Bahasa Ugarit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Ugarit
Dituturkan diUgarit
KepunahanAbad ke-12 SM
Abjad Ugarit
Kode bahasa
ISO 639-2uga
ISO 639-3uga
Glottologugar1238[1]
QIDQ36928
Status konservasi
Terancam

CRSingkatan dari Critically endangered (Terancam Kritis)
SESingkatan dari Severely endangered (Terancam berat)
DESingkatan dari Devinitely endangered (Terancam)
VUSingkatan dari Vulnerable (Rentan)
Aman

NESingkatan dari Not Endangered (Tidak terancam)
ICHEL Red Book: Extinct

Ugarit diklasifikasikan sebagai bahasa yang telah punah (EX) pada Atlas Bahasa-Bahasa di Dunia yang Terancam Kepunahan

Referensi: [2][3]
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode. Untuk pengenalan mengenai simbol IPA, lihat Bantuan:IPA.
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Bahasa Ugarit adalah bahasa Semit Barat Laut yang telah punah,[4][5] merupakan dialek atau ragam dari bahasa Amori dan satu-satunya ragam bahasa Amori yang memiliki catatan tertulis. Hal ini diketahui dari Prasasti Ugarit yang ditemukan oleh arkeolog berkebangsaan Prancis[siapa?] pada tahun 1929 di kota pelabuhan kuno Ugarit, kini di dekat Latakia, Suriah.[6][7][8][9][10][11][12] Naskah yang ditemukan di antaranya mencakup beberapa naskah sastra utama, terutama tentang Dewa Baal yang telah digunakan oleh para cendekiawan Alkitab Ibrani untuk memperjelas naskah-naskah berbahasa Ibrani Alkitabiah dan telah mengungkapkan cara-cara budaya dan sejarah Israel dan Yehuda kuno bersama dengan budaya peradaban tetangganya.[12]

Ugarit telah disebut sebagai "penemuan sastra terbesar dari zaman kuno sejak penguraian hieroglif Mesir dan aksara paku Mesopotamia".[13]

Naskah[sunting | sunting sumber]

Bahasa Ugarit dibuktikan dalam naskah-naskah dari abad ke-14 sampai abad ke-12 SM. Kota Ugarit dihancurkan sekitar tahun 1190 SM.[14]

Naskah sastra yang ditemukan di Ugarit termasuk Legenda Keret, Legenda Danel, Mitos Baal-Aliyan, dan Kematian Baal —dua naskah terakhir juga secara kolektif dikenal sebagai Siklus Baal— semuanya mengungkap aspek agama Semit Barat Laut kuno.[butuh rujukan]

Telah diusulkan[oleh siapa?] bahwa teks-teks Ugarit dapat membantu memecahkan teka-teki Alkitabiah seperti anakronisme dari Yehezkiel yang menyebutkan Daniel pada Kitab Yehezkiel 14:13–16.[12]

Aksara[sunting | sunting sumber]

Tablet tanah liat abjad paku Ugarit
Tablet abjad paku Ugarit

Abjad Ugarit berjenis abjad paku yang digunakan mulai abad ke-15 SM. Setiap huruf mewakili konsonan, menyesuaikan pembaca untuk memakai vokal yang sesuai.

Meskipun tampak mirip dengan aksara paku Mesopotamia (yang teknik penulisannya dipinjam), simbol dan makna simbolnya tidak berhubungan. Abjad Ugarit adalah contoh tertua dari kumpulan aksara dari rumpun bahasa Semit Barat, seperti Abjad Fenisia, Ibrani Kuno, dan Abjad Aram (termasuk Abjad Ibrani Modern). Yang disebut "abjad panjang" memiliki 30 huruf sedangkan "abjad pendek" memiliki 22. Bahasa lain (terutama bahasa Hurri) kadang-kadang ditulis dalam abjad ini di Ugarit, tetapi tidak di tempat lain.

Lempeng-lempeng tanah liat yang ditulis dalam bahasa Ugaritik memberikan bukti paling awal tentang urutan abjad Syam, yang menurunkan urutan abjad Ibrani, Yunani, dan Latin; sedangkan urutan Semit Selatan, memunculkan tatanan aksara Ge'ez. Abjad ini ditulis dari kiri ke kanan.

Fonologi[sunting | sunting sumber]

Bahasa Ugarit memiliki 28 fonem konsonan (termasuk dua semivokal) dan delapan fonem vokal (tiga vokal pendek dan lima vokal panjang): a ā i ī u ū ē ō. Fonem ē dan ō hanya muncul sebagai vokal panjang dan merupakan hasil monoftongisasi diftong ey dan aw, berturut-turut.

Fonem konsonan Ugarit
Labial Interdental Dental/Alveolar Palatal Velar Uvular Faringal Glotal
biasa tegas
Nasal m n
Letup non-suara p t k q ʔ
bersuara b d ɡ
Frikatif non-suara θ s ʃ x ħ h
bersuara ð z ðˤ (ʒ)[1] ɣ[2] ʕ
Aproksiman l j w
Getar r
  1. ^ Konsonan frikatif palatal bersuara [ʒ] muncul sebagai ragam akhir dari frikatif interdental bersuara /ð/.
  2. ^ Konsonan frikatif velar bersuara /ɣ/, meskipun merupakan fonem independen pada semua titik, juga muncul sebagai ragam akhir dari interdental bersuara emfatis /ðˤ/.

Tabel berikut menunjukkan fonem bahasa Proto-Semit dan perbandingan antara bahasa Ugarit, Arab Klasik, Ibrani Tiberias, dan Aram Kekaisaran:

Proto-Semit Ugarit Arab Klasik Ibrani Tiberias Aram Kekaisaran
b [b] 𐎁 b ب b [b] ב b/ḇ [b/v] ב b/ḇ [b/v]
p [p] 𐎔 p ف f [f] פ p/p̄ [p/f] פ p/p̄ [p/f]
[ð] 𐎏 d;
terkadang [ð]
ذ [ð] ז z [z] ד (kuno ז) d/ḏ [d/ð]
[θ] 𐎘 [θ] ث [θ] שׁ š [ʃ] ת t/ṯ [t/θ]
[θʼ] 𐎑 [ðˤ];
secara jarang ġ [ɣ]
ظ [ðˤ] צ [sˤ] ט [tˤ]
d [d] 𐎄 d د d [d] ד d/ḏ [d/ð] ד d/ḏ [d/ð]
t [t] 𐎚 t ت t [t] ת t/ṯ [t/θ] ת t/ṯ [t/θ]
[tʼ] 𐎉 [tˤ] ط [tˤ] ט [tˤ] ט [tˤ]
š [s] 𐎌 š [ʃ] س s [s] שׁ š [ʃ] שׁ š [ʃ]
z [dz] 𐎇 z ز z [z] ז z [z] ז z [z]
s [ts] 𐎒 s س s [s] ס s [s] ס s [s]
[tsʼ] 𐎕 [sˤ] ص [sˤ] צ [sˤ] צ [sˤ]
l [l] 𐎍 l ل l [l] ל l [l] ל l [l]
ś [ɬ] 𐎌 š ش š [ʃ] שׂ ś [ɬ]→[s] שׂ/ס s/ś [s]
ṣ́ [(t)ɬʼ] 𐎕 [sˤ] ض [ɮˤ]→[dˤ] צ [sˤ] ע (kuno ק) ʿ [ʕ]
g [ɡ] 𐎂 g ج ǧ [ɡʲ]→[dʒ] ג g/ḡ [ɡ/ɣ] ג g/ḡ [ɡ/ɣ]
k [k] 𐎋 k ك k [k] כ k/ḵ [k/x] כ k/ḵ [k/x]
q [kʼ] 𐎖 q ق q [q] ק q [q] ק q [q]
ġ [ɣ] 𐎙 ġ [ɣ] غ ġ [ɣ] ע ʿ [ʕ] ע ʿ [ʕ]
[x] 𐎃 [x] خ [x] ח [ħ] ח [ħ]
ʿ [ʕ] 𐎓 ʿ [ʕ] ع ʿ [ʕ] ע ʿ [ʕ] ע ʿ [ʕ]
[ħ] 𐎈 [ħ] ح [ħ] ח [ħ] ח [ħ]
ʾ [ʔ] 𐎛 ʾ [ʔ] ء ʾ [ʔ] א ʾ [ʔ] א/∅ ʾ/∅ [ʔ/∅]
h [h] 𐎅 h ه h [h] ה h [h] ה h [h]
m [m] 𐎎 m م m [m] מ m [m] מ m [m]
n [n] 𐎐 n ن n [n] נ n [n];
terasimilasi penuh
sebelum konsonan
נ n [n]
r [r] 𐎗 r ر r [r] ר r [r] ר r [r]
w [w] 𐎆 w و w [w] ו w [w];
y [j] pada mulanya
ו w [w]
y [j] 𐎊 y [j] ي y [j] י y [j] י y [j]
Proto-Semit Ugarit Arab Klasik Ibrani Tiberias Aram Kekaisaran

Tata bahasa[sunting | sunting sumber]

Ugarit adalah bahasa terinfleksi, dan fitur tata bahasanya sangat mirip dengan yang ditemukan pada bahasa Arab Klasik dan Akkadia. Bahasa ini memiliki dua gender (maskulin dan feminin), tiga kasus tata bahasa untuk kata benda dan kata sifat (nominativus, akusativus, dan genitivus), tiga bilangan tata bahasa (tunggal, ganda, dan jamak), dan aspek kata kerja yang mirip dengan bahasa Semit Barat Laut lainnya. Urutan kata pada bahasa Ugarit adalah predikat–subjek–objek (PSO) dan subjek–objek–predikat (SOP),[15] posesi–posesor (NG), dan kata bendakata sifat (NA). Bahasa Ugarit dianggap sebagai bahasa Semit yang sangat konservatif, karena mempertahankan sebagian besar fonem, kasus, dan urutan kata dari bahasa Proto-Semit.[16]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Ugaritic". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  2. ^ "UNESCO Interactive Atlas of the World's Languages in Danger" (dalam bahasa bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Rusia, and Tionghoa). UNESCO. 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 April 2022. Diakses tanggal 26 Juni 2011. 
  3. ^ "UNESCO Atlas of the World's Languages in Danger" (PDF) (dalam bahasa Inggris). UNESCO. 2010. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 31 Mei 2022. Diakses tanggal 31 Mei 2022. 
  4. ^ http://bildnercenter.rutgers.edu/docman/rendsburg/59-modern-south-arabian-as-a-source-for-ugaritic-etymologies/file
  5. ^ "Ugaritic". Merriam-Webster Dictionary. 
  6. ^ Watson, Wilfred G. E.; Wyatt, Nicolas (1999). Handbook of Ugaritic Studies. Brill. hlm. 91. ISBN 978-90-04-10988-9. 
  7. ^ Ugaritic is alternatively classified in a "North Semitic" group Lipiński, Edward (2001). Semitic Languages: Outline of a Comparative Grammar. Peeters Publishers. hlm. 50. ISBN 978-90-429-0815-4. 
  8. ^ Woodard, Roger D. (2008-04-10). The Ancient Languages of Syria-Palestine and Arabia (dalam bahasa Inggris). Cambridge University Press. hlm. 5. ISBN 9781139469340. 
  9. ^ Goetze, Albrecht (1941). "Is Ugaritic a Canaanite Dialect?". Language. 17 (2): 127–138. doi:10.2307/409619. JSTOR 409619. 
  10. ^ Kaye, Alan S. (2007-06-30). Morphologies of Asia and Africa (dalam bahasa Inggris). Eisenbrauns. hlm. 49. ISBN 9781575061092. 
  11. ^ Schniedewind, William; Hunt, Joel H. (2007). A Primer on Ugaritic: Language, Culture and Literature. Cambridge University Press. hlm. 20. ISBN 978-1-139-46698-1. 
  12. ^ a b c Greenstein, Edward L. (November 2010). "Texts from Ugarit Solve Biblical Puzzles". Biblical Archaeology Review (dalam bahasa Inggris). 36 (6): 48–53, 70. Diakses tanggal 16 July 2019. 
  13. ^ Gordon, Cyrus H. (1965). The Ancient Near EastPerlu mendaftar (gratis). Norton. hlm. 99. 
  14. ^ Huehnergard, John (2012). An Introduction to Ugaritic. Hendrickson Publishers. hlm. 1. ISBN 978-1-59856-820-2. 
  15. ^ Wilson, Gerald H. (1982). "Ugaritic Word Order and Sentence Structure in KRT". Journal of Semitic Studies. 27 (1): 17–32. doi:10.1093/jss/27.1.17. 
  16. ^ A Basic Grammar of Ugaritic Language by Stanislav Segert - Hardcover - University of California Press. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]