk menyebarkan pandangan keagamaan atau sistem pendidikan jarak jauh. Setiap anggota memiliki satu hak pilih dalam rapat dewan NPR yang diadakan setahun sekali. Dalam rapat dewan, masing-masing stasiun radio mengirimkan wakil yang disebut Authorized Station Representative atau disingkat "A-Rep".

NPR memiliki dewan direktur yang dipilih anggota untuk mengawasi kegiatan operasional harian dan menyiapkan anggaran belanja. Dewan direktur terdiri dari 10 orang A-Rep, 5 anggota dewan yang dipilih dari masyarakat, dan ketua NPR Foundation. Masa jabatan anggota dewan direktur adalah tiga tahun dan bergiliran, sehingga setiap tahunnya selalu ada pemilihan anggota dewan direktur yang baru.

Pendanaan[sunting | sunting sumber]

Menurut laporan keuangan tahun 2005, lebih dari setengah dari uang yang diterima NPR berasal dari biaya dan ongkos yang dibebankannya kepada stasiun radio yang menjadi anggota, walaupun sebagian dari uang tersebut berasal dari CPB yang dibagi-bagikan kepada stasiun radio anggota NPR.[5] Sebagian besar dana NPR berasal dari Corporation for Public Broadcasting, sekitar 2% dari uang bantuan pemerintah dan lelang produksi acara yang dimenangkan NPR, sedangkan sisanya berasal dari biaya keanggotaan, uang bantuan dari yayasan, dan dukungan finansial dari dunia usaha. Sepertiga dari penghasilan stasiun radio anggota NPR didapat dari kegiatan pengumpulan dana, sepertiga dari pesan sponsor, dan sepertiga berupa uang bantuan dari pemerintah negara bagian, uang bantuan dari universitas, dan uang bantuan dari CPB.

Dari tahun ke tahun, anggaran belanja yang berasal dari uang bantuan pemerintah semakin berkurang jumlahnya. Sepanjang tahun 1970-an hingga awal 1980-an, sebagian besar dana NPR berasal dari pemerintah federal. Pada tahun 1980-an, berbagai usaha dilakukan untuk melepaskan ketergantungan NPR dari bantuan pemerintah, hingga terjadi krisis dana yang dialami tahun 1983 memaksa NPR untuk mengumpulkan dana dari pendengar, yayasan amal, dunia usaha, dan hanya sedikit dana dari pemerintah federal.

Fasilitas produksi dan statistik pendengar[sunting | sunting sumber]

Sejak berdirinya NPR, fasilitas produksi acara berada di Washington, D.C.. Pada 2 November 2002, NPR meresmikan fasilitas produksi yang diberi nama NPR West di Pantai Barat AS, tepatnya di Culver City, California. Acara yang diproduksi NPR West di antaranya adalah News & Notes dan Day to Day. NPR West juga berfungsi sebagai fasilitas produksi cadangan yang bisa beroperasi secara penuh dalam keadaan bencana.

Dalam artikel majalah Washington Monthly tahun 2003 ditulis bahwa total pendengar NPR per minggu adalah sekitar 20 juta orang. Pendengar NPR rata-rata berusia 50 tahun dan memiliki penghasilan tahunan AS$78,000. Sebagian besar pendengarnya berkulit putih, dan hanya sekitar 10% pendengar adalah orang Hispanik atau Afrika Amerika.

Acara[sunting | sunting sumber]

Produksi NPR[sunting | sunting sumber]

Logo NPR News

Program berita dan penerangan[sunting | sunting sumber]

NPR memproduksi siaran berita pagi dan sore. Kedua siaran berita tersebut memiliki edisi akhir pekan dengan pembaca berita yang berbeda. Selain itu, NPR juga memiliki ringkas berita yang diudarakan setiap jam.

Acara kebudayaan[sunting | sunting sumber]

Program yang didistribusikan NPR[sunting | sunting sumber]

Program berita dan penerangan[sunting | sunting sumber]

Acara kebudayaan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "How NPR Works: NPR's Mission Statement". NPR. Diakses 12 Juni.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  2. ^ Eggerton, John (10 November 2005). "Survey Says: Noncom News Most Trusted". Broadcasting & Cable. Diakses 2 Oktober.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  3. ^ "GAO statement on NPR financial crisis, 1984". Public Broadcasting PolicyBase. 1984. Diakses 12 Juni.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  4. ^ "History of public broadcasting in the United States". Current. Diakses 12 Juni.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  5. ^ "Annual Reports, Audited Financial Statements, and Form 990s". NPR. Diakses 12 Juni.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]