The Haunting (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Haunting
The Haunting (1999).jpg
Poster Film The Haunting
SutradaraJan de Bont
ProduserDonna Roth
Colin Wilson
Susan Arthur
SkenarioDavid Self
Michael Tolkin
BerdasarkanThe Haunting of Hill House
oleh Shirley Jackson
PemeranLiam Neeson
Catherine Zeta-Jones
Owen Wilson
Lili Taylor
MusikJerry Goldsmith
SinematografiKarl Walter Lindenlaub
PenyuntingMichael Kahn
DistributorDreamWorks
Tanggal rilis
  • 23 Juli 1999 (1999-7-23)
Durasi
113 minutes
BahasaInggris
Anggaran$80,000,000
Pendapatan kotor$177,311,151

The Haunting adalah remake dari Film Horor tahun 1963 dengan judul yang sama. Kedua film yang diadaptasi dari novel The Haunting Hill House oleh Shirley Jackson, yang diterbitkan pada tahun 1959. The Haunting ini disutradarai oleh Jan de Bont dan bintangi oleh Liam Neeson, Catherine Zeta-Jones, Owen Wilson dan Lili Taylor. Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 23 Juli 1999.

Sipnosis[sunting | sunting sumber]

Eleanor "Nell" Vance (Lili Taylor) telah merawat ibunya yang cacat selama 11 tahun. Setelah ibunya meninggal, kakaknya (Virginia Madsen) pergi. Nell menerima panggilan telepon mengenai sebuah penelitian insomnia, yang dipimpin oleh Dr David Marrow (Liam Neeson) di Hill House, sebuah Rumah milik bangsawan terpencil di Berkshires barat Massachusetts. Di rumah, dia bertemu Tuan dan Nyonya Dudley (Bruce Dern, Marian Seldes), dua orang penjaga yang aneh. Dua peserta lain tiba, Lukas Sanderson (Owen Wilson), dan Theodora (Catherine Zeta-Jones), bersama dengan Dr Marrow dan dua asisten peneliti lainnya.

Tanpa diketahui para peserta, tujuan sebenarnya Dr Marrow adalah untuk mengetahui respon psikologis untuk rasa takut, berniat untuk mengungkap bertambahnya jumlah teror yang dialaminya. Setiap malam, penjaga pintu gerbang Hill House, mencegah orang masuk atau keluar sampai pagi. Selama malam pertama mereka, Dr. Marrow menceritakan kisah tentang Hill House. Rumah tersebut dibangun oleh Hugh Crain (Charles Gunning) seorang pengusaha tekstil abad ke-19. Crain membangun rumah untuk istrinya, berharap dapat mengisinya dengan keluarga besar dan anak-anak, tetapi semua anak Crain meninggal setiap dilahirkan. Istri Crain meninggal sebelum rumah itu selesai, dan Crain menjadi pertapa. Sesudah menceritakan cerita tersebut, wajah asisten Marrow seperti disayat oleh kawat. Kecelakaan aneh menyebabkan asisten peneliti Marrow meninggal.

Theo dan Nell mulai mengalami fenomena aneh di dalam rumah. Nell melihat penampakan, tapi yang lain tidak mempercayainya. Lukisan Hugh Crain terdapat tulisan "Welcome Home Eleanor" yang ditulis dengan darah. Nell menjadi ketakutan dan harus membuktikan bahwa rumah yang dihantui jiwa-jiwa korban kekejaman Crain. Ia baru tahu Crain yang membawa anak dari pabrik dan membunuh mereka, kemudian membakar jenazah di perapian, hal tersebut membuat roh mereka terperangkap, memang hal tersebut sudah direncanakan Crain untuk membuat roh mereka tetap bersamanya, dan membuat sebuah 'keluarga yang kekal'. Dia juga mengetahui bahwa Crain punya istri kedua bernama Carolyn yang ternyata Nenek Buyut dari Eleanor.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Wes Craven merupakan penggagas dari remake film The Haunting, tetapi keluar dan mendukung Scream 3. Di bawah Rumah Produksi DreamWorks, film ini awalnya telah menjadi kolaborasi antara Steven Spielberg (terutama sebagai Produser) dan Stephen King (sebagai penulis skenario), tetapi keduanya memiliki perbedaan. Dan seting rumah diambil di Winchester bangunan Rumah Misteri, di San Jose, California. Produksi desainer berasal dari Argentina Eugenio Zanetti (Restoration-1995 dan What Dream May Come-1998) menjadi bagian Desain grafis dari film ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]