Sepak raga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sepak Raga)
Sepak raga
Paraga atau Maraga, variasi sepak raga yang berasal dari suku Bugis dan Makassar
Pertama dimainkanKepulauan Melayu[1][2][3]
Karakteristik
Kontak fisikTidak
Anggota timVariasi
KategoriIndoor dan Outdoor
PeralatanBola rattan, plastik karet sintetis
Keberadaan
OlimpiadeTidak

Sepak raga (Minangkabau: sipak rago) adalah olahraga tradisional Indonesia dan Malaysia, yang dikembangkan di Kepulauan Melayu. Permainan ini berkaitan dengan sepak takraw modern. Permainan serupa termasuk voli kaki dan permainan tradisional tiongkok jianzi.

Permainan ini dimainkan oleh lima sampai sepuluh orang dengan membentuk lingkaran di lapangan terbuka, dimana bola dimainkan dengan kaki dan teknik tertentu agar bola berpindah dari satu pemain ke pemain lain tanpa jatuh ke tanah. sepak raga terbuat dari daun kelapa muda atau kulit rotan yang dianyam dengan tangan. Olahraga ini membutuhkan kecepatan, kelincahan, dan penguasaan bola.

Tradisi sepak raga ditemukan di berbagai daerah di kepulauan Indonesia, antara lain Sumatera Barat: sipak rago; Riau dan Sumatera Utara: rago tinggi; Sulawesi: paraga. Hal ini juga ditemukan di wilayah Semenanjung Melayu, termasuk Johor, Penang dan Pahang.

Perbedaan utama sepak raga dengan sepak takraw terletak pada penggunaan jaring (net) yang ditemui pada sepak takraw, tetapi tidak dipakai pada sepak raga.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebuah permainan bola yang disebut "Menjaga bola di atas tanah", Banda, 1601. Bolanya terbuat dari cabang yang dibengkokan.

Sepak takraw dikenal oleh masyarakat Indonesia dan Malaysia di beberapa daerah seperti Kalimantan, Semenanjung Malaya, Sumatera dan Sulawesi sebagai Sepak raga, yaitu permainan anak-anak setempat yang masih menggunakan bola yang terbuat dari rotan. Dalam permainan ini, setiap pemain harus menunjukkan kemahiran dalam penanganan bola: pemain memainkan bola rotan dengan semua anggota badan kecuali dengan tangan seperti kaki, paha, dada, bahu, kepala, dan harus memastikan bahwa bola tidak jatuh ke tanah. . Perkembangan sepaktakraw di negara-negara Asia khususnya Asia Tenggara telah mengenal permainan bola rotan sejak lama.[4][5][6]

Variasi[sunting | sunting sumber]

Indonesia[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, terdapat berbagai jenis variasi sepak raga. Setiap daerah memiliki cirikhasnya masing masing.

Minangkabau[sunting | sunting sumber]

Sepak Rago atau Sipak Rago adalah permainan tradisional dari provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Permainan sepak rago umumnya dimainkan pada upacara nagari. Dimainkan oleh anak laki-laki dengan 9 pemain. Peralatan yang digunakan adalah bola yang terbuat dari anyaman rotan dengan diameter 15 cm. Permainan ini dimainkan di lapangan terbuka dengan membuat lingkaran dengan diameter 4,5 m. Kemudian dibagi menjadi 9 sektor dengan memberi tanda. Para pemain berdiri di sektor masing-masing dan satu di tengah membagi bola. Baik menerima maupun memberi bola harus melalui tendangan.

Pertandingan dibagi menjadi dua tahap, yaitu babak penyisihan disebut trot dan babak final disebut boko. Penilaian dilakukan terhadap teknik dan gaya menendang bola yang disebut renten. Durasi permainan galloping adalah 15 menit, sedangkan Boko adalah 30 menit. Dapat diperpanjang jika dianggap perlu oleh wasit.

Pada zaman dahulu permainan sepak bola dimainkan oleh anak-anak muda desa (Nagari) pada sore hari untuk mengisi waktu luang dan sebagai sarana hiburan. Tidak ada penilaian baku pada game ini, karena game ini tidak dilombakan. Yang ada hanya penilaian kemahiran pemain dalam memainkan bola agar tidak jatuh ke tanah. Saat ini permainan ini masih dapat ditemukan di pinggiran kota Padang dan juga di daerah lain di Sumatera Barat, namun di perkotaan mulai ditinggalkan oleh masyarakat. Belakangan ini permainan sepak rago mulai dipertandingkan dan banyak bermunculan perkumpulan-perkumpulan sepak bola.[7][8]

Makassar[sunting | sunting sumber]

Paraga, Ma'raga atau A'raga, adalah permainan tradisional suku Makassar dari provinsi Sulawesi Selatan di Indonesia. Paraga biasanya dimainkan oleh laki-laki, mengingat gerakan paraga yang kompleks dan merupakan gerakan latihan kelincahan.

Sepintas bola paraga hampir mirip dengan bola takraw karena bentuk bolanya dan bahan bolanya terbuat dari rotan. Namun yang membedakan antara sepak takraw dan paraga adalah jika bola takraw hanya tersusun dalam satu lapis rotan, maka bola paraga disusun dalam tiga lapis.

Biasanya dalam paraga ada enam penari dan empat pemain musik. Semuanya memiliki tugas masing-masing untuk menyelaraskan satu sama lain. Salah satu unsur yang harus dilatih dalam olahraga ini adalah keseimbangan yang menjadi modal untuk mengolah bola sedemikian rupa. Apalagi dalam formasi gerakan majemuk yang mengandalkan kerjasama tim agar bola tetap dalam penguasaannya.

Passapu' atau ikat kepala yang merupakan ciri khas pakaian suku Makassar yang dikenakan oleh para pemain paraga. Sabuk kepala dilapisi tepung kanji agar tetap tegak saat pemain paraga mengolah bola. Pakaian yang dikenakan para paragan disebut pakaian Bela Makassar, sedangkan para musisi memakai pakaian tertutup.

Kebersamaan dan tekad yang kuat serta gotong royong membuat para pemain paraga tidak sekedar bermain. Ada nilai-nilai khusus yang diajarkan tidak hanya untuk pemain tetapi juga untuk penonton.[9][10]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dunsmore, Susi (1983). Sepak Raga. University of Michigan. hlm. 2. 
  2. ^ Brown, Charles Cuthbert (1970). Sejarah Melayu; or, Malay annals: an annotated translation [from the Malay]. Oxford University Press. hlm. 89. 
  3. ^ detikSport (2013-04-05). "Genealogi Sepakbola Indonesia (Bagian 1): Nusantara Bermain Bola". Detik.com. Diakses tanggal 2021-02-18. 
  4. ^ detikSport (2013-04-05). "Genealogi Sepakbola Indonesia (Bagian 1): Nusantara Bermain Bola". Detik.com. Diakses tanggal 2021-02-18. 
  5. ^ Aditya Widya Putri (2018-09-01). "Sepak Takraw yang Diperebutkan Indonesia, Malaysia, dan Thailand". Tirto.com. Diakses tanggal 2021-01-26. 
  6. ^ Shawn Kelley. "Takraw: A Traditional Southeast Asian Sport". Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 July 2007. Diakses tanggal 30 July 2007. 
  7. ^ "Sipak Rago". padangpariamankab.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-19. Diakses tanggal 2021-02-13. 
  8. ^ "Permainan Sipak Rago Perlu Dilestarikan Sebagai Warisan Budaya". padangmedia.com. Diakses tanggal 2021-02-18. 
  9. ^ "Ma'raga atau A'raga, Sepak Raga dari Sulawesi Selatan". Kemendikbud.com. 2018-08-08. Diakses tanggal 2021-02-13. 
  10. ^ I Made Asdhiana (2013-01-05). "Paraga, Permainan dan Kesenian Tradisional Bugis". Kompas.com. Diakses tanggal 2021-02-13.