Sepak takraw

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sepak takraw
Game of Sepaktakraw at a match in Strasbourg.jpg
Induk organisasiISTAF
Pertama dimainkanTiongkok, diperkenalkan ke Asia Tenggara
Karakteristik
Anggota tim2-4 orang per tim
Gender campurantunggal
Kategoridalam ruangan, pantai
Peralatanbola rotan
Bola Sepak takraw dari rotan

Sepak takraw adalah jenis olahraga campuran dari sepak bola dan bola voli, dimainkan di lapangan ganda bulu tangkis, dan pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan. Kejuaraan paling bergengsi dalam cabang ini adalah King's Cup World Championships, yang terakhir diadakan di Bangkok, Thailand. Permainan ini berasal dari Asia Tenggara di Indonesia dan Malaysia, sepak takraw dikenal sebagai Sepak Raga. Bola terbuat dari anyaman rotan dan pemain berdiri membentuk lingkaran.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah asal usul sepak takraw tidak jelas dan masih diperdebatkan, sepak takraw diperkenalkan ke asia tenggara oleh orang tiongkok yang terinspirasi dari permainan tradisional, cuju. Permainan sejenis ini di Myanmar disebut dengan permainan chinlone, permainan tradisional yang berumur 1500 tahun.

Di Indonesia, Sepak Takraw juga dikenal sebagai Sepak Raga dalam berbagai bahasa daerah di Indonesia. Di Sulawesi, permainan sepak takrtaw Bugis disebut "Raga" (pemainnya disebut "Pa'Raga"). Dengan beberapa pria membuat lingkaran dalam kelompok, dan bermain melempar bola dari satu orang ke yang lain dengan menggunakan kakinya saja. Raga juga dimainkan dengan memperagakan beberapa trik, seperti menendang bola dan meletakkannya di kepala pemain dengan tengkolok bugis.

Catatan tentang sepak raga juga terdapat dalam sejarah Melayu dan telah dimainkan semenjak Zaman Kesultanan Melayu Melaka lagi. Dalam Sulalatus Salatin ada diceritakan mengenai Raja Muhammad, putera Sultan Mansor Shah Muhammad, yang tertanggal tanjaknya akibat terkena bola raga tendangan Tun Besar. Ketika pemerintahan Sultan Mansur Shah Ibni Almarhum Sultan Muzzaffar Shah (1459 - 1477), seorang puteranya bernama Raja Ahmad telah dibuang negeri karena membunuh anak Bendahara akibat persengketaan ketika bermain sepak raga.

Di Thailand (dahulu Siam), ada bukti bahwa orang Thailand telah memainkan Sepak Takraw sejak masa Kerajaan Ayutthaya.

Pada sekitar tahun 1940-an hal ini berubah dengan menggunakan jaring dan peraturan angka. Di Filipina permainan ini disebut sipa, di Laos disebut dengan maradong, dan di Thailand disebut dengan takraw.

Peraturan[sunting | sunting sumber]

Peraturannya sama dengan bola voli dengan perbedaan sebagai berikut.

  1. Pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan.
  2. Pemain atau tim hanya boleh menyentuh bola 3 kali berturut-turut.
  3. Posisi pemain bertahan tidak diputar.
  4. Angka kemenangan setiap set maksimum 21 angka, kecuali pada saat posisi angka 20-20, pemenang akan ditentukan pada saat selisih dua angka sampai batas akhir 25 poin, ketika 20-20 wasit utama menyerukan batas angka 25 poin.
  5. Apabila masing-masing regu memnangkan satu set, maka pemain akan dilanjutkan dengan set “Tie Break” dengan 15 poin kecuali pada posis 14-14, pemenang akan ditentukan pada selisih dua angka sampai batas akhirnya angka 17.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]