Lompat ke isi

Twister (film 1996)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Twister (film))

Twister adalah film bencana Amerika tahun 1996 yang disutradarai oleh Jan de Bont dari skenario oleh Michael Crichton dan Anne-Marie Martin. Itu diproduksi oleh Crichton, Kathleen Kennedy, dan Ian Bryce, dengan Steven Spielberg, Walter Parkes, Laurie MacDonald, dan Gerald R. Molen menjabat sebagai produser eksekutif. Film ini dibintangi oleh pemeran ansambel yang mencakup Helen Hunt, Bill Paxton, Jami Gertz, Cary Elwes, Philip Seymour Hoffman, Alan Ruck, Todd Field, dan Jeremy Davies sebagai sekelompok pemburu badai amatir namun bersemangat yang mencoba menggunakan perangkat penelitian tornado selama wabah parah di Oklahoma. Twister dirilis di bioskop di 10 Mei 1996. Film ini terkenal sebagai salah satu film pertama yang dirilis dalam bentuk DVD di Amerika Serikat.

'''Twister' meraup $495 juta di seluruh dunia dan menjadi film terlaris kedua pada tahun 1996; itu menjual sekitar 54,7 juta tiket di Amerika Serikat. Film ini umumnya menerima ulasan positif dari para kritikus dan menerima nominasi Academy Award untuk Efek Visual Terbaik dan Suara Terbaik. Sekuel mandiri, 'Twisters', dirilis di bulan Juli 2024.

Twister
Twister theatrical poster
SutradaraJan de Bont
ProduserIan Bryce
Michael Crichton
Kathleen Kennedy
Ditulis olehMichael Crichton
Anne-Marie Martin
PemeranHelen Hunt
Bill Paxton
Jami Gertz
Cary Elwes
Philip Seymour Hoffman
Alan Ruck
Penata musikVan Halen
Flea
Mark Mancina
Anthony Kiedis (uncredited)
Dave Navarro (uncredited)
Chad Smith (uncredited)
Gioacchino Rossini
Ennio Morricone
SinematograferJack N. Green
PenyuntingMichael Kahn
DistributorWarner Bros. (AS)
Universal Studios (non-AS)
Tanggal rilis
10 Mei 1996
Durasi113 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
AnggaranUS$92,000,000 (estimated)

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan dan penulisan

Twister diproduksi oleh Amblin Entertainment milik Steven Spielberg, dengan dukungan finansial dari Warner Bros. Pictures dan Universal Pictures. Sebagai imbalannya, Warner Bros. diberi hak distribusi di Amerika Utara, sementara perusahaan distribusi patungan Universal, United International Pictures ( UIP ), memperoleh hak distribusi internasional. Pitch tersebut bukanlah sebuah naskah, namun sebuah klip bukti konsep dari efek visual yang dibuat oleh Industrial Light & Magic, yang dibuat seluruhnya dalam citra yang dihasilkan komputer dan menampilkan sebuah truk pickup yang sedang melaju menuju tornado yang menarik sebuah traktor, dengan salah satu bannya patah. lepas dan menabrak kaca depan truk. ILM menugaskan Stefen Fangmeier untuk menjadi pengawas efek atas pengalamannya dengan tornado, setelah membantu membuat simulasi saat bekerja dengan pemburu badai di Pusat Aplikasi Superkomputer Nasional

Spielberg sendiri awalnya ditugaskan untuk mengarahkan proyek tersebut, dan sutradara seperti James Cameron, John Badham, Tim Burton, dan Robert Zemeckis juga sedang dalam pembicaraan untuk memimpin film tersebut sebelum Jan de Bont menandatangani kontrak dengan Twister setelah meninggalkan Godzilla karena perbedaan kreatif. De Bont diundang oleh Spielberg setelah kesuksesan debut penyutradaraannya, Speed, yang dirilis pada tahun 1994, setelah karir yang panjang sebagai direktur fotografi, dan menggambarkan proyek tersebut sebagai "dongeng Grimm tempat monster keluar dari dunia." awan gelap". Michael Crichton dan istrinya serta rekan penulisnya, Anne-Marie Martin, dibayar $2,5 juta untuk sebuah skenario, yang mulai ditulis di bulan Januari 1994. Crichton mengatakan 2 dasar naskah tersebut adalah film dokumenter PBS tentang pemburu badai dan plot komedi romantis His Girl Friday, dimana seorang editor surat kabar dan mantannya yang bertunangan dengan pria lain melakukan pekerjaan terakhir bersama.

Dua penulis skenario kemudian menuntut studio tersebut dengan mengklaim Twister diambil dari ide mereka : Daniel Perkins, yang naskahnya Tornado Chasers berurusan dengan militer yang memanfaatkan tornado sebagai senjata dan membayar jumlah yang tidak diungkapkan; dan Stephen B. Kessler, penulis naskah tentang pemburu badai di Oklahoma berjudul Catch the Wind, dan kasusnya akhirnya dibatalkan. Dorothy terinspirasi oleh TOTO, perangkat berbentuk tong yang digunakan untuk meneliti tornado di tahun 1980an. De Bont mendorong agar dialog tersebut "sangat bersemangat" untuk mencerminkan kegembiraan yang dialami oleh para pemburu badai, menambahkan bahwa dialog "menjadi sangat kaku dengan sangat cepat" jika tidak "bergerak maju dan diberi energi dalam pola yang sama dengan aksinya", sementara mendorong para pemain untuk mengimprovisasi dialog mereka.

Ia juga berusaha mengurangi jumlah adegan dan eksposisi yang "yang membuat sebuah film menjadi kurang menarik" sambil merasa bahwa "segala sesuatunya akan menjelaskan dengan sendirinya saat Anda terus menonton", namun studio bersikeras akan hal itu. Untuk momen penjelasannya, ada fokus pada karakter Melissa, yang berperan sebagai pengganti penonton mengingat dia tidak punya pengalaman mengejar badai.

Helen Hunt adalah pilihan pertama de Bont untuk memerankan Jo Thornton-Harding, dan meskipun studio enggan karena kurangnya peran film besar, dia bersikeras, mengingat dia adalah aktris yang baik yang bisa memenuhi tuntutan fisik dari peran tersebut. Hunt awalnya tidak tertarik, menyatakan bahwa "Saya hanya tidak tahu apa yang sebenarnya bisa saya sumbangkan dalam hal akting", tetapi berubah pikiran setelah makan siang bersama de Bont dan Spielberg di kantor Amblin. Tom Hanks membaca untuk peran Bill Harding tetapi meneruskan film tersebut dan menyarankan agar Paxton mencoba peran tersebut. De Bont ingin kru pemburu badai menyerupai orang-orang yang ia temui selama pra-produksi, sebuah tim mahasiswa pascasarjana Universitas Oklahoma. Laboratorium Badai Parah Nasional di Norman, Oklahoma bekerjasama dengan produksi, melatih kru tentang keselamatan cuaca, mengizinkan para aktor untuk mengunjungi fasilitas mereka dan ikut serta dalam pengejaran tornado, dan memberikan konsultasi mengenai naskah yang mencakup membuang tornado yang mustahil itu. akan berlangsung selama 1 setengah hari dan malah menyebabkan pecahnya tornado, yang bisa menyerang dimana saja, kapan saja, di lokasi mana saja, dan dengan kekuatan yang berbeda-beda.

Syuting[sunting | sunting sumber]

Produksinya mengalami masalah; Joss Whedon dibawa untuk menulis ulang naskah di awal musim semi tahun 1995. Ketika Whedon terjangkit bronkitis, Steven Zaillian dibawa untuk mengerjakan revisi. Whedon kemudian kembali dan mengerjakan revisi melalui awal pengambilan gambar di Mei 1995, kemudian meninggalkan proyek tersebut setelah dia menikah. 2 minggu setelah produksi, Jeff Nathanson mengalir ke lokasi syuting dan mengerjakan naskahnya hingga fotografi utama berakhir. Diantara perubahan tersebut, Hunt mengeluh bahwa interaksi Jo dan Melissa "sangat tidak sopan satu sama lain", mendorongnya untuk memberitahu produser, “Itu tidak akan menyenangkan untuk dimainkan atau ditonton. Saya tidak yakin apakah saya ingin melakukan itu.” Setelah pemboman Kota Oklahoma terjadi di tanggal 19 April 1995, pembuatan film Twister dihentikan sementara para pemain dan kru bekerja dengan upaya bantuan

Pembuatan film awalnya dilakukan di Inggris dan California, namun De Bont bersikeras agar film tersebut dibuat di lokasi di Oklahoma, karena ia merasa bahwa Twister bisa menjadi "film aksi hebat terakhir yang tidak direkam di panggung musik". Penembakan terjadi di seluruh negara bagian; beberapa adegan, termasuk adegan pembuka dimana karakter bertemu satu sama lain, dan kejar-kejaran tornado pertama di pikap Jeep, difilmkan di Fairfax dan Ralston, Oklahoma. Adegan di bengkel otomotif difilmkan di Maysville dan Norman. Adegan puting beliung difilmkan di Danau Kaw dekat Kota Kaw. Adegan drive-in difilmkan di teater drive-in yang sebenarnya di Guthrie, meskipun beberapa adegan, seperti kamar hotel Melissa, difilmkan di Stillwater dekat kampus Universitas Negeri Oklahoma. The Shining dimainkan selama urutan tersebut..

Kota Wakita yang sebenarnya – yang merupakan kampung halaman karakter Lois Smith, Meg, dalam film tersebut – digunakan selama pembuatan film, dan bagian kota yang lebih tua dihancurkan untuk adegan tersebut, menunjukkan dampak dari tornado F4 yang terjadi. menghancurkan kota. Lokasi ini dipilih setelah pengintai menemukan sisa puing dari bencana besar yang terjadi 2 tahun sebelumnya di bulan Juni 1993. Sebagian besar penduduk mendaftar sebagai tambahan dan dibayar $100 per hari. Adegan tambahan dan B-roll difilmkan didekat Kota Ponca dan Lembah Pauls, diantara beberapa kota pertanian kecil lainnya di seluruh negara bagian. Namun, karena pergantian musim yang mengubah tampilan topografi Oklahoma secara besar-besaran, pembuatan film dipindahkan ke Iowa. Adegan klimaks dengan tornado F5 hampir seluruhnya diambil di sekitar Eldora, Iowa, dengan karakter ladang jagung yang melewatinya terletak didekat Ames.

Di tengah pembuatan film, Bill Paxton dan Helen Hunt untuk sementara dibutakan oleh lampu elektronik terang yang digunakan untuk membuat langit dibelakang kedua aktor tersebut terlihat gelap dan berangin. Paxton ingat bahwa "hal-hal ini benar-benar membuat mata kami terbakar sinar matahari. Saya kembali ke kamar saya, saya tidak bisa melihat". Untuk mengatasi masalah ini, filter Plexiglas ditempatkan didepan balok. Para aktor meminum obat tetes mata dan memakai kacamata khusus selama beberapa hari untuk memulihkan diri. Setelah syuting di selokan yang sangat tidak bersih ( untuk adegan kejar-kejaran tornado pertama, dimana Bill dan Jo terpaksa berlindung dari tornado F1 yang mendekat dibawah jembatan pendek ), Hunt dan Paxton memerlukan suntikan hepatitis. Dalam adegan yang sama, Hunt berulang kali membenturkan kepalanya ke jembatan kayu yang rendah, begitu lelah karena tembakan yang berat sehingga dia berdiri begitu cepat hingga kepalanya membentur balok. Dalam salah satu aksi dimana Hunt membuka pintu kendaraan yang melaju melalui ladang jagung, dia melepaskan pintu itu sejenak dan pintu itu mengenai bagian samping kepalanya. Beberapa sumber mengklaim dia mengalami gegar otak dalam insiden tersebut. De Bont berkata, "Saya sangat mencintai Helen, tapi tahukah Anda, dia juga bisa sedikit canggung". Dia menjawab, "Kikuk? Pria itu membakar retinaku, tapi aku kikuk... Kupikir aku adalah olahragawan yang baik. Akhirnya aku tidak tahu apakah Jan menganggapku seperti itu atau tidak, tapi orang pasti berharap begitu" .[6] Jo dan Bill didalam tornado F5 difilmkan dengan menggulung set tersebut dalam gimbal sehingga tanah berdiri di langit-langit saat Hunt dan Paxton digantung di batang logam, dengan rekaman kemudian dibalik agar tampak seolah-olah mereka sedang tersedot keatas oleh badai.

Cuaca buruk sering terjadi selama produksi, disertai badai es, petir, banjir, dan lumpur. Beberapa anggota kru, merasa bahwa De Bont "diluar kendali", meninggalkan produksi lima minggu setelah syuting. Kru kamera yang dipimpin oleh Don Burgess mengklaim De Bont "tidak tahu apa yang dia inginkan sampai dia melihatnya. Dia akan memotret satu arah, dengan semua peralatan dibelakang pandangan kamera, dan kemudian dia ingin memotret dalam arah yang sama." arah lain segera dan kami harus memindahkan [ segalanya ] dan dia akan marah karena kami memakan waktu terlalu lama...dan itu selalu merupakan kesalahan orang lain, bukan kesalahannya". De Bont mengklaim bahwa mereka harus menjadwalkan setidaknya 3 adegan setiap hari karena cuaca sering berubah, dan "Jangan kesulitan menyesuaikan diri dengan itu".

Ketika De Bont, dalam keadaan marah, menjatuhkan asisten kamera yang melewatkan isyarat, Burgess dan krunya keluar dari lokasi syuting, yang membuat para pemain terkejut. Mereka tetap di tempatnya selama satu minggu lagi sampai kru Jack N. Green setuju untuk menggantikannya. Dua hari sebelum syuting utama berakhir, Green terluka ketika set rumah hidrolik (digunakan dalam adegan dimana Jo dan Bill menyelamatkan Meg dan anjingnya dari rumahnya yang hancur akibat angin puting beliung di Wakita ), yang dirancang untuk runtuh karena isyarat, secara keliru diaktifkan dengan dia di alamnya. Langit-langit yang dipasang menimpa kepalanya dan melukai punggungnya, sehingga dia harus dirawat di rumah sakit. De Bont mengambil alih sebagai direktur fotografinya sendiri untuk sisa pengambilan gambar.

Karena langit mendung tidak selalu tersedia, De Bont harus memotret banyak adegan film yang mengejar tornado dibawah sinar matahari yang cerah, sehingga Industrial Light & Magic harus melipatgandakan rencana aslinya untuk 150 pengambilan gambar "pengganti langit digital". Fotografi utama awalnya diberi tenggat waktu untuk mengizinkan Hunt kembali memfilmkan musim keempat sitkom NBC-nya Mad About You, tetapi ketika pengambilan gambar melebihi jadwal, pembuat serial dan aktor Paul Reiser setuju untuk menunda produksi acara tersebut selama 2 setengah minggu. jadi Twister bisa menyelesaikan syutingnya. De Bont bersikeras menggunakan beberapa kamera, yang menghasilkan pemaparan film sepanjang 1.300.000 kaki ( 400.000 m ), dibandingkan dengan maksimum biasanya 300.000 kaki ( 91.000 m ). Para kru menggunakan mesin pesawat Boeing 707 dan kipas yang lebih kecil untuk menghasilkan angin sepanjang film.

Truk pikap mengikuti kendaraan para aktor untuk membuang puing-puing, termasuk potongan es untuk mensimulasikan hujan es, yang dibuat dengan mesin es yang diimpor dari negara bagian tetangga karena Oklahoma kekurangannya. Ford Motor Company mencoba menjadikan F-150 1997 sebagai kendaraan utama film tersebut, tetapi dikalahkan oleh Chrysler dan Dodge Ram mereka. 5 Ram disediakan, salah satunya merupakan prototipe untuk digunakan dalam adegan dimana kendaraan mengalami kerusakan parah, dan truk melewati 20 kaca depan karena pecah oleh puing-puing yang beterbangan. Chrysler juga menyediakan delapan minivan Dodge Caravan. Adegan dimana traktor yang ditarik oleh angin puting beliung jatuh di jalur truk protagonis dilakukan dengan menjatuhkan gabungan dari helikopter ke jalan, merekam dengan lensa yang lebih panjang untuk membuat jarak tampak sangat dekat padahal sebenarnya jaraknya 20–30 kaki (6.1 –9,1 m) jauhnya.

Pasca produksi[sunting | sunting sumber]

De Bont mengklaim bahwa Twister menelan biaya hampir $70 juta, dimana $2–3 juta diantaranya diberikan kepada sutradara. Pemotretan ulang di menit-menit terakhir di bulan Maret dan April 1996 ( untuk memperjelas adegan tentang Jo saat masih kecil ) dan persyaratan lembur dalam pasca produksi dan di ILM, diperkirakan telah menaikkan anggaran menjadi $90 juta. Selama pasca produksi Twister, Spielberg mengambil alih tugas mengarahkan Minority Report bukan The Haunting. Tornado dalam film tersebut dibuat dengan animasi komputer. Pakar sistem partikel Habib Zargarpour menggunakan perangkat lunak Dynamation untuk mengembangkan dasar tornado digital, yang terdiri dari jutaan partikel kecil yang membentuk awan corong yang berputar dan bergerak cepat, yang dibandingkan dengan Zargarpour seperti mengemas satu sendok kecil es krim. Untuk menyusun efek suara angin puting beliung ini, De Bont telah merekam berbagai efek suara gabungan, termasuk auman singa, geraman harimau, erangan unta, dan suara mesin jet. Efek khusus lainnya yang dianimasikan dengan CGI termasuk tiang telepon, pohon, truk, traktor, dan seluruh rumah. Sapi CGI dibuat dari zebra CGI dari film Jumanji tahun 1995.

Melepaskan[sunting | sunting sumber]

Teater[sunting | sunting sumber]

Awalnya, Twister direncanakan akan dirilis di tanggal 17 Mei 1996. Warner Bros. akhirnya membuat keputusan untuk memajukan tanggal rilisnya menjadi 10 Mei 1996 untuk menghindari persaingan dengan Mission : Impossible 2 minggu kemudian. Penayangan perdana berlangsung di AMC Penn Square 10, yang kemudian dikenal sebagai General Cinema Theaters di Penn Square Mall di Oklahoma City sehari sebelumnya di tanggal 9 Mei 1996. Jan de Bont, Bill Paxton, dan Helen Hunt berada di mal untuk wawancara. Film ini kemudian menerima rating PG-13 dari Motion Picture Association of America karena "penggambaran cuaca yang sangat buruk secara intens".

Media rumah[sunting | sunting sumber]

Twister dirilis di LaserDisc dan VHS oleh Warner Home Video di tanggal 1 Oktober 1996. Ini adalah rilis video rumahan pertama dari divisi tersebut yang mendapatkan sertifikasi THX. Rilis VHS layar lebar tersedia di waktu yang sama. Ada pesan dari James Lee Witt, yang saat itu menjabat sebagai kepala Badan Manajemen Darurat Federal ( FEMA ) di akhir film. Di bulan November 1996, ia menduduki posisi nomor 1 dalam penjualan teratas Billboard. Film ini dirilis dalam bentuk DVD di tanggal 25 Maret 1997, dan merupakan film fitur pertama yang dirilis dalam format DVD. Rilis DVD terjadi sebelas hari sebelum Twister membuat debut kabel berbayar Amerika Serikat di HBO di tanggal 5 April 1997. Twister kemudian dirilis di VHS oleh MCA / Universal Home Video melalui CIC Video di Inggris di 10 Maret 1997 dan 14 Juli 1997.

Film ini dirilis ulang dalam bentuk DVD di tanggal 6 Juni 2000. Fitur khusus rilis ini termasuk komentar audio oleh Jan De Bont dan Stefen Fangmeier untuk didengarkan sepanjang film, cuplikan dibalik layar dan video musik Van Halen. 8 tahun kemudian di tanggal 6 Mei 2008, dua disk DVD dan Blu-ray edisi khusus dirilis. Sebuah DVD HD kemudian dirilis di tanggal 27 Mei, menjadi salah satu DVD HD terakhir yang pernah dirilis.

Film ini dijadwalkan dirilis dalam format Blu-ray Ultra HD dengan campuran audio Dolby Atmos baru di tanggal 9 Juli 2024.

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Twister menampilkan skor film orkestra tradisional yang disusun oleh Mark Mancina, dan soundtrack single musik rock, banyak diantaranya merupakan rilisan eksklusif untuk film tersebut. Soundtrack dan skor orkestra menampilkan lagu tema instrumental ( "Respect the Wind" ) yang disusun dan dibawakan untuk film tersebut oleh Alex (satu-satunya rekamannya diluar Van Halen ) dan Eddie Van Halen. Musik film ini dirilis dalam format CD dan kaset.

Selain itu, beberapa musik lain digunakan, seperti "Child in Time" milik Deep Purple ( didengarkan saat tim mengambil jalan di awal dan asisten memaksimalkan volume di truknya ). Adegan tersebut kemudian dicampur dan disinkronkan dengan "William Tell Overture". Lagu yang antri di TV di van Dusty adalah "Motherless Child" milik Eric Clapton.

Twister: Motion Picture Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Semua lagu ditulis oleh Mark Mancina, kecuali jika disebutkan.

Mancina mencatat bahwa skornya hanya berisi musik berdurasi 42 menit, tetapi setelah pemotongan film, "musik saya tidak disajikan seperti yang saya inginkan". Beberapa lagu yang telah diatur ada dalam film tersebut, namun tidak dirilis dalam musik orkestra, terutama lagu pengantar yang diatur untuk "Humans Being" ketika tim Jo meninggalkan Wakita untuk mengejar tornado Hailstorm Hill. Lagu lain yang kurang dikenal yang dihilangkan termasuk versi panjang "Going Green" ( saat pertama kali bertemu Jonas ) dan lagu pendek dari saat tornado pertama terlihat.

Twister: Koleksi Arsip yang Diperluas[sunting | sunting sumber]

Di bulan Januari 2017, La-La Land Records merilis album edisi terbatas, remaster, dan diperluas yang berisi seluruh skor Mark Mancina ditambah 4 lagu tambahan.

Semua lagu ditulis oleh Mark Mancina, kecuali jika disebutkan.

Sertifikasi[sunting | sunting sumber]

Angka pengiriman berdasarkan sertifikasi saja.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Film laris[sunting | sunting sumber]

Twister dibuka di tanggal 10 Mei 1996, menghasilkan $41,1 juta dari total 2.414 bioskop selama akhir pekan pembukaannya, dan menduduki peringkat nomor 1 di box office Amerika Utara, menggantikan The Craft. Setelah dirilis, film ini mengungguli The Birdcage yang memiliki pembukaan terbesar di tahun 1996. Di saat itu, film tersebut memiliki pembukaan akhir pekan terbesar keenam dari semua film, dibelakang The Lion King, Batman, Batman Returns, Jurassic Park, dan Batman Forever. Selain itu, film ini memiliki pembukaan akhir pekan terbesar di bulan Mei, merilis Lethal Weapon 3 dan The Flintstones. Kesuksesan Twister membantu film laris bulan Mei secara resmi memulai musim panas. Ini akan mengikuti pembukaan serupa dari Deep Impact di tahun 1998 dan The Mummy di tahun 1999. 2 tahun kemudian di tahun 2001, The Mummy Returns menetapkan preseden baru untuk frame tersebut dengan menghasilkan akhir pekan pembukaan sebesar $68,1 juta. Kemudian di tahun 2002, Spider-Man membawa film pembuka musim panas ke level berikutnya dengan $114,8 juta di akhir pekan pembukaannya.

Selama akhir pekan kedua, Twister berhasil mengungguli Flipper dengan tambahan $37 juta. Film ini menduduki peringkat kedua dengan pendapatan kotor tertinggi di akhir pekan kedua di saat itu, setelah Jurassic Park. Film ini hanya mengalami penurunan sebesar 10% di akhir pekan kedua, menjadikannya penurunan terkecil untuk film non-liburan. Selama 15 tahun, Twister memegang rekor tersebut hingga dikalahkan oleh Puss in Boots dari DreamWorks di tahun 2011. Di tanggal 21 Mei, jumlahnya mencapai angka $100 juta. Tak lama kemudian, posisi nomor 1 diambil alih oleh Mission: Impossible, menempatkan Twister di posisi kedua. Seperti pendahulunya, film ini juga memiliki pembukaan akhir pekan terbesar di bulan Mei. Rekor ini terus dipegang hingga tahun 1997, ketika diambil alih oleh The Lost World: Jurassic Park. Adapun Twister, terus berada di posisi kedua sambil mengalahkan Dragonheart. Ketika The Rock dirilis di bulan Juni itu, film tersebut menempati posisi ketiga. Film tersebut kemudian mendekati $200 juta pada 19 Juni, menjadi film pertama yang mencapai angka tersebut sejak Forrest Gump. Twister jatuh ke posisi kelima tak lama setelah rilis The Hunchback of Notre Dame dan Eraser. Setelah Independence Day dirilis di bulan Juli, film tersebut melampaui Ghostbusters dan menjadi film terlaris domestik tertinggi ke-13 sepanjang masa. Film ini terus mendominasi box office, terutama selama Olimpiade Musim Panas di Atlanta, Georgia.

Setelah 12 minggu dirilis, film tersebut memperoleh $231,3 juta dan menjadi film dengan pendapatan kotor domestik tertinggi ke-12, melampaui The Empire Strikes Back. Twister memperoleh total $241,7 juta di box office Amerika Utara, dan total $494,5 juta di seluruh dunia selama penayangan teatrikalnya. Film tersebut menjadi film dengan pendapatan kotor tertinggi kedua di tahun 1996, setelah Independence Day, dan merupakan film dengan pendapatan kotor tertinggi ke-10 dalam sejarah di saat peluncurannya, menjadikannya rilisan film Warner Bros. yang paling sukses, melampaui Batman. Di tahun 2001, Harry Potter and The Sorcerer Stone mengambil rekor Twister sebagai film Warner Bros terlaris sepanjang masa.

Di Tiongkok, Twister adalah film Hollywood terlaris kedua di negara tersebut, setelah True Lies, menghasilkan total pendapatan kotor sebesar CN¥54,5 juta.

Tanggapan kritis[sunting | sunting sumber]

Di Rotten Tomatoes, film ini mendapat rating persetujuan 63% "Segar" berdasarkan 71 ulasan, dan rating rata-rata 6,1/10. Para kritikus situs tersebut membaca konsensus : "Sebuah blockbuster berkonsep tinggi yang menekankan efek khusus pada karakter 3 dimensi, sensasi mendalam Twister seringkali diimbangi oleh plot umum film tersebut." Di Metacritic, film ini memiliki skor rata-rata tertimbang 68 dari 100, berdasarkan 17 kritikus, menunjukkan "ulasan yang umumnya disukai". Penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberi film tersebut nilai rata-rata "A−" di skala A+ hingga F.

Roger Ebert memberi film itu 2 setengah dari 4 bintang dan menulis, "Anda menginginkan hiburan yang keras, bodoh, terampil, dan melarikan diri? Twister berjaya. Anda ingin berpikir? Berpikir 2 kali untuk melihatnya". Dalam ulasannya untuk The New York Times, Janet Maslin menulis, "Entah bagaimana Twister tetap up-tempo dan bersemangat seperti perjalanan roller-coaster, dengan rapi menghindari gagasan tentang bahaya yang nyata". Entertainment Weekly memberi film tersebut peringkat "B", dan Lisa Schwarzbaum menulis, "Namun gambaran yang paling lama ada dalam ingatan saya adalah gambar ternak yang tertiup angin. Dan itu, dalam cangkir teh, merangkum semua yang benar dan salah tentang ini cukup berisik tetapi akhirnya menjadi film laris pertama di musim panas". Dalam ulasannya untuk Los Angeles Times, Kenneth Turan menulis, "Tetapi pemimpin sirkus ini, orang yang tanpanya tidak ada yang mungkin terjadi, adalah sutradara De Bont, yang kini harus dianggap sebagai spesialis aksi terbaik Hollywood. Seorang ahli dalam membuat penonton menggeliat dan memutar, untuk membuat kita merasakan serbuan pengalaman bersama para aktornya, De Bont membuat koreografi aksi dan ketegangan dengan begitu indah sehingga membuatnya terasa begitu mudah."

Richard Schickel dari majalah Time menulis, "ketika aksi tidak pernah ditampilkan untuk menimbulkan konsekuensi yang mematikan atau menyedihkan, hal ini cenderung mengarah pada abstraksi. Tak lama kemudian, Anda tidak sedang menonton tornado, Anda sedang menonton efek khusus". Dalam ulasannya untuk Washington Post, Desson Howe menulis, "ini adalah kemenangan teknologi atas penceritaan dan keahlian para aktor. Karakter ada hanya untuk menceritakan beberapa lelucon, gemetar ketakutan karena arus turun dan sebaliknya menghabiskan waktu diantara angin puting beliung".

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Warisan[sunting | sunting sumber]

Di tanggal 24 Mei 1996, tornado menghancurkan Layar No. 3 di Can-View Drive-In, sebuah teater drive-in di Thorold, Ontario, yang dijadwalkan untuk menayangkan Twister malam itu juga, dalam kehidupan nyata yang paralel dengan adegan dalam film dimana tornado menghancurkan drive-In selama pemutaran film The Shining.Fakta kejadian ini dibesar-besarkan menjadi legenda urban bahwa teater tersebut sebenarnya sedang memutar Twister selama tornado.

Di tanggal 10 Mei 2010, peringatan 14 tahun peluncuran film tersebut di AS, angin puting beliung melanda Fairfax, Oklahoma, menghancurkan rumah pertanian tempat banyak adegan di Twister diambil. J. Berry Harrison, pemilik rumah dan mantan senator negara bagian Oklahoma, berkomentar bahwa tornado tersebut tampak sangat mirip dengan tornado fiksi dalam film tersebut. Dia telah tinggal di rumah tersebut sejak tahun 1978.

Setelah film tersebut dirilis, jumlah jurusan meteorologi di Amerika Serikat meningkat sekitar 10 persen di akhir tahun 1990an. Universitas Oklahoma, yang berkolaborasi dengan produksi, khususnya melihat program meteorologinya berlipat ganda dari 225 yang terdaftar menjadi 450, dan hibah dari Universal Studios memungkinkan pengembangan radar seluler. Universal juga mendanai para ahli meteorologi NSSL untuk melakukan tur keliling di bagian timur negara itu, mengadakan presentasi keselamatan di museum sains di banyak kota besar. Kejar-kejaran badai meningkat bahkan sebagai kegiatan rekreasi, dengan perusahaan pariwisata menciptakan "tur kejar-kejaran". Bill Paxton kemudian menceritakan film dokumenter Tornado Alley karya pemburu badai Sean Casey tahun 2011. Setelah kematian Paxton di bulan Februari 2017, ratusan pemburu badai dan pengguna Jaringan Spotter menggunakan spidol mereka untuk mengeja inisial namanya di seluruh negara bagian Texas, Kansas, dan Oklahoma sebagai penghormatan kepada aktor tersebut, dengan alasan bahwa film tersebut adalah inspirasinya. bagi banyak dari mereka untuk melakukan pengejaran badai dan meteorologi.

Sebuah museum Twister di Wakita, Oklahoma, tempat pengambilan gambar adegan-adegan yang sangat merusak dalam film tersebut, berisi berbagai memorabilia dan artefak yang berkaitan dengan film tersebut.

Di media lain[sunting | sunting sumber]

Pinball[sunting | sunting sumber]

Artikel utama: Daftar mesin Sega Pinball

Di tanggal 3 April 1996, Sega Pinball merilis Twister, mesin pinball bertema film tersebut. Ini menampilkan mode termasuk Canister Multiball, Chase Multiball, Multibull, dan banyak lagi.

Atraksi taman hiburan[sunting | sunting sumber]

Artikel utama: Twister...Ride it Out

Twister digunakan sebagai dasar atraksi Twister...Ride It Out di Universal Studios Florida, yang menampilkan film perkenalan oleh Bill Paxton dan Helen Hunt. Atraksi ini dibuka di tanggal 4 Mei 1998, dan ditutup di tanggal 1 November 2015, untuk memberi jalan bagi Race Through New York yang Dibintangi oleh Jimmy Fallon. Di jendela fasad New York terdapat penghormatan kepada Twister...Ride it Out dengan referensi ke film dan Bill Paxton.

Ikatan buku[sunting | sunting sumber]

Skenario asli film tersebut, yang ditulis oleh Crichton dan istrinya Anne Marie Martin, dirilis sebagai sampul tipis untuk pasar massal bersamaan dengan film tersebut.

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Artikel utama : Twisters ( film )

Di bulan Juni 2020, sebuah remake diumumkan sedang dalam pengembangan dari distributor internasional film aslinya, Universal Pictures, dengan Joseph Kosinski dalam negosiasi awal untuk menjabat sebagai sutradara. Frank Marshall dan Sara Scott ditunjuk sebagai produser dalam proyek tersebut. Di bulan Juni 2021, Helen Hunt menyatakan minatnya untuk mengembangkan sekuel dari film aslinya. Studio menolak rencana Hunt untuk menulis dan mengarahkannya, karena karakternya dibunuh untuk sekuelnya. Belakangan terungkap bahwa di tahun 2020, Hunt telah membuat sekuel langsung dari film aslinya, dengan naskah yang ia tulis bersama Daveed Diggs dan Rafael Casal. Dia bermaksud untuk menjadi sutradara selain mengulangi peran utamanya dalam pemeran, namun studio akhirnya meneruskan naskah mereka. Dia berkata dalam sebuah wawancara, "Saya mencoba membuatnya dibuat, dengan Daveed [ Diggs ] dan Rafael [ Casal ] dan saya menulisnya, dan semua pemburu badai Hitam dan Coklat, dan mereka tidak mau melakukannya. Saya akan melakukannya mengarahkannya... Kami hampir tidak bisa mengadakan pertemuan, dan ini terjadi di bulan Juni 2020 ketika semuanya tentang keberagaman. Pasti sangat keren".

Di bulan Oktober 2022, diumumkan bahwa proyek tersebut diubah menjadi sekuel lama. Berjudul resmi Twisters, naskahnya ditulis oleh Mark L. Smith dengan plot yang berkisar pada karakter Dr. Joanne "Jo" Harding dari Hunt, dan putri yang dimilikinya bersama Dr. William "Bill the Extreme" Harding ( diperankan oleh Bill Paxton ), yang juga menjadi pemburu badai seperti orangtuanya. Setelah Steven Spielberg membaca naskahnya, antusiasmenya berkontribusi pada pemberian lampu hijau pada proyek tersebut. Proyek ini merupakan produksi usaha patungan antara Universal, Warner Bros. Pictures dan Amblin, dengan Universal menangani distribusi di AS dan Kanada dan Warner Bros. menangani distribusi di seluruh dunia. Pengambilan gambar utama dimulai di tanggal 8 Mei 2023. Film ini akan dirilis di tanggal 19 Juli 2024.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]