Bahasa Arab Hijaz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bahasa Arab Hijazi
Bahasa Arab Hijaz
Bahasa Arab Barat Arab
حجازي Ḥijāzi
Pelafalan[ħɪˈdʒaːzi], [ħe̞ˈdʒaːzi]
Dituturkan diWilayah Hijaz, Saudi Arabia
Penutur bahasa
14,5 juta  (2011)[1]
Bentuk awal
Hijazi Kuno
  • Bahasa Arab Hijazi
Abjad Arab
Kode bahasa
ISO 639-3acw
Glottologhija1235[2]
{{{mapalt}}}
  daerah tempat Bahasa Hijazi sebagai dialek mayoritas
  daerah yang dianggap sebagai bagian daerah bahasa Hijaz Modern
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode.

Bahasa Arab Hijazi atau Bahasa Arab Hijaz (bahasa Arab: حجازي, translit. ḥijāzī‎), juga dikenali sebagai Bahasa Arab Barat Arab, ialah Varietas Bahasa Arab yang dituturkan di daerah Hijaz di Arab Saudi. Sebenarnya, ada dua kelompok dialek utama yang dituturkan di daerah Hijaz,[3] satu dituturkan oleh populasi perkotaan, utamanya dituturkan di kota-kota besar, seperti di Jeddah, Makkah, dan Madinah dan yang lainnya oleh Badawi atau populasi perdesaan. Namun, istilah ini paling sering digunakan untuk varietas bahasa perkotaan yang dibahas dalam artikel ini.

Pada zaman dahulu, Hijaz adalah rumah bagi dialek bahasa Arab Hijazi Kuno dicatat teks konsonan Alquran. Bahasa Hijazi Kuno berbeda dari bahasa Arab Hijazi Modern, dan mewakili lapisan linguistik yang lebih tua yang tersapu oleh migrasi selama berabad-abad, tetapi yang terjadi dengan berbagi vokal awalan imperatif vokal /a-/ dengan dialek modern.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Arabic, Hijazi Spoken". Ethnologue (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-08-08. 
  2. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2019). "Hijazi Arabic". Glottolog 4.1. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  3. ^ Alzaidi (2014)

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]