Bangsa Palestina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Orang-orang Palestina

Bangsa Palestina atau orang Palestina adalah orang-orang Arab dari Tepi Barat dan Jalur Gaza, yang juga disebut Wilayah Palestina atau Palestina.

Orang-orang yang disebut "Palestina" hari ini adalah orang Arab, tetapi pada masa lalu, "Palestina" juga dapat digunakan sebagai nama bagi orang-orang Yahudi yang tinggal di Palestina.

Orang-orang Palestina yasng terkenal adalah:

Bangsa Palestina (bahasa Arab:الشعب الفلسطيني, ash-sha`b al-filasTīni) adalah bangsa yang menuturkan bahasa Arab. Populasi Bangsa Palestina, termasuk keturunan, jika dibulatkan adalah 10 juta jiwa, Kira-kira setengah tinggal di wilayah Palestina, mencakup wilayah Israel, Tepi Barat termasuk Yerusalem timur, Jalur Gaza dan Yordania. Di daerah ini jika digabungan, pada 2009, mereka merupakan mayoritas 51% dari seluruh penduduk. beberapa di antaranya adalah pengunsi. Sisanya, lebih dari separuh dari seluruh Palestina, terdiri dari yang dikenal sebagai diaspora Palestina, yang kebanyakan adalah pengungsi Palestina di negara manapun. Dari diaspora, lebih dari dua setengah juta hidup di negara tetangga Yordania, satu juta dibagi antara Suriah dan Lebanon, seperempat juta di Arab Saudi, dan Chile setengah juta adalah konsentrasi terbesar di luar dunia Arab.

Dengan afiliasi keagamaan, kebanyakan warga Palestina adalah Islam, khususnya cabang Sunni Islam, dan ada minoritas Kristen yang signifikan Palestina dari berbagai denominasi Kristen, serta komunitas-komunitas religius kecil. Sebagai istilah umum diterapkan "Palestina Arab" ethnonym menyiratkan, arus tradisional vernakular Palestina, terlepas dari agama, adalah dialek Arab Palestina.

Meluasnya penggunaan pertama dari "Palestina" sebagai endonym untuk mengacu pada konsep nasionalis orang Palestina oleh penduduk Arab berbahasa lokal Palestina mulai sebelum pecahnya Perang Dunia I, [6] dan permintaan pertama untuk kemerdekaan nasional dikeluarkan oleh Kongres Suriah-Palestina pada 21 September 1921 [7] Setelah penciptaan Israel, eksodus tahun 1948., dan lagi setelah eksodus tahun 1967, istilah itu datang bukan hanya untuk menandakan tempat asal, tetapi rasa masa lalu dan masa depan bersama dalam bentuk sebuah negara-bangsa Palestina [6] Organisasi Pembebasan Palestina (PLO). mewakili rakyat Palestina sebelum masyarakat internasional. [8] Otoritas Nasional Palestina, secara resmi didirikan sebagai hasil dari Persetujuan Oslo, adalah badan administratif sementara nominal yang bertanggung jawab untuk pemerintahan di pusat-pusat populasi Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]