Alva Myrdal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Alva Myrdal di Sveaparken, Tierp (1968)

Alva Myrdal (lahir di Uppsala, 31 Januari 1902 – meninggal di Danderyd, 1 Februari 1986 pada umur 84 tahun) ialah seorang politikus dan diplomat Swedia.

Terlahir sebagai Alva Reimer, ia menikah pada tahun 1934 dengan Gunnar Myrdal. Pada tahun 1962 ia masuk Parlemen Swedia, dan pada tahun 1962 ia dikirim sebagai delegasi Swedia pada konferensi mengenai gencatan senjata di Jenewa, dan kedudukan itu dipertahankannya hingga tahun 1973. Pada tahun 1966 ia diangkat sebagai menteri tanpa portofolio, dan jabatan itu dipegang hingga tahun 1973. Atas perannya dalam proses gencatan senjata, ia dianugerahi Penghargaan Perdamaian Nobel pada tahun 1982.

Di tahun 1930, dia bersama suaminya berkontribusi dalam mempromosikan kesejahteran sosial. Keduanya menulis buku berjudul "The Population Problem and Crisis".[1] Dia juga aktif berdiskusi mengenai permasalahan perumahan dan sekolah.

Dia juga aktif dalam negosiasi Jenewa. Perannya sebagai pemimpin kelompok negara-negara non-blok sangatlah penting. Kontribusinya dalam negosiasi tersebut adalah menekan kedua negara non blok untuk sama-sama melakukan perlucutan senjata secara konkret.

Setelah pensiun, dia kembali ke bidang pendidikan dan mengajar sosiologi di beberapa sekolah Amerika. Di tahun-tahun berikutnya, dia berkontribusi dalam pembentukan 'Stockholm International Peace Research' (SIPRI).Dia juga menerbitkan beberapa karya terkenal di bidang perlucutan senjata, terinspirasi dari pengalaman kariernya. Beberapa karya non-fiktifnya adalah 'Nation and Family' (1965), 'Women's Two Roles' (1968), 'War, Weapons and Everyday Violence' (1977) dan 'Dynamics of European Nuclear Disarmament' (1981). Karyanya yang berjudul 'The Game of Disarmament: Bagaimana Amerika Serikat dan Rusia Menjalankan Perlombaan Senjata' dianggap sebagai salah satu karyanya yang terkenal di bidang pelucutan senjata. Ini mengungkapkan kekecewaannya atas keengganan Amerika Serikat dan Uni Soviet untuk mempromosikan pelucutan senjata[2].

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Alva Myrdal - Biographical". www.nobelprize.org. Diakses tanggal 2018-03-10. 
  2. ^ Pace, Eric. "ALVA MYRDAL, NOBEL WOMEN, DIES IN SWEDEN AT 84" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-03-10. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Lennart Geijer
Menteri tanpa Portofolio
1966-1973
Diteruskan oleh:
Camilla Odhnoff