Suha Arafat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Suha Arafat (bahasa Arab: سهى عرفات‎; nama lahir: Suha Daoud Tawil, bahasa Arab: سهى داود الطويل‎) (lahir di Yerusalem, 17 Juli 1963; umur 56 tahun) adalah janda mantan Presiden Otoritas Nasional Palestina, Yasser Arafat.

Awal kehidupan dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Suha lahir di Yerusalem pada 17 Juli 1963 berasal dari keluarga Katolik Roma[1][2][3] yang tinggal di Nablus dan kemudian Ramallah (kedua kota di bawah pemerintahan Yordania pada saat itu).[4][5] Ayah Suha, Daoud Tawil, adalah seorang bankir berpendidikan Oxford[6][7] lahir di Jaffa (sekarang bagian dari Tel Aviv). Daoud Tawil memiliki bisnis baik di Tepi Barat dan Yordania.[8] Ibu Suha, Raymonda Hawa Tawil, lahir di Acre, adalah anggota dari keluarga Hawa dari Acre, pemilik properti terkemuka di daerah Haifa.[8] Dia adalah seorang penyair dan penulis. Dia menjadi seorang militan Palestina yang aktif dalam politik setelah tahun 1967 dan ditahan beberapa kali oleh Israel, membuatnya menjadi bintang media.[8] Dia juga adalah wartawan Palestina.[9] Suha dibesarkan dalam agama Katolik.[9] Suha, tumbuh di Ramallah, dipengaruhi oleh aktivisme politik ibunya yang dilakukan pada 1970-an darinya biro berita PLO dipengaruhi di Yerusalem Timur.[8]

Suha mengikuti sekolah biara, sekolah Rosary Sisters', di Beit Hanina, Yerusalem. Pada usia 18 tahun, ia pergi ke Paris untuk belajar, di mana dia tinggal bersama kakaknya, yang menikah dengan Ibrahim Souss, yang kemudian menjadi duta PLO untuk Prancis.[8] Sebagai mahasiswa, Suha adalah seorang pemimpin di General Union of Palestine Students (GUPS) di Prancis, di mana dia mengorganisir demonstrasi untuk perjuangan Palestina.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]