Rumpun bahasa Semit Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Semit Selatan
Distribusi
geografis:
Yaman, Oman, Ethiopia, Eritrea
Rumpun bahasa:Afroasiatik
Pembagian:
Glottolog:Tidak ada

Bahasa Semit Selatan adalah cabang putatif bahasa Semit. Bahasa Semit sendiri adalah cabang dari keluarga bahasa Afro-Asia yang lebih besar yang ditemukan di Afrika (Utara dan Timur) dan Asia Barat. Rumpun bahasa Semit Selatan dibagi menjadi dua cabang yang tidak kontroversial:

Rumpun Bahasa Semit Etiopia secara kolektif memiliki jumlah terbesar penutur asli modern dari bahasa Semit selain Arab. Bahasa utama Eritrea terutama Tigrinya dan Tigre, yang merupakan bahasa Etiopia Utara, dan Amhar (Ethiopia Selatan) adalah bahasa utama yang digunakan di Ethiopia (bersama dengan Tigrinya di provinsi utara Tigray). Bahasa Ge'ez terus digunakan di Eritrea dan Etiopia sebagai bahasa liturgis untuk gereja-gereja Tewahedo Ortodoks .

Bahasa-bahasa Arab Selatan telah semakin tertutupi oleh bahasa Arab yang lebih dominan (juga bahasa Semit) selama lebih dari satu milenium. Ethnologue mendaftar enam anggota modern dari cabang Arab Selatan dan 15 anggota cabang Ethiopia. [1]

"Tempat asal" bahasa Semit Selatan secara luas diperdebatkan, dengan sumber-sumber seperti A. Murtonen (1967) dan Lionel Bender (1997), [2] menyarankan asal di Ethiopia dan yang lain menyarankan bagian selatan Semenanjung Arab. Sebuah studi baru-baru ini yang didasarkan pada model Bayesian untuk memperkirakan perubahan bahasa menyimpulkan bahwa sudut pandang yang terakhir lebih memungkinkan. [3]

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

  • Barat
    • Old South Arabian   - punah, sebelumnya diyakini sebagai nenek moyang linguistik dari bahasa Semit Arab Selatan modern, Arab Selatan modern sekarang diklasifikasikan sebagai bahasa Semit Selatan bagian Timur. Bahasa Razihi mungkin adalah keturunannya.
    • Bahasa Semit Ethiopia (Etio-Semit, Semit Ethiopia)
  • Timur: Arab Selatan Modern. Bahasa-bahasa ini dituturkan terutama oleh populasi minoritas kecil di Semenanjung Arab di Yaman (Mahra dan Soqotra) dan Oman (Dhofar).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "South". Ethnologue. Diakses tanggal 2017-07-04. 
  2. ^ Bender, L (1997), "Upside Down Afrasian", Afrikanistische Arbeitspapiere 50, hlm. 19-34
  3. ^ Dapur, Andrew, Christopher Ehret, dkk. 2009. "Analisis filogenetik Bayesian tentang bahasa Semit mengidentifikasi asal Zaman Perunggu Awal Semit di Timur Dekat." Prosiding Royal Society B: Ilmu Biologi 276 no. 1665 (22 Juni)