Wikipedia:Indigo/Artikel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Daftar tugas[sunting sumber]

Komentar Komentar Pimpro Proyek kemana nih? Daftar tugas buat pelaksanaan proyek belom juga dibuat, apa masih ngumpulin resource?  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  11.20, 27 Februari 2013 (WIB)

Hadir :-) Lagi fokus ke proposal nih, akan meeting dengan Indonesia Menyala minggu depan. Sore ini akan ditampilkan daftarnya. --Ricky Setiawan (bicara) 27 Februari 2013 09.06 (UTC)

Daftar artikel[sunting sumber]

Berikut adalah artikel-artikel yang dicalonkan untuk masuk dalam ensiklopedia cetak untuk anak. Dari seluruh artikel yang dicalonkan, tim sukarelawan diharapkan menandai artikel-artikel yang tidak sesuai dengan tujuan ensiklopedia cetak ini dengan membubuhkan templat beserta alasannya di samping judul artikel tersebut.

Sebagai catatan pengingat, artikel yang akan dimasukkan dalam ensiklopedia ini adalah artikel yang membahas hal-hal yang sering ditemui oleh anak dalam kehidupan sehari-hari.

Ini cara memilih yang tidak efektif dan tidak efisien sama sekali. Lebih baik memilih menurut topik di bawah. ‑Bennylin bicara 17.48, 28 Februari 2013 (WIB)

Artikel pilihan saat ini[sunting sumber]

  1. Air
  2. Alam
  3. Alam semesta
  4. Alat musik
  5. Huruf
  6. Anak-anak
  7. Angka
  8. Anjing
  9. Api
  10. Awan
  11. Babi
  12. Bahasa
  13. Bahasa Indonesia
  14. Bahasa Inggris
  15. Bakteri
  16. Banjir
  17. Benua
  18. Beras
  19. Bintang
  20. Buah
  21. Budaya
  22. Buku
  23. Bulan
  24. Bumi
  25. Bunga
  26. Burung
  27. Cuaca
  28. Darah
  29. Desa
  30. Dinosaurus
  31. Film
  32. Gempa Bumi
  33. Gula
  34. Gunung
  35. Hewan
  36. Hidung
  37. Hujan
  38. Hukum
  39. Hutan
  40. Ikan
  41. Iklim
  42. Jam
  43. Jantung
  44. Jembatan
  45. Kaca
  46. Kaki
  47. Kalender
  48. Kambing
  49. Kecap
  50. Kehidupan
  51. Keledai
  52. Kelompok
  53. Kepala
  54. Kerbau
  55. Kereta api
  56. Komputer
  57. Kopi
  58. Kota
  59. Kucing
  60. Kuda
  61. Laut
  62. Lembah
  63. Makanan Tradisional Jepang
  64. Manusia
  65. Masyarakat
  66. Mata
  67. Matahari
  68. Matematika
  69. Menara
  70. Mobil
  71. Mulut
  72. Olahraga
  73. Pencernaan
  74. Pendidikan
  75. Penyakit
  76. Pernapasan
  77. Perut
  78. Pesawat Terbang
  79. Planet
  80. Pohon
  81. Politik
  82. Pulau
  83. Rumah
  84. Sapi
  85. Sejarah
  86. Sejarah dunia
  87. Semen
  88. Sepak bola
  89. Singkong
  90. Sungai
  91. Susu
  92. Tahu
  93. Tanah
  94. Tangan
  95. Tari
  96. Tata Surya
  97. Teh
  98. Televisi
  99. Telinga
  100. Telur
  101. Tempe
  102. Ternak
  103. Tsunami
  104. Tulang
  105. Tumbuhan
  106. Uang
  107. Ubi
  108. Udara
  109. Waktu
  110. Wikipedia
    • Abstain Abstain Perlu tidak ya? ·· KℇℵℭK 24 Februari 2013 15.33 (UTC)
      • Saya pikir perlu, sebab anak-anak itu paling tidak harus mempunyai gambaran dari mana informasi ini mereka peroleh. Siapa tahu kelak ada yang akan menjadi kontributor aktif Wikipedia. SpartacksCompatriot lapak stensil 25 Februari 2013 11.23 (UTC)

Artikel yang tidak disetujui[sunting sumber]

Usulan artikel yang hendak dimasukkan[sunting sumber]

Berdasarkan WP:VITAL[sunting sumber]

Berdasarkan en:Wikipedia:Vital_articles/Level/2

100 artikel terpenting: (sudah ada versi jv.wp-nya (jv:Wikipedia:100 Artikel Wigati), tapi belum ada di id.wp. Daftar ini disesuaikan untuk target pembaca proyek ini. Saat ini berisi 50 artikel. -Bennylin ?bicara? 00.16, 25 Februari 2013 (WIB)

Seni (2)[sunting sumber]

  1. Arsitektur Ditolak Ricky
  2. Film
  3. Musik

Geografi (3)[sunting sumber]

Sejarah (1)[sunting sumber]

Bahasa (2)[sunting sumber]

Kehidupan (7)[sunting sumber]

Matematika (3)[sunting sumber]

Filsafat (6)[sunting sumber]

Ilmu (8)[sunting sumber]

  1. Air
  2. Alam semesta
  3. Astronomi Ditolak Ricky
  4. Binatang
  5. Biologi Ditolak Ricky
  6. Fisika Ditolak Ricky
  7. Iklim
  8. Kimia Ditolak Ricky
  9. Manusia
  10. Pengobatan
  11. Statistik
  12. Tanaman/Tumbuhan

Masyarakat (10)[sunting sumber]

Teknologi (9)[sunting sumber]

Artikel topikal[sunting sumber]

Pembicaraan yang berhubungan: Pembicaraan Wikipedia:ProyekWiki ensiklopedia cetak untuk anak#Tentang Pemilihan Artikel

Yang dicetak tebal sudah pasti.

Topik: Negara[sunting sumber]

  1. Indonesia PW:ANAK/1
  2. Amerika Serikat
  3. Belanda Britania Raya
  1. Jepang
  2. Malaysia
    Saran saya, daripada mengambil topik NegaraMalaysia” yang beberapa kali berkonfrontasi dengan NegaraIndonesia” dan sering berpolemik dengan Indonesia (terakhir pada tiga bulan yang lalu, Mantan Menteri Penerangan Malaysia, Zainuddin Maidin, memberikan gambaran negatif soal Presiden Indonesia ketiga, B.J. Habibie, berita selengkapnya yang diturunkan oleh situs berita terkemuka di Indonesia, Tempo.co; dapat dilihat di sini ataupun di sini), alangkah baiknya lagi apabila kita menggantikannya dengan topik NegaraTiongkok”. Lagipula dari segi latar belakang bahasa, seni dan budaya antara NegaraIndonesia” dengan NegaraMalaysia” sebagian besar ada kemiripan, sehingga NegaraMalaysia” bisa dengan berani-beraninya mengklaim beberapa kekayaan budaya asli NegaraIndonesia” menjadi budaya asli negaranya. (Lihat berita selengkapnya di sini dan di sini)
    Pertimbangan saya adalah sebagai berikut :
    • Sebab NegaraTiongkok” belakangan ini telah menjelma merupakan salah satu negara berperekonomian maju di Asia, yang perlahan namun pasti berkembang menjadi raksasa ekonomi dunia dan bahkan diprediksikan pada tahun-tahun 2020-an NegaraTiongkok” akan menjadi negara adidaya ekonomi dunia, yang mana pada saat itu NegaraTiongkok” diprediksikan berhasil menggeser dominasi NegaraAmerika Serikat” pada perekonomian dunia, yang pada tahun 2010 lalu NegaraAmerika Serikat” dilaporkan masih menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia. (Lihat berita selengkapnya di sini dan di sini)
    • Sebab peradaban “Cina” adalah merupakan salah satu peradaban tertua di dunia, yang terdiri dari sejarah dan budaya beberapa negara yang ada sejak 6 milenia yang lalu, dan juga adalah merupakan negara dengan penduduk terbanyak di dunia, dengan populasi melebihi 1,3 miliar jiwa, yang mayoritas merupakan bersuku bangsa Han. NegaraTiongkok” juga adalah negara yang terbesar di Asia Timur, dan ketiga terluas di dunia, setelah Rusia dan Kanada. NegaraTiongkok” berbatasan dengan 14 negara: Afganistan, Bhutan, Myanmar, India, Kazakhstan, Kirgizia, Korea Utara, Laos, Mongolia, Nepal, Pakistan, Rusia, Tajikistan dan Vietnam.
    Salam. ~~ Erwin Mulialim(talk) 2 Maret 2013 09.47 (UTC).
    👍Suka -- Aldo Samulo (bicara) 2 Maret 2013 10.01 (UTC).
    Saya pada umumnya setuju pada usul bung Erwin untuk memasukkan Cina, tapi saya kecewa dengan sentimen anti-Malaysia yang terkandung di dalam argumen tersebut. Mengapa harus memasukkan kasus Zainuddin Maidin ke argumen Anda? Apakah cuma karena Zainuddin Maidin anak-anak itu tidak dapat mengakses informasi tentang Malaysia? Apakah cuma karena Zainuddin Maidin mengkritik Habibie lalu Anda membenci seluruh orang di negara tersebut? Apakah semua orang Malaysia membenci Indonesia? Tidak. Jangan sampai karena Anda terprovokasi dengan kata-kata seseorang, lalu Anda membenci negara asal orang tersebut, padahal negara sama sekali tak bertanggungjawab atas pernyataan sang menteri pensiunan itu. Hindari stigmatisasi. Kita sedang berusaha menyediakan sebuah ensiklopedia lengkap untuk anak-anak, yang memenuhi sudut pandang netral dan tidak mengandung sentimen negatif terhadap suatu negara. Kenetralan suatu artikel Wikipedia. adalah sesuatu yang tak dapat diubah, non-negotiable. Saya kira beberapa sekolah yang menjadi sasaran proyek ini terletak dekat/berbatasan/berhubungan dekat dengan wilayah-wilayah Malaysia. Mereka tentu menginginkan sebuah informasi yang jelas dan tidak campur aduk dengan kontroversi segala macam tentang negara tetangga mereka, negara yang wilayahnya sepelemparan batu dari rumah mereka, bukan tentang sebuah negara yang nun jauh di sana. Dengan ini saya tetap mendukung pencalonan Malaysia. SpartacksCompatriot lapak stensil 2 Maret 2013 13.33 (UTC).

    Apakah Bro SpartacksCompatriot lapak stensil tidak membaca argumentasi saya yang kedua? Di sana kan jelas saya juga katakan bahwa :
    Lagipula dari segi latar belakang bahasa, seni dan budaya antara NegaraIndonesia” dengan NegaraMalaysia” sebagian besar ada kemiripan, sehingga NegaraMalaysia” bisa dengan berani-beraninya mengklaim beberapa kekayaan budaya asli NegaraIndonesia” menjadi budaya asli negaranya.
    (Lihat berita selengkapnya di sini dan di sini)
    Salam. ~~ Erwin Mulialim(talk) 2 Maret 2013 14.14 (UTC).

    Hai Mas Erwin, Wikipedia Bahasa Indonesia bukan spesifik punya bangsa Indonesia. Banyak pengguna dari Malaysia yang juga berperan membesarkan dan jadi pelopor di sini. Jadi harap tidak membawa sentimen kebencian Malaysia-Indonesia. Jika ingin menggagalkan Malaysia menjadi salah satu artikel, silakan gunakan argumen lain. Hariadhi - Ngobrol 2 Maret 2013 14.18 (UTC).
    Okay-lah kalau begitu Bro Hariadhi - Ngobrol,
    Bersama ini saya menyatakan dengan tulus meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada para pengguna yang berasal dari NegaraMalaysia”, maka dengan demikian saya juga membatalkan pernyataan saya di atas dengan mencoretnya.
    Namun saya tetap mengusulkan supaya NegaraTiongkok” dapat dipertimbangkan untuk dimasukkan ke dalamnya, dengan pertimbangan saya adalah sebagai berikut :
    • Sebab NegaraTiongkok” belakangan ini telah menjelma merupakan salah satu negara berperekonomian maju di Asia, yang perlahan namun pasti berkembang menjadi raksasa ekonomi dunia dan bahkan diprediksikan pada tahun-tahun 2020-an NegaraTiongkok” akan menjadi negara adidaya ekonomi dunia, yang mana pada saat itu NegaraTiongkok” diprediksikan berhasil menggeser dominasi NegaraAmerika Serikat” pada perekonomian dunia, yang pada tahun 2010 lalu NegaraAmerika Serikat” dilaporkan masih menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia. (Lihat berita selengkapnya di sini dan di sini)
    • Sebab peradaban “Cina” adalah merupakan salah satu peradaban tertua di dunia, yang terdiri dari sejarah dan budaya beberapa negara yang ada sejak 6 milenia yang lalu, dan juga adalah merupakan negara dengan penduduk terbanyak di dunia, dengan populasi melebihi 1,3 miliar jiwa, yang mayoritas merupakan bersuku bangsa Han. NegaraTiongkok” juga adalah negara yang terbesar di Asia Timur, dan ketiga terluas di dunia, setelah Rusia dan Kanada. NegaraTiongkok” berbatasan dengan 14 negara: Afganistan, Bhutan, Myanmar, India, Kazakhstan, Kirgizia, Korea Utara, Laos, Mongolia, Nepal, Pakistan, Rusia, Tajikistan dan Vietnam.
    Salam. ~~ Erwin Mulialim(talk) 2 Maret 2013 14.40 (UTC).
    Kalau alasannya begitu, saya bisa dukung. InggrisBritania Raya saat ini lebih baik ditukar dengan Cina (seandainya perlu membatasi 5 negara) Hariadhi - Ngobrol 2 Maret 2013 17.17 (UTC)
    Saya tidak setuju Malaysia digusur. Saya kira kita harus memasukkan satu negara tetangga terdekat, yang sering berinteraksi dengan Indonesia, dan menurut saya itu adalah Malaysia atau Singapura. Bagaimana pula ceritanya tahu negara yang jauh tapi yang dekat saja tidak dikenal? Alternatif: masukkan ASEAN. Gombang (bicara) 11 Maret 2013 08.19 (UTC)

    Daripada meributkan negara mana yang harus dipilih, bagaimana kalau topik negara ini kita ganti menjadi benua, kan ada 5 benua (Asia, Eropa, Amerika, Afrika dan Australia) + 1 benua Antartika. Nantinya dapat diceritakan sedikit tentang negara-negara yang ada di benua tersebut. --Eddy bf (bicara) 2 Maret 2013 22.23 (UTC)

    Nah ini usul bagus. Kalau memilih negara pasti ada yang terlewatkan. Sebagai contoh kenapa kita memasukkan Malaysia tapi tidak Singapura? Cina tapi tidak India? Memasukkan artikel benua atau wilayah bisa mencakup negara-negara penting. Gombang (bicara) 11 Maret 2013 08.24 (UTC)

    Topik: Indonesia[sunting sumber]

    1. Indonesia PW:ANAK/1
      Lho persis di bagian atas ini (bagian "Topik: Negara") kan sudah ada Indonesia; kenapa koq pada bagian ini (bagian "Topik: Indonesia"), pada sub-bagian/poin ini (poin Indonesia) diulangi lagi pembahasan dengan judul yang sama persis?
      Salam. ~~ Erwin Mulialim(talk) 2 Maret 2013 19.52 (UTC).
      Pembicaraan_Wikipedia:ProyekWiki_ensiklopedia_cetak_untuk_anak#Tentang_Pemilihan_Artikel. ‑Bennylin bicara 13.02, 3 Maret 2013 (WIB)
    2. Jakarta
    3. Bali
    4. Bahasa Indonesia
    5. Sejarah Indonesia

    Topik: Olahraga[sunting sumber]

    1. Sepak bola
    2. Bola basket diganti Berenang, mengingat daerah kepulauan (terpencil)  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  18.06, 3 Maret 2013 (WIB)
      Nah begitu donk Bro Iwan Novirion, ingat sama anak-anak yang tinggal di daerah kepulauan (terpencil) atau daerah pelosok pesisir yang terpencil,
      Salam. ~~ Erwin Mulialim(talk) 3 Maret 2013 14.40 (UTC).
      Setuju berenang. Awas hasil editannya jangan sampai diketawain mereka yang lebih jago dari kita-kita Hariadhi - Ngobrol 3 Maret 2013 21.24 (UTC)
    3. Bulu tangkis
    4. Bola voli
    5. Sepak takraw
      Kenapa sepak takraw? ‑Bennylin rapat 21.53, 28 Februari 2013 (WIB)
      Saya rasa kita paling tidak harus menambahkan satu olahraga tradisional dari Indonesia. SpartacksCompatriot lapak stensil 1 Maret 2013 13.36 (UTC)
      Kalau begitu usulnya menarik juga. Sekalian kita masukkan Silat. Hariadhi - Ngobrol 2 Maret 2013 14.39 (UTC)
      Berdasarkan popularitas saja. Inga.. inga... 50 artikel :) ‑Bennylin runding 23.18, 2 Maret 2013 (WIB)
      Wokeeee. Harusnya voli bisa digeser bukan? :)) Hariadhi - Ngobrol 2 Maret 2013 17.00 (UTC)
      Ini berdasarkan Wikipedia:Statistik#Halaman_yang_paling_sering_dikunjungi, tapi membaca komentar Anda, ini jadi terlihat tidak penting dan bisa diganti dengan topik usulan Anda. ‑Bennylin debat 00.53, 3 Maret 2013 (WIB)
      Bolehkah saya mengusulkan sepak takraw diganti dengan Olimpiade mengingat olimpiade adalah kompetisi olahraga multi-event tertua dan terbesar di seluruh dunia. --Eddy bf (bicara) 2 Maret 2013 22.13 (UTC)
      Bagaimana kalau yang diganti itu Sepak bola, bung Edy...?  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  18.01, 3 Maret 2013 (WIB)
      Setuju. Sepakbola walaupun populer bukan cabang olahraga yang ada prestasinya. Hariadhi - Ngobrol 3 Maret 2013 21.35 (UTC)
      Cabang olahraga yang tidak berprestasi itu justru yang jadi kegemaran anak-anak kampung. SpartacksCompatriot lapak stensil 10 Maret 2013 10.00 (UTC)

    Topik: Ilmu pengetahuan[sunting sumber]

    1. Matematika
    2. Bahasa
    3. Sejarah
    4. Manusia
    5. Sains

    Topik: Bahasa[sunting sumber]

    Topik ini rasanya cukup 2 saja, Indonesia dan Inggris. Biar ada slot utk yg lain.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  23.29, 2 Maret 2013 (WIB)

    Setuju ‑Bennylin cakap 23.36, 2 Maret 2013 (WIB)
    Kalaupun butuh tambahan, bisa masukkan Bahasa Melayu sebagai induk Bahasa Indonesia dan sempat menjadi lingua franca perdagangan. Hariadhi - Ngobrol 2 Maret 2013 17.48 (UTC)
    1. Bahasa Indonesia
    2. Bahasa Inggris

    Topik: Kehidupan[sunting sumber]

    1. Agama
    2. Seni
    3. Musik
    4. Film
    5. Budaya

    Topik: Masyarakat[sunting sumber]

    1. Hukum
    2. Kebudayaan
    3. Keluarga
    4. Uang
    5. Pemerintahan

    Topik: Biografi tokoh[sunting sumber]

    Menurut saya, tokoh sebaiknya sesedikit mungkin, atau bila perlu tidak usah sama sekali. ‑Bennylin bincang 23.20, 2 Maret 2013 (WIB)

    Setuju, lebih bermanfaat disisakan untuk topik biologi. Ada banyak artikel penting yang perlu masuk di sana. Hariadhi - Ngobrol 2 Maret 2013 17.45 (UTC)
    Saya rasa Soekarno dan Muhammad Hatta sangat perlu kita masukkan mengingat beliau berdua adalah bapak proklamator kemerdekaan RI. --Eddy bf (bicara) 2 Maret 2013 22.16 (UTC)
    Begini saja, Soekarno dan Hatta digabungkan dalam satu artikel, Proklamator Kemerdekaan Indonesia. SpartacksCompatriot lapak stensil 2 Maret 2013 22.59 (UTC)
    Begitu juga boleh bung. Jika begitu dimasukkan saja menjadi bagian dari Topik Indonesia. Dan Topik Biografi ini dihilangkan saja. --Eddy bf (bicara) 2 Maret 2013 23.37 (UTC)
    1. Abdurrahman Wahid
      Mengapa harus Gus Dur? — FarrasLa Poste 2 Maret 2013 12.20 (UTC)
      Setuju, lebih baik Sudirman atau Diponegoro untuk kalangan pahlawan. Kalangan presiden sudah diwakili Soekarno. Hariadhi - Ngobrol 2 Maret 2013 14.24 (UTC)
    2. Obama
    Mengapa Obama ya? Saya rasa khawatir dituduh bias apabila Obama dimasukkan sementara SBY tidak. Sementara saya juga tidak sepakat bila memasukkan SBY, karena dikhawatirkan dituduh bias politik. --Ricky Setiawan (bicara) 10 Maret 2013 08.57 (UTC)
    1. Soekarno

    Topik: Wikipedia[sunting sumber]

    1. Wikipedia PW:ANAK/2
    2. Nupedia
      Ya ampun, yang mengusulkan mbok ya mikir, 50 artikel kok mau dimasukin Nupedia :D ‑Bennylin cerita 23.20, 2 Maret 2013 (WIB)

    Topik: Lain-lain[sunting sumber]

    1. Komputer
    2. Internet
    3. Telepon genggam
    4. PlayStation
    So yesterday.... ‑Bennylin komunikasi 23.24, 2 Maret 2013 (WIB)
    Setuju tidak relevan Hariadhi - Ngobrol 3 Maret 2013 21.29 (UTC)
    5. BlackBerry
    Almost so yesterday.... ‑Bennylin komunikasi 23.24, 2 Maret 2013 (WIB)
    Kalau begitu, saya usul bagaimana jika memasukkan Radio, Tape, ataupun berbagai peralatan yang sudah merakyat masuk ke pelosok desa-desa yang terpencil sekalipun, mengingat notabene peralatan-peralatan ini harganya saat ini sudah sangat terjangkau oleh kalangan masyarakat tak mampu.
    Salam. ~~ Erwin Mulialim(talk) 2 Maret 2013 18.44 (UTC).
    Radio ok. Tape kayanya zaman sekarang udah ga ada yang jual (CMIIW) Hariadhi - Ngobrol 3 Maret 2013 21.29 (UTC)

    Topik:Makanan Tradisional Jepang[sunting sumber]

    --Hanamanteo (bicara) 13 Maret 2013 02.39 (UTC)

    • Tidak setuju semua: kita mencari 50 artikel yang umum-umum buat anak-anak, bukan khusus sekali sampai topik "makanan tradisional jepang". Salam ·· KℇℵℭK 15 Maret 2013 04.16 (UTC)