Hunter × Hunter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Nen (Hunter × Hunter))
Hunter × Hunter
Berkas ini menggambarkan kartun, seorang bocah bermata besar dan tersenyum, rambut hitam jabrik, dan sepatu duduk di atas seekor katak berukuran besar. Logo "Jump Comics" ditampilkan pada bagian pojok kiri atas; kata "Hunter" ditampilkan dua kali pada latar belakang; dan logo "Hunter × Hunter" (ハンター×ハンター) ditampilkan di bawah karakter dengan huruf berwarna hijau, kuning, dan merah. Simbol kanji untuk mangaka Yoshihiro Togashi (冨樫 義博), menghiasi bagian bawah gambar dalam bentuk gelembung berwarna merah.
Gambar sampul manga Hunter × Hunter volume pertama yang diterbitkan oleh Shueisha pada tanggal 4 Juni 1998 di Jepang, menampilkan Gon Freecss bersama katak besar.
ハンター×ハンター
(Hantā Hantā)
GenrePetualangan, fantasi,[1] seni bela diri[2]
Manga
PengarangYoshihiro Togashi
PenerbitShueisha
Penerbit bahasa Inggris
Penerbit bahasa IndonesiaElex Media Komputindo
ImprintJump Comics
MajalahWeekly Shōnen Jump
Majalah bahasa Inggris
DemografiShōnen
Terbit16 Maret 199826 November 2018 (hiatus)
Volume36 (Daftar volume)
Film anime
Hunter × Hunter - Jump Super Anime Tour 98
SutradaraNoriyuki Abe
ProduserKen Hagino
Tetsuo Daitoku
SkenarioHiroshi Hashimoto
StudioPierrot
Tayang26 Juli 1998
Durasi26 menit
Seri anime
SutradaraKazuhiro Furuhashi
Toshiyuki Kato (asisten)
ProduserShunichi Kosao
Keiichi Matsuda
Daisuke Kawakami
SkenarioNobuaki Kishima
MusikToshihiko Sahashi
StudioNippon Animation
Pelisensi
Saluran
asli
Fuji TV
Saluran bahasa Inggris
Tayang 16 Oktober 1999 31 Maret 2001
Episode62 (Daftar episode)
Video animasi orisinal
Hunter × Hunter OVA
SutradaraSatoshi Saga (1–8)
Yukihiro Matsushita (9–16)
Takeshi Hirota (17–30)
SkenarioNobuaki Kishima
MusikToshihiko Sahashi
StudioNippon Animation
Tayang 17 Januari 2002 18 Agustus 2004
Episode30 (Daftar episode)
Seri anime
SutradaraHiroshi Kōjina
ProduserSeiji Okuda (eksekutif)
Toshio Nakatani
Manabu Tamura (1-123)
Ai Morikawa (124-148)
Tetsuto Motoyasu (1-87)
Hiroyuki Okino (88-100)
Akira Shinohara (1-99)
Kenichi Sakurai (100-148)
Naoki Iwasa (1-58)
Atsushi Kirimoto (59-148)
Tomoko Yoshino (1-75)
SkenarioAtsushi Maekawa (1-58)
Tsutomu Kamishiro (39-148)
MusikYoshihisa Hirano
StudioMadhouse
Pelisensi
Saluran
asli
NTV (dan saluran NNS lainnya)
Saluran bahasa Inggris
Tayang 2 Oktober 2011 24 September 2014
Episode148 (Daftar episode)
Media terkait
 Portal anime dan manga

Hunter × Hunter (Jepang: ハンター×ハンター, Hepburn: Hantā Hantā, disingkat: HxH) adalah sebuah seri manga shōnen Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yoshihiro Togashi. Manga ini mulai dimuat dalam majalah Weekly Shōnen Jump sejak tanggal 16 Maret 1998, meskipun sering kali mengalami hiatus berkepanjangan sejak tahun 2006. Hingga bulan Oktober 2018, 380 bab telah dibundel menjadi 36 volume oleh Shueisha. Ceritanya berfokus pada seorang bocah lelaki bernama Gon Freecss, yang mengetahui bahwa ayahnya yang sudah meninggalkannya sejak masih kecil, sebenarnya merupakan seorang Hunter ternama di dunia, sebuah profesi berlisensi bagi mereka yang berspesialisasi dalam tetapi tidak terbatas pada pencarian hal tak lazim layaknya menemukan spesies hewan langka atau tidak dikenal, berburu harta karun, mengunjungi wilayah-wilayah yang belum terjamah, atau memburu individu yang melanggar hukum. Meskipun ditinggalkan oleh ayahnya, Gon berangkat untuk mengikuti jejaknya, mengikuti Ujian Hunter yang ketat, dan akhirnya menemukan ayahnya. Sepanjang perjalanan, Gon bertemu para Hunter lainnya, termasuk para karakter utama seperti Kurapika, Leorio, dan Killua, dan juga bertemu paranormal. Inspirasi asli untuk manga ini berasal dari hobi Togashi yang suka mengoleksi.

Pada tahun 1999, Hunter × Hunter diadaptasi menjadi seri anime sebanyak 62 episode yang diproduksi oleh Nippon Animation dan disutradarai oleh Kazuhiro Furuhashi. Anime nya ditayangkan perdana di Jepang pada saluran Fuji TV dan tayang hingga tahun 2001. Tiga animasi video asli (OVA) terpisah yang berjumlah 30 episode kemudian diproduksi oleh Nippon Animation dan dirilis di Jepang sejak tahun 2002 hingga 2004. Seri anime kedua yang diproduksi oleh Madhouse ditayangkan di Nippon Television sejak bulan Oktober 2011 hingga September 2014 sebanyak 148 episode, bersama dua film animasi yang dirilis pada tahun 2013. Beragam album audio, permainan video, musikal, dan media lainnya yang didasarkan dari Hunter × Hunter juga dirilis. Manga-nya telah diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan dirilis di Amerika Utara oleh Viz Media sejak bulan April 2005. Kedua seri anime juga telah dilisensi oleh Viz, dengan seri pertamanya telah ditayangkan di Funimation Channel sejak tahun 2009, sementara seri keduanya ditayangkan perdana di blok pemrograman Toonami milik Adult Swim sejak tanggal 16 April 2016.

Hunter × Hunter mendapatkan kesuksesan kritis dan finansial dan menjadi salah satu seri manga terlaris terbitan Shueisha, dan telah terjual sebanyak 72 juta kopi di Jepang saja hingga tahun 2018.

Plot[sunting | sunting sumber]

Spin-off[sunting | sunting sumber]

Memori Kurapika (クラピカ追憶編, Kurapika Tsuioku-hen), sebuah manga dua bagian yang ditulis oleh Togashi sebagai prekuel dari film animasi pertama, diterbitkan pada edisi 3 dan 10 Desember 2012 dari Weekly Shonen Jump[3]. Penulis Tokyo Ghoul, Sui Ishida membuat storyboard 69 halaman dari bab manga yang menggambarkan masa lalu Hisoka, Hunter × Hunter. Papan cerita dirilis secara digital melalui Shōnen Jump+ pada 2 Juni 2016[4].

Anime[sunting | sunting sumber]

Untuk animenya sendiri, cerita Hunter x Hunter hampir sama dengan di manga hanya saja memiliki penyajian cerita yang sedikit berbeda dengan jalan cerita di manga. Untuk adaptasi animenya sendiri pun diproduksi oleh Studio Nippon Animation dan Viz Media dan siaran di Fuji TV pada tanggal 16 Oktober 1999 sampai 31 Maret 2001 dengan jumlah episode mencapai 62 episode. Pada tahun 2011, Hunter x Hunter pun diadaptasi kembali menjadi sebuah anime oleh Madhouse dan VAP dengan siaran di Nippon Television Network Corporation pada tanggal 2 Oktober 2011 sampai 24 September 2014 dengan jumlah episode mencapai 148 episode. Di Indonesia sendiri, anime Hunter x Hunter hanya yang versi pertamanya saja (tahun 1999) yang cuma tayang di Indonesia dengan siaran awal di TV7 (sekarang Trans 7) dan disiarkan ulang kembali oleh Spacetoon.

Film[sunting | sunting sumber]

Sebelum serial televisi anime pertama dibuat, sebuah adaptasi film pendek dari Hunter × Hunter ditampilkan sebagai bagian dari "Jump Super Anime Tour" 1998 bersama dengan adaptasi serupa dari Seikimatsu Leader den Takeshi! dan One Piece[5]. Diproduksi oleh Studio Pierrot dan disutradarai oleh Noriyuki Abe, ini menggambarkan peristiwa awal manga hingga pelayaran laut Gon dari Pulau Paus.

Sebuah adaptasi film oleh staf anime televisi kedua yang disebut Hunter × Hunter: Phantom Rouge, menampilkan cerita asli, diumumkan pada Maret 2012. Film ini dirilis pada 12 Januari 2013 oleh Toho.[6][7][8] Cerita ini berpusat pada upaya Gon dan teman-temannya untuk mengambil mata Kurapika yang dicuri oleh Omokage, pendahulu Hisoka di Rombongan Phantom. Film ini didasarkan pada cerita manga yang tidak dipublikasikan yang ditulis oleh Yoshihiro Togashi sekitar 10 tahun sebelumnya.[9]

Film kedua, berjudul Hunter × Hunter: The Last Mission, diumumkan setelah debut film pertama. Film ini memiliki beberapa fokus pada Netero, ketua Asosiasi Pemburu saat Gon dan teman-temannya menemukan rahasia gelap di balik masa lalunya. Film ini dirilis pada 27 Desember 2013[10], dan DVD dan Blu-ray dirilis pada 23 Juli 2014.

Di box office Jepang, Phantom Rouge meraup $12.595.288, dan The Last Mission meraup ¥850 juta[11] ($8,71 juta), menjadikan total pendapatan kotor box office Jepang kedua film tersebut menjadi $21,31 juta.

Drama dan teater musikal[sunting | sunting sumber]

Terdapat dua musikal yang dibuat berdasarkan Hunter × Hunter. Musikal pertama, Musical Hunter × Hunter (ミュージカル ハンター×ハンター), ditampilkan pada Desember 2020.[12] Musikal ini adalah kisah orisinal yang muncul antara akhir dari alur terkait Yorknew City dan awal alur Greed Island. Musikal kedua, Musical Hunter × Hunter: The Nightmare of Zoldyck (ミュージカル ハンター×ハンター ナイトメア・オブ・ゾルディック), ditampilkan pada Agustus 2002.[12] Musikal ini menceritakan kembali saat Kurapika, Leorio, dan Gon pergi untuk menjemput Killua kembali dari tanah keluarganya setelah akhir Ujian Hunter. Kedua musikal tersebut telah dirilis dalam bentuk DVD dan CD audio terpisah, serta rilis DVD ganda dari Marvelous Entertainment.[13][14][15] Terdapat juga drama live-action berjudul Real Stage Hunter × Hunter: "A Longing for Phalcnothdk ~ A Spider's Memory ~" (リアルステージ ハンター×ハンター「A Longing for Phalcnothdk 〜蜘蛛の記憶〜」), yang ditampilkan 16 kali di Theater Sun-mall, Shinjuku, Tokyo selama bulan Agustus 2004.[16][17][18] Drama ini menceritakan kembali final Phantom Troupe pada alur Kota Yorknew. Drama ini dirilis dalam bentuk DVD di Jepang pada 10 Desember 2004.[16]

Video game[sunting | sunting sumber]

Ada sepuluh video game eksklusif Jepang berdasarkan Hunter × Hunter, banyak di antaranya dikembangkan atau diterbitkan oleh Konami atau Bandai. Mulai dari permainan peran dan strategi hingga game aksi dan petualangan. Ini termasuk judul untuk WonderSwan,[19] WonderSwan Color,[19][19][19] Game Boy Color,[20][21] Game Boy Advance,[22] PlayStation,[23][24] dan PlayStation 2.[25] Sebuah game berdasarkan adaptasi anime kedua dirilis di PlayStation Portable pada tanggal 20 September 2012. Karakter dari waralaba telah muncul bersama dengan properti Weekly Shonen Jump lainnya dalam game pertarungan Jump Super Stars dan Jump Ultimate Stars untuk Nintendo DS, J-Stars Victory VS untuk PlayStation 3 dan PlayStation Vita,[26][27] dan Jump Force untuk Windows, PlayStation 4 dan Xbox One.[28]

Barang Dagangan Lainnya[sunting | sunting sumber]

Seri yang terdiri tiga buku film berdasarkan serial anime pertama dan ditulis oleh Nobuaki Kishikan telah dirilis oleh Shueisha dari 3 Desember 1999 hingga 24 Agustus 2001.[29][29][29] Sebuah buku panduan untuk anime berjudul Hunter × Hunter Characters Book: World × Character × Blessing (Hunter × Hunter World × Character × Blessing) diterbitkan oleh Shueisha pada Januari 2001. Sebuah buku panduan untuk manga berjudul Hunter × Hunter: Hunters Association Official World and Character Guide (Hunter × Hunter) diterbitkan oleh perusahaan pada tanggal 4 Juni 2004.[30] Ada juga permainan kartu perdagangan yang ekstensif oleh Bandai,[31] figur karakter dan dagang,[32][33] dan berbagai koleksi lainnya.[34][35][36]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Official Website for Hunter x Hunter". Viz Media. Diakses tanggal 26 Oktober 2017. 
  2. ^ "Hunter X Hunter Vol. 1". ComiXology. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-08-10. Diakses tanggal 10 Agustus 2018. 
  3. ^ "Hunter x Hunter Manga to Run 2-Part 'Kurapika Tsuioku-hen'". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-23. 
  4. ^ "Tokyo Ghoul's Ishida Draws 69-Page Chapter for Hunter × Hunter Character Hisoka". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-23. 
  5. ^ "Eiichiro Oda". Wikipedia (dalam bahasa Inggris). 2022-08-23. 
  6. ^ "Hunter x Hunter Anime Film Announced - News - Animekon". web.archive.org. 2012-07-27. Archived from the original on 2012-07-27. Diakses tanggal 2022-08-24. 
  7. ^ "Hunter x Hunter Film's 1st Main Visual Unveiled". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-24. 
  8. ^ "Hunter × Hunter: Phantom Rouge Film's Teaser Streamed". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-24. 
  9. ^ "Hunter x Hunter Film's Full Trailer, 2nd Teaser Streamed". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-24. 
  10. ^ "2nd Hunter x Hunter Film to Premiere on December 27". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-24. 
  11. ^ "Kinema Junpo". Wikipedia (dalam bahasa Inggris). 2022-05-10. 
  12. ^ a b "ミュージカル HUNTER×HUNTER 2 Stage Pack (DVD)" [Musical Hunter × Hunter 2 Stage Pack (DVD)] (dalam bahasa Jepang). 17 Maret 2004. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Januari 2013. Diakses tanggal 6 Juli 2020. 
  13. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama soundtracks
  14. ^ "HUNTER×HUNTER グッズネット" [Hunter × Hunter goods net] (dalam bahasa Jepang). Nippon Animation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 Juli 2011. Diakses tanggal 6 Juli 2020. 
  15. ^ "HUNTER×HUNTER グッズネット" [Hunter × Hunter goods net] (dalam bahasa Jepang). Nippon Animation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 Juli 2011. Diakses tanggal 6 Juli 2020. 
  16. ^ a b "MMV: リアルステージ「HUNTER×HUNTER」" [MMV: Real Stage: Hunter × Hunter] (dalam bahasa Jepang). Marvelous Entertainment. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 November 2008. Diakses tanggal 6 Juli 2020. 
  17. ^ "MMV: リアルステージ「HUNTER×HUNTER」" [MMV: Real Stage: Hunter × Hunter] (dalam bahasa Jepang). Marvelous Entertainment. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 April 2022. Diakses tanggal 6 Juli 2020. 
  18. ^ "リアルステージ ハンター×ハンター「A Longing for Phalcnothdk 〜蜘蛛の記憶〜」" [Real Stage Hunter × Hunter: "A Longing for Phalcnothdk ~ A Spider's Memory ~"] (dalam bahasa Jepang). Nippon Animation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Juli 2011. Diakses tanggal 6 Juli 2020. 
  19. ^ a b c d "バンダイナムコエンターテインメント公式サイト". バンダイナムコエンターテインメント公式サイト (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2022-08-29. 
  20. ^ "Amazon | ハンター×ハンター (GBカラー) ハンターの系譜 | ゲームソフト". www.amazon.co.jp. Diakses tanggal 2022-08-29. 
  21. ^ "Amazon | HUNTER x HUNTER 禁断の秘宝 | ゲームソフト". www.amazon.co.jp. Diakses tanggal 2022-08-29. 
  22. ^ "HUNTER×HUNTER みんな友だち大作戦!!" [Hunter × Hunter: Mission Friends Together!!] (dalam bahasa Jepang). Nintendo. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 16, 2012. Diakses tanggal July 6, 2020. 
  23. ^ "Amazon | ハンター×ハンター ~幻のグリードアイランド~ PS one Books | ゲームソフト". www.amazon.co.jp. Diakses tanggal 2022-08-29. 
  24. ^ "Amazon | ハンターX ハンター 奪われたオーラストーン | ゲームソフト". www.amazon.co.jp. Diakses tanggal 2022-08-29. 
  25. ^ "Amazon | Hunter×Hunter 龍脈の祭壇 | ゲーム". www.amazon.co.jp. Diakses tanggal 2022-08-29. 
  26. ^ "キャラクター紹介". www.nintendo.co.jp. Diakses tanggal 2022-08-29. 
  27. ^ "JUMP ULTIMATE STARS". www.nintendo.co.jp. Diakses tanggal 2022-08-29. 
  28. ^ "Jump Force Adds Gon, Hisoka, Sanji, Blackbeard as Playable Characters". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-29. 
  29. ^ a b c "集英社 ― SHUEISHA ―". books.shueisha.co.jp. Diakses tanggal 2022-09-02. 
  30. ^ "HUNTER×HUNTERハンター協会公式発行ハンターズ・ガイド/冨樫 義博 | 集英社 ― SHUEISHA ―". 集英社 ― SHUEISHA ―. Diakses tanggal 2022-09-02. 
  31. ^ "バンダイ公式サイト | カードダス ハイパーバトル ハンター×ハンター パート4 ~競売?×暗躍×幻影旅団登場!!!編~ | 商品情報". 株式会社バンダイ公式サイト. Diakses tanggal 2022-09-02. 
  32. ^ "Gon Freecss Action Doll | HLJ.com". www.hlj.com. Diakses tanggal 2022-09-02. 
  33. ^ "HUNTER×HUNTER グッズネット" [Hunter × Hunter goods net] (dalam bahasa Jepang). Nippon Animation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Agustus 2010. Diakses tanggal 6 Juli 2020. 
  34. ^ "Salinan arsip". web.archive.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-24. Diakses tanggal 2022-09-02. 
  35. ^ "Salinan arsip". web.archive.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-24. Diakses tanggal 2022-09-02. 
  36. ^ "Amazon | ハンター×ハンター デスクトップアクセサリ Vol.1 | デスクトップアクセサリ | PCソフト". www.amazon.co.jp. Diakses tanggal 2022-09-02. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]