Bahasa Arab Yaman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Arab Yaman
Dituturkan diYaman, Arab Saudi selatan
Penutur
15,1 juta (2011)[1]
Abjad Arab
Kode bahasa
ISO 639-3Mencakup:
ayh – Bahasa Arab Hadhrami
ayn – Bahasa Arab San'ani
acq – Bahasa Arab Ta'izzi-Adeni
Glottologsana1295  (Sanaani)[2]
hadr1236  (Hadrami)[3]
taiz1242  (Ta'izzi-Adeni)[4]
QIDQ1686766
Lokasi penuturan
Lokasi penuturan Bahasa Arab Yaman
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode. Untuk pengenalan mengenai simbol IPA, lihat Bantuan:IPA.
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Bahasa Arab Yaman ialah sekelompok varietas bahasa Arab yang dituturkan di Yaman, Arab Saudi barat daya, Somalia,[5][6] dan Jibuti.[7] Bahasa ini umumnya dianggap sebagai kelompok dialek yang sangat konservatif, yang memiliki banyak ciri khas klasik yang tidak ditemukan dalam sebagian besar dunia berbahasa Arab.

Bahasa Arab Yaman dapat dibagi secara kasar menjadi beberapa kelompok dialek utama yang masing-masing dengan kosakata dan fonologi khasnya sendiri. Empat kelompok dialek yang paling penting antara lain San'ani di utara dan tengah dan Hadhrami di timur, tempat ق dilafalkan sebagai [g] dan ج sebagai [d͡ʒ] atau [ɟ] (kecuali di Hadhrami pesisir tempat ج sebagai [j]), selain Ta'izzi-Adeni di selatan dan Tihami di barat, tempat ق sebagai [q] dan ج sebagai [g]. Bahasa Arab Yaman digunakan untuk komunikasi sehari-hari dan tidak memiliki status resmi, sedangkan bahasa Arab Baku Modern digunakan untuk keperluan resmi, pendidikan, perniagaan, dan media.

Bahasa Semit Selatan bukan Arab asli untuk wilayah ini mencakup bahasa Arab Selatan Modern, seperti bahasa Mehri dan bahasa Soqotri, yang bukan bahasa Arab, tetapi merupakan anggota cabang tersendiri dari rumpun bahasa Semit. Rumpun bahasa Semit lain yang terpisah dan pernah dituturkan di daerah ini ialah bahasa Arab Selatan Kuno, serta punah pada periode pra-Islam dengan kemungkinan pengecualian bahasa Razihi dan bahasa Faifi. Beberapa dari ciri khas ini berbagi dengan bahasa Arab Yaman karena pengaruh dari atau pada bahasa Arab Yaman.

Bahasa Arab Yaman sendiri dipengaruhi oleh bahasa Himyaritik, bahasa Arab Selatan Modern dan bahasa Arab Selatan Kuno, serta memiliki substratum yang signifikan dari bahasa-bahasa ini.[8]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bahasa Arab Hadhrami di Ethnologue (ed. ke-18, 2015)
    Bahasa Arab San'ani di Ethnologue (ed. ke-18, 2015)
    Bahasa Arab Ta'izzi-Adeni di Ethnologue (ed. ke-18, 2015)
  2. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Sanaani Arabic". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  3. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Hadrami Arabic". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  4. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Ta'izzi-Adeni Arabic". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  5. ^ Dalby, Andrew (1999). Dictionary of Languages: The Definitive Reference to More Than 400 Languages. Bloomsbury Pub Ltd. hlm. 25. ISBN 978-0231115681. 
  6. ^ "Somalia". ethnologue.com. Diakses tanggal 16 April 2018. 
  7. ^ "Djibouti". ethnologue.com. Diakses tanggal 16 April 2018. 
  8. ^ http://usir.salford.ac.uk/17631/1/WP%20%282011%29_watson.pdf

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


  1. ^ Shaghi, Abdullah and Imtiaz Hasanain (2009). Arabic Pausal Forms and Tihami Yemeni Arabic pausal /u/: History and Structure. In Hasnain S. Imtiaz (edt.) Aligarh Journal of linguistics. Department of Linguistics, Aligarh Muslim University, Aligarh, India. Vol. 1, January- December 2009, pp. 122-139