Sistem klasifikasi usia film Motion Picture Association of America

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Sistem klasifikasi usia film Motion Picture Association of America (MPAA) adalah klasifikasi usia film yang berlaku di wilayah Amerika Serikat dan teritorinya. Sistem klasifikasi ini dikelola MPAA dan Asosiasi Pemilik Bioskop Nasional (National Association of Theater Owners). Sebelum film diputar di bioskop, sebagian besar studio film di Amerika Serikat mengirimkan film ke MPAA secara sukarela.[1]

Penilaian diberikan oleh dewan tetap bernama Administrasi Peringkat dan Klasifikasi (Classification and Rating Administration, disingkat CARA) yang berkedudukan di Los Angeles. Dewan ini beranggotakan 10 hingga 13 orang tua yang memiliki anak, dan mereka menjadi anggota untuk masa jabatan yang berbeda-beda. Dana untuk dewan ini berasal dari biaya pemeringkatan yang dibayar oleh produser/distributor film. Setiap film yang dikirimkan ke MPAA ditonton oleh anggota dewan. Setelah melalui diskusi grup, anggota dewan memberikan suara untuk peringkat yang sesuai untuk anak-anak mereka.

Sistem ini bertujuan membantu penonton menentukan jenis film yang sesuai untuk anak-anak, remaja, atau orang dewasa. Di Amerika Serikat juga terdapat sistem peringkat film oleh Film Advisory Board yang memiliki penggolongan yang berbeda dari MPAA.

Peringkat[sunting | sunting sumber]

Peringkat film MPAA terdiri dari:

Simbol
Keterangan
Peringkat G dari MPAA
G: Khalayak umum (General Audiences)
Diperuntukkan bagi semua umur. Tiada yang patut dikhawatirkan orang tua bilamana anak-anak menonton film ini.
Peringkat PG dari MPAA
PG - Pendampingan orang tua disarankan (Parental Guidance Suggested)
Sebagian isi film mungkin tidak sesuai untuk anak-anak. Orang tua diminta memberikan "pendampingan orang tua" kepada anak-anak mereka. Isi film bisa jadi berisi beberapa hal yang mungkin tidak diharapkan orang tua bagi anak-anak mereka.
Peringkat PG-13 dari MPAA
PG-13: Peringatan keras bagi orang tua (Parents Strongly Cautioned)
Sebagian isi film mungkin tidak sesuai untuk anak-anak berusia di bawah 13 tahun. Orang tua diminta berhati-hati. Beberapa hal yang terkandung dalam sebuah film mungkin tidak sesuai bagi remaja.
simbol R dari MPAA
R: Terbatas (Restricted)
Orang berusia di bawah 17 tahun harus ditemani orang tua atau wali. Mengandung beberapa hal yang bersifat dewasa. Orang tua diminta mempelajari lebih lanjut perihal film ini sebelum mengajak anak-anak menonton film bersama mereka.
simbol NC-17 dari MPAA
NC-17: Hanya untuk dewasa (No One 17 and Under Admitted)
Tidak diperuntukkan bagi orang berusia 17 tahun ke bawah. Benar-benar untuk dewasa. Anak-anak tidak diperkenankan untuk menonton film ini.

Bila tidak dikirimkan ke MPAA untuk dinilai, maka film tersebut diberi label NR (Not Rated, tidak dinilai). Peringkat NR bukan merupakan klasifikasi resmi MPAA.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Film Ratings". MPAA. Diakses tanggal 20 September 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]