Killua Zoldyck

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Killua Zaoldyeck
(キルア=ゾルディック)
Karakter Hunter × Hunter
Penampilan pertama Volume 01 Chapter 006
Pembuat Yoshihiro Togashi
Pengisi suara Kanako Mitsuhashi( 1999 ) (Jepang)
Mariya Ise (2011) (Jepang)
Annika Odegard (Inggris)
Profil
Lahir 7 Juli[1]
Usia 12[1]
Jenis kelamin Laki-laki
Informasi Nen
Jenis Nen: Transmutasi[1][2]

Killua Zaoldyeck (キルア=ゾルディック Kirua Zorudikku?) adalah salah satu dari empat tokoh utama dalam serial Hunter × Hunter karya Yoshihiro Togashi.

Killua lahir sebagai Anak dari keluarga pembunuh bayaran yang sangat terkenal dan ditakuti oleh banyak golongan ((keluarga Zaoldyeck)). Killua anak ketiga dari 5 bersaudara (Illumi, Miluki, Killua, Aluka, Kaluto). Killua ditaksir menjadi anggota Zaoldyeck dengan potensi terbesar sepanjang sejarah keluara tersebut.

Memiliki sifat yang sangat cuek dan suka semaunya sendiri. Dan pada suatu hari akhirnya dia memutuskan untuk pergi dari rumah dan mengikuti ujian hunter. Meski sempat dicegah oleh Ibu dan Miluki, Killua tetap pergi dan sebelum meninggalkan rumah, dia sempat melukai mereka.

Dia bertemu dengan Gon, Kurapika dan Leorio pada ujian hunter, namun sayang dia gagal dalam ujian hunter yang pertama karena tekanan kakaknya Illumi Zaoldyeck(sehingga di membunuh kontestas lain dalam ujian terakhir). Karena paksaan kakaknya itu, setelah ujian hunter Killua terpaksa ikut kembali kerumahnya.

Merasa temannya telah diperlakukan tidak adil, Gon bertindak. Dia bertekad untuk menyusul Killua di Gunung Kukuro, Republik Padokea. Rumah Killua tidak seperti rumah kebanyakan. Dia dan keluarga Zaoldyeck tinggal di sebuah mansion yang tidak diketahui letak persisnya di Gunung Kukuro. Untuk masuk ke dalam area rumahnya, harus melalui "Testing Gate", yaitu sebuah gerbang yang memiliki 7 tingkat. Setiap gerbang memiliki berat 2 ton, dan akan berlipat dua kali di tiap tingkatnya. Meski memaksa masuk, di balik gerbang itu telah berjaga Mike (anjing peliharaan keluarga Zaoldyeck). Dan juga, agak ke dalam sudah berjaga seorang pelayan keluarga Zaoldyeck "Canary".

Karena perjuangan tekad Gon, Kurapica,dan Leorio yang nekad menerobos masuk ke rumah keluarga Zaoldyeck, maka akhirnya Killua pun ikut kembali bersama Gon, dan dari saat itu Gon dan Killua tidak pernah berpisah. Setelah itu, mereka berdua memutuskan untuk menuju ke "Celestial Tower" untuk melatih diri sekaligus mencari uang. Killua yang sudah mencapai lantai 200 di usia 8 tahun tentu tidak menemukan kesulitan di sana. Ketika pertama kali bertanding di lantai 1, dia langsung menang dan direkomendasikan untuk lanjut ke lantai 180,tapi kemudian menolak karena ingin bersama Gon di lantai 50.

Berkat petualangannya bersama Gon di "Celestial Tower", dia akhirnya bertemu dengan Wing, seorang instruktur Nen dari Zushi. Pada mulanya Wing mengajarkan teori yang salah pada Killua dan Gon, dan Killua yang menyadari kebohongan itu, akhirnya memilih untuk mempelajari Nen itu sendiri. AKhirnya, mereka berhasil meraih lantai 200. Ketika mereka akan registrasi, mereka dihadang oleh aliran Nen yang ternyata berasal dari Hisoka.

Hisoka menghalangi langkah Killua dan Gon, dan akan membiarkan mereka lewat, jika mereka sudah bisa melawan dindin nen Hisoka. Di saat itu juga, Wing muncul dan memaksa Killua serta Gon untuk kembali. Akhirnya Wing mengakui kebohongannya dan berjanji akan mengajari nen yang sesungguhnya pada Killua dan Gon.

Sebelum jam 12 malam, Killua dan Gon sudah menguasai nen, sehingga mereka bisa menembus dinding nen Hisoka dan registrasi. Killua dan Gon terus berlatih Nen setiap hari bersama Zushi. Hingga akhirnya diketahui jika tipe Nen Killua adalah Henka (transformation). Setelah mereka berlaga di lantai 200, Killua menerima ajakan Gon untuk kembali ke "Whale Island", kampung halaman Gon, di sana mereka menghabiskan waktu untuk menunggu 1 September.

Killua dan Gon pergi ke Yorksin City pada tanggal 1 September dan bertemu dengan Leorio, di sana mereka mengumpulkan uang untuk berusaha memenangkan sebuah game hunter "Greed Island" yang berharga milyaran Jenni. Hingga pelelangan berakhir, mereka tidak berhasil mengumpulkan uang. Tapi, Gon muncul dengan ide untuk menemui Tuan Battera (yang memenangkan Greed Island)dan memohon agar dirinya serta Killua diijinkan memainkan game tersebut.

Berkat seleksi pemain yang cukup ketat, Killua dan Gon diminta meningkatkan kemampuan Nennya. Killua dapat ide untuk mengubah auranya menjadi listrik, dan akhirnya dia lolos seleksi pemain. Hal ini membuat banyak orang geleng-geleng karena kemampuannya mengubah aura menjadi listrik. Bagi Killua hal ini biasa, karena sejak kecil dia sudah dilatih untuk menahan sengatan listrik.

Di dalam Greed Island, Killua dan Gon bertemu dengan "Biscuit Kruger", seorang Double pro hunter berusia 57 tahun. Biscuit bersosok seperti gadis kecil dengan gaun merah dan rambutnya dikuncir. Sosok inilah yang melatih Killua dan Gon untuk mengembangan kemampuan Nen mereka.

Kemampuan listrik Killua semakin berkembang, dan dia menciptakan beberapa jurus, diantaranya:

  1. Kanmuru Killua menyalurkan gelombang listrik ke tubuhnya sehingga ia mampu menghasilkan gerakan yang sangat cepat, bahkan melebihi batas potensi yang ia miliki
  2. Raikou Sekka : kemampuan untuk menggerakkan tubuhnya sesuai keinginannya
  3. Shippu Jinrai : kemampuan untuk merasakan gerakan musuh dan membuat tubuh killua bereaksi secara otomatis (semacam gerak reflek) Dengan jurus ini, killua memprogram dirinya sendiri agar dapat bereaksi (berupa serangan) terhadap perubahan aura lawan yang memiliki tujuan jahat. Serangan ini melebihi kemampuan otak dan fungsi tubuh lain.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Killua's profile. Hunter × Hunter, Hunter's Guide page 30.
  2. ^ Togashi, Yoshihiro (2006). "Chapter 060". Hunter × Hunter, Volume 7. Viz Media. pp. Pg.115. ISBN 978-1-4215-0332-5.