Ghostbusters

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Sw

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Para parapsikologis Peter Venkman (Bill Murray), Raymond Stantz (Dan Aykroyd), dan Egon Spengler (Harold Ramis) diberhentikan dari tempat kerjanya di Universitas Columbia, beberapa saat setelah mereka melihat hantu secara langsung. Untuk menyokong penelitian paranormal mereka tanpa dukungan Universitas, trio ini kemudian mendirikan jasa pengusir hantu. Menyebut diri mereka "Ghostbusters," mereka mendirikan markas di bekas gedung pemadam kebakaran. Setelah cukup lama mengalami keadaan kritis tanpa klien dan hampir kehabisan modal, mereka akhirnya disewa oleh Hotel Sedgewick untuk menyelidiki penampakan hantu. Di hotel, mereka berhasil menangkap hantu pertama mereka dan memenjarakannya dalam mesin yang disebut "containment unit," terletak di di lantai bawah tanah markas. Aktivitas gaib mulai meningkat di kota New York, dan kepopuleran Ghostbusters semakin meningkat bersama keberhasilan mereka mengatasinya. Karena kewalahan dengan banyaknya panggilan, kemudian Winston Zeddemore (Ernie Hudson) resmi direkrut sebagai anggota keempat.

Ghostbusters kemudian disewa oleh Dana Barrett (Sigourney Weaver) untuk memeriksa apartmennya yang dihantui roh jahat bernama Zuul, setengah dewa yang disembah sebagai pembantu Gozer the Gozerian, Dewa Kehancuran Sumerian. Venkman mempunyai maksud yang berbeda dalam menangani kasus ini, bersaing dengan sang tetangga Louis Tully (Rick Moranis) untuk memikat Dana. Saat investigasi dilakukan, Dana dirasuki oleh Zuul, dan menyebut dirinya "Sang Penjaga Gerbang", sementara Louis dirasuki roh serupa yang disebut Vinz Clortho, "Pemegang Kunci." Kedua roh jahat tersebut mengungkapkan perihal tentang kebangikatan Gozer, Ghostbusters berusaha menjaga mereka agar tidak bertemu. Sementara itu, kantor Ghostbusters dikunjungi oleh Walter Peck (William Atherton), pengacara yang mewakili EPA, dan berusaha memenjarakan mereka karena menggunakan alat berteknologi nuklir tanpa izin. Walter Peck kemudian mematikan alat pengurung hantu, melepaskan ratusan hantu ke kota New York. Terbebas dari pengawalan Ghostbusters, Louis/Vinz berhasil bertemu dengan Dana/Zuul's sementara hantu yang lepas menyebabkan kekacuan di seluruh kota.

Dengan berpedoman pada cetak biru apartemen Dana, Ghostbusters menemukan fakta bahwa gedung tersebut dirancang oleh seorang doktor gila pemimpin aliran sesat yang bernama Ivo Shandor. Gedung tersebut didesain sebagai gerbang untuk memanggil Gozer dan menciptakan kiamat, dengan alasan bahwa manusia sekarang sudah terlalu gila sejak melewati kengerian Perang Dunia I. Wali kota kemudian membebaskan tim Ghostbusters untuk membereskan kekacauan tersebut, namun tetap gagal mencegah kedatangan Gozer yang mulanya mengambil wujud seorang wanita (Slavitza Jovan). Setelah dikalahkan Ghostbusters, Gozer menghilang, tetapi kemudian datang kembali dalam bentuk Stay Puft Marshmallow Man raksasa dan mulai menyerang kota. Pada akhirnya, team Ghostbusters saling menyilangkan stream senjata proton pack mereka dan mengirim Gozer kembali lagi ke dunia asalnya.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]