Yasser Arafat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
ياسر عرفات
Yasser Arafat
(Yāsir `Arafāt)
Kunya: (أبو عمّار Abū `Ammār)
Presiden Otoritas Nasional Palestina ke-1
Masa jabatan
20 Januari 1996 – 11 November 2004
Perdana Menteri Mahmoud Abbas
Ahmed Qurei
Digantikan oleh Rawhi Fattuh (interim)
Mahmoud Abbas
Informasi pribadi
Lahir 24 Agustus 1929
Kairo, Mesir[1]
Meninggal 11 November 2004
Paris, Perancis (umur 75 tahun)
Kebangsaan Palestina
Partai politik Fatah
Suami/istri Suha Arafat
Anak Zahwa Arafat
Agama Islam[2]
Tanda tangan

Mohammed Abdel Rahman Abdel Raouf Arafat al-Qudwa al-Husseini (bahasa Arab: محمد ياسر عبد الرحمن عبد الرؤوف عرفات القدوة الحسيني‎; lahir di Kairo, Mesir, 24 Agustus 1929 – meninggal di Paris, Perancis, 11 November 2004 pada umur 75 tahun), yang populer dengan nama panggilan Yasser Arafat (ياسر عرفات) atau nama kunya Abu `Ammar (أبو عمّار), adalah seorang pemimpin Palestina dan seorang penerima Penghargaan Nobel. Ia semasa hidupnya pernah menjabat sebagai Ketua Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan Presiden[3] Otoritas Nasional Palestina (PNA), serta merupakan pemimpin partai politik Fatah yang ia dirikan pada tahun 1959. Arafat menghabiskan sebagian besar hidupnya memerangi Israel untuk memperjuangkan hak menentukan nasib sendiri bagi Palestina. Awalnya ia menentang keberadaan Israel, namun kemudian berubah pada tahun 1988 ketika ia menerima Resolusi Dewan Keamanan PBB 242.

Ia menjabat sebagai Presiden Otoritas Palestina sejak tahun 1993 dan terpilih menjabat selama lima tahun pada tahun 1996). Selain sebagai Presiden, Arafat sebelumnya juga telah memimpin PLO sejak tahun 1969).

Pada tahun 1994, bersama dengan Shimon Peres dan Yitzhak Rabin Arafat dianugerahi Penghargaan Nobel Perdamaian untuk perundingan Persetujuan Damai Oslo tahun 1993.

Pada tanggal 28 Oktober 2004, Arafat dilaporkan menderita penyakit yang serius. Keesokan harinya, dia meninggalkan Markas Besar Tepi Barat di Ramallah untuk diterbangkan ke Perancis. Di sana, dia dirawat di Rumah Sakit Militer Percy yang terletak di Clamart. Arafat berada dalam kondisi koma pada tanggal 3 November 2004. Sejak saat itu kondisinya memburuk. Dia tetap hidup dengan bantuan alat-alat penopang nyawa. Arafat meninggal dunia di rumah sakit pada pukul 09:30 WIB tanggal 11 November 2004 pada usia 75 tahun. Upacara pemakaman diadakan di Bandara Internasional Kairo, Mesir. Arafat dimakamkan di markas besarnya Muqata, Ramallah, Tepi Barat.


Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kebanyakan sumber menyebut Kairo sebagai tempat kelahiran Arafat, namun Arafat sendiri, setidak-tidaknya beberapa kali, menyebutkan Yerusalem sebagai tempat kelahirannya. Sumber-sumber lainnya menyebutkan Gaza. Lihat di sini dan di sini untuk informasi lebih lanjut. Sebagian orang lagi percaya bahwa penyebutan Yerusalem sebagai tempat kelahirannya mungkin hanyalah sebuah desas-desus yang diciptakan oleh KGB [1].
  2. ^ Yasser Arafat – NNDB
  3. ^ Sebagian sumber menggunakan istilah Ketua dan bukan Presiden; istilah dalam bahasa Arab untuk kedua gelar ini sama.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Yahya Hammuda
Ketua Organisasi Pembebasan Palestina
1969-2004
Diteruskan oleh:
Mahmoud Abbas
Didahului oleh:
Presiden Otoritas Palestina
1996-2004
Diteruskan oleh:
Rauhi Fattouh
(sementara)

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]